Home Did You Know? 10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 1)

10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 1)

Overland kelilling Indonesia kian nggak ada matinya, dari mulai lifestyle, mengisi waktu liburan atau memang hasratmu berpetualang. Di Indonesia tanah air kita tercinta ini sangat kaya akan kekayaan alamnya, tinggal pilih landscape pantai atau gunung semuanya ada. Ditambah lagi dengan keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang patut kita apresiasi, kita bisa mengenal lebih jauh budaya setempat. Kalau di negeri sendiri saja belum kita eksplor seluruhnya dari segi alam dan budaya kenapa harus keluar negeri? Ya nggak, guys?

Adventure overland perjalanan menjelajah Indonesia bakalan lebih seru jika kalian menggunakan mobil pribadi bersama keluarga atau teman terbaikmu. Bagi kalian yang akan overland alangkah baiknya melakukan perencanaan dan pengecekan terlebih dahulu. Demi kenyamanan, efisiensi dan keselamatan berikut tips and trik yang sebaiknya perlu kalian persiapkan sebelum keberangkatan. Cekidot!

1. Tentukan Destinasi, Rute & Jarak Tempuh.

Langkah pertama yang harus kalian tentukan adalah destinasi overland, misalnya eksplor Propinsi Sulawesi. Pilih tujuan yang belum pernah kalian kunjungi, karena akan lebih terasa tantangannya. Lalu tentukan rute perjalalanan yang akan kalian tempuh dari berangkat sampai kembali ke asal. Hitung jarak tempuh kilometer per check point, bisa kalian cek dengan Google Map. Akan lebih baik jika kamu tulis atau dibuat tabel.

2. Informasi.

Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin kota yang akan kalian lewati diantaranya keadaan alam, budaya, adat istiadat, cuaca dan kondisi terakhir diwilayah yang akan kita lewati atau tempati. Misalnya selama perjalanan open camp, pastikan titik camp yang akan kita tempati aman, nyaman dan kondusif. Kalian juga bisa cek wisata alam seru setempat.

Berbagai informasi bisa kita peroleh dari ‘mbah gugel’ (google) atau situs web. Bisa juga bertanya kepada teman atau saudara yang tinggal ditempat tersebut. Tak perlu malu dan ragu bertanya ke teman yang lebih berpengalaman yang pernah melakukan overland. Ini penting sekali demi kenyaman selama perjalanan.

Alternatif lain tidak ada salahnya anda bisa menghubungi komunitas mobil disetiap kota yang akan dilewati, saya yakin mereka dengan senang hati membantu. Otomatis kalian akan dapat teman baru. Satu lagi list bengkel terdekat dengan check pointmu jika terjadi sesuatu diluar dugaan.

3. Mobil.

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan persiapkan mobil kalian secara prima. Kalian pasti nggak mau keteteran kalau mobilmu bermasalah ditengah perjalanan kan, bro? Lakukan servis berat karena kalian melakukan perjalanan jauh. Mulai dari dapur pacu, filter dan selang bensin, AC, ban, rem, lampu, wiper dsb. Tak lupa juga cek tuas-tuas pada area dashboard. Nggak ada salahnya jika setidaknya mobil 4X4 dilengkapi dengan winch depan.

Tidak ada salahnya juga kamu membawa spare part cadangan yang sekiranya sulit diperoleh ditengah perjalanan seperti bohlamp, ban dalam, timing belt, dan air radiator 2-3 botol. Tools set sangat penting demi menunjang kelancaran perjalanan. Pastikan dokumen mobil lengkap dan SIM masih berlaku. Oiya, kalian bakalan butuh GPS sebagai penunjuk jalan, pastikan selalu standbay didalam mobil anda. Selebihnya kalian yang lebih tahu kebutuhan mobil kalian!

4. Gear.

Namanya overland pasti erat kaitannya dengan camping. Tak lengkap rasanya jika nggak open camp. Pastikan gearmu dalam kondisi bagus. Buat mobil 4X4 ada juga roof tent yang siap dibuka. Periksa dan lengkapi kembali tenda, sleeping bags, matras, kompor portable, gas kaleng, senter, multitool, baterai, botol air, perlengkapan makan dan perlengkapan masak. Sebagai alternatif urusan makan, kalian bisa membawa makanan kaleng atau bahan makanan yang tahan beberapa hari seperti telor, roti dan freeze food yang bisa kalian simpan dicool box. Kalian bisa bawa air galon juga tuh guys. Jangan lupa siapkan trash bag!

Bersambung : 10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 2)

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT