Connect with us

Subscribe

Did You Know?

10 Fakta Unik Seputar Pabrik Mobil

Ada kalanya bekerja di sebuah pabrik terasa sangat membosankan dan monoton, entah lingkungan kerja yang kurang nyaman, fasilitas yang tak memadai, atau faktor lainnya. Hal ini tentunya menjadi ‘PR’ pihak terkait untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, kondusif, termasuk cara kerja yang efektif bagi karyawannya menggunakan berbagai teknologi mutakhir.

Tentu saja tiap perusahaan pasti menyimpan rahasia yang tak diketahui publik, meskipun mungkin diantara kalian pernah mengunjungi salah satu pabrik mobil, kami bertaruh bahwa masih ada beberapa hal atau fakta yang tidak anda ketahui. Mungkin beberapa pabrik mobil yang akan saya sebutkan dibawah ada yang sedikit aneh, tetapi bagaimanapun mereka berhasil menciptakan kendaraan hebat dengan metode mereka sendiri. Berikut 10 fakta unik seputar pabrik mobil yang tak ingin anda lewatkan.

  1. Ford sewa tim investigator untuk memata-matai karyawannya

Henry Ford punya prinsip bahwa Ia ingin seluruh karyawannya memiliki pribadi dan kehidupan yang baik termasuk menjadi warga negara teladan. Lantas hal itu Ia terapkan dengan membentuk tim Ford Sociological Department sejak 1917, yang terdiri lebih dari 200 penyelidik untuk mengecek setiap aspek kehidupan karyawannya.

Tim penyelidik akan mengajukan pertanyaan yang bersifat personal seperti kebiasaan narkoba dan alkohol bahkan mengecek langsung apakah kondisi rumah mereka bersih. Mungkin ini sedikit diluar batas kewajaran bagi sebuah perusahaan, terdengar aneh dan mengundang kontroversi. Tetapi bagi Henry Ford, ini adalah sebuah tanggung jawab moral terhadap karyawannya, memastikan para karyawan hidup sesuai standarnya termasuk patriotisme.

  1. Gedung Volkswagen gunakan sonar pengusir burung

Ada yang pernah tahu pabrik VW di Wolfsburg seperti apa? Yaps, betul sekali pabrik VW yang berupa gedung kaca ini dipakai untuk menyimpan mobil yang keluar dari jalur perakitan. Desain gedung yang terbilang cukup unik ini justru mengundang banyak burung hinggap ke dinding transparan yang akibatnya menimbulkan banyak masalah.

Akhirnya mereka menggunakan sejenis sonar pengusir burung melalui loudspeaker sebagai sinyal bahwa wilayah itu sudah dikuasai dan sejauh ini tampaknya berfungsi. Beberapa burung mungkin masih bisa melewati celah, tetapi sebagian besar, kaca itu aman dari benturan burung.

  1. ‘Kerja keras bagaikan kuda’

Jenis lingkungan kerja antar pabrik mobil sangat bervariasi, ada yang memberlakukan shift normal tetapi ada juga yang meminta karyawannya ‘kerja keras bagaikan kuda’. Salah satunya adalah Tesla yang membuat para pekerjanya sakit karena kelelahan akibat kerja lembur untuk menyelesaikan produksi kendaraannya.

Namun ada juga yang mematok target produksi per harinya pada karyawan tertentu, dan diperbolehkan pulang setelah selesai. Dari sini kita bisa mengambil hikmah untuk melakukan survey kecil sebelum mendaftarkan pekerjaan di sebuah perusahaan, beberapa perusahaan gagal memperlakukan karyawannya secara manusiawi.

  1. Insiden sering terjadi di kalangan pekerja

Cedera dikalangan karyawan sangat mungkin terjadi meski pabrik mobil telah menggunakan teknologi robot sekalipun, entah kehilangan anggota tubuh bahkan meregang nyawa. Masalah yang biasanya terjadi adalah ketika robot yang seharusnya membuat pekerjaan lebih mudah tiba-tiba malfungsi atau error, terkadang karyawan yang bukan dibidangnya diperintahkan untuk melakukan pemeliharaan atau mencari solusi.

Hal ini sepertinya sudah menjadi hal lazim bagi perusahaan, memberikan sedikit (atau tidak sama sekali) pelatihan soal mesin sebelum menempatkannya. Sebagai contoh, (lagi-lagi) Tesla, menyediakan transport yang disebut Lyft untuk mengangkut pekerjanya yang mengalami cedera ke rumah sakit. Automaker satu ini sepertinya enggan merogoh kocek untuk ambulan. Ckckck!

  1. Pabrik Mazda di Hiroshima

Anda mungkin ingat pelajaran sejarah tentang Hiroshima adalah salah satu tempat dimana AS menjatuhkan bom nuklir pada Perang Dunia Kedua. Peristiwa tragis ini juga dirangkum dalam beberapa film. Pabrik Mazda hanya berjarak 3 mil atau 4,8 km dari titik jatuhnya bom itu, tetapi untungnya sebuah gunung menyelamatkannya dari ledakan itu.

Hanya butuh 4 bulan bangkit dari keterpurukan bagi Mazda untuk memulai kembali produksinya, bahkan dari kejadian itu membentuk jenis kendaraan yang mereka ciptakan untuk membantu membangun kota Hiroshima, dan hebatnya pabrik masih digunakan sampai hari ini.

  1. Test Tracks

Sebuah pabrik mobil akan dikatakan ideal jika dilengkapi dengan tempat untuk menguji kendaraan, itulah sebabnya banyak investor tertarik membangun test track di fasilitas mereka. Pabrik Koenigsegg berdiri di hanggar tepatnya landasan terbang tua di Swedia, dimana menjadi tempat yang sempurna untuk menguji kendaraan berkecepatan tinggi.

Pabrik Fiat Lingotto pernah memiliki test track roof top digedungnya, tetapi kini tak digunakan lagi untuk tujuan produksi melainkan dikonversi menjadi museum. Dengan membayar tiket, anda dapat masuk dan melihat test track yang digunakan Fiat untuk mobil terbaru.

  1. Pabrik VW adalah yang terbesar di dunia

Yaps, pabrik mobil terbesar di dunia terletak di Wolfsburg, Jerman dan itu milik VW. Tercatat memiliki luas total 53 juta kaki persegi dan mampu memproduksi 3.800 unit per hari, maka dalam satu tahun menghasilkan sekitar 1,3 juta unit.

Pabrik ini sempat tutup dan dibuka kembali sejak 1945 dimana menjadi basis terciptanya kendaraan dan suku cadang sejak saat itu. Disitu mereka bahkan mencetak lembaran logam, mengecat mobil dan menyediakan wisata 2 jam setiap harinya. Sampai hari ini belum ada automaker yang sanggup menandingi pabrik VW dalam segala hal.

  1. Tak ada satu pun pabrik yang sama

Selain berkompetisi baik dalam desain dan teknologi, pabrik mobil itu sendiri juga kreatif dalam arti yang sebenarnya dan tak ada duanya. Misalnya, gedung Wiessmann yang mengambil inspirasi dari mereknya sendiri dan mendesain bangunan seperti tokek, sementara yang lain, Morgan memilih bangunan bata tua di tengah kota.

Automaker juga memiliki gaya yang berbeda untuk menyatukan konstruksi kendaraannya karena mereka menggunakan taktik yang berbeda untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebagai contoh, Ford, yang lebih memilih menggunakan jalur perakitan dari robot dan karyawan untuk menghasilkan karya dengan cepat dan efisien. Disisi lain, Bugatti, menugaskan karyawannya ke stasiun individu dimana mereka bertanggung jawab penuh dari hari ke hari untuk menyelesaikan satu bagian dari teka-teki.

  1. Mesin Lamborghini handmade

Lamborghini dikenal karena mampu menciptakan mobil yang melampaui harapan manusia pada umumnya, tetapi satu fakta bahwa mereka membangun semuanya dengan tangan, termasuk mesin. Semua karyawan dibekali pelatihan privat oleh staf dan dituntut untuk mencoba hal-hal baru demi memperluas wawasan mereka. Selain itu dituntut untuk mengetahui seluk beluk mobil secara keseluruhan, jadi suatu hari pekerjanya berkesempatan naik jabatan sebagai test driver.

  1. Pabrik Ferarri di Maranello dipenuhi tanaman untuk menjaga kelembaban

Ferrari mengusung konsep go-green di pabrik mereka dengan berbagai macam tanaman untuk menjaga kelembapan, membersihkan udara, dan memberikan sesuatu yang sedap dipandang untuk para pekerjanya. Terlihat tanaman berjejer rapi disekitaran tempat produksi, bahkan di lain sisi Ferrari menyajikan taman yang lebih besar dimana karyawan bisa bersantai sejenak untuk menghilangkan stres. Hal ini membuat lingkungan kerja terasa lebih sejuk.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

5 Tren Mobilitas Urban Di Masa Depan – Part 2

Did You Know?

Apa Itu JDM? Apakah semua mobil Jepang itu JDM?

Did You Know?

Evolusi Dibalik Logo BMW & Faktanya – Part 2

Did You Know?

Kenapa Selalu E36? Ini Jawabannya

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan