Home Did You Know? 10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 2)

10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 2)

Setelah pada artikel 10 Tips And Trick Overland Dalam Negeri (Part 1) membahas tentang  tujuan, Informasi, Mobil hingga gear yang harus disiapkan. Maka berikut informasi lanjutan. Cekidot…

5. Outfit & Perlengkapan Pribadi.

Pilih outfit yang tepat untuk perjalananmu seperti sepatu boot, sandal, topi, jas hujan, jaket, kaos dan celana yang mudah kering. Perlengkapan lain diantaranya alat mandi, make up, sunscreen, hand sanitizer, antiseptik dsb. Yang tak kalah penting P3K atau obat sesuai kebutuhanmu, letakkan perlengkapan ini ditempat yang paling mudah dan cepat dijangkau. Perlu dilist, biar nggak lupa sob!

Menurut saya kamera sangat penting untuk dibawa, untuk mendokumentasikan sepanjang perjalananmu. Kalau kamera handphone hasilnya kurang maksimal. Biar bisa jadi cerita anak cucu kita nanti, hehe. Barang lain seperti radio, mp3 player, note book, bolpen juga penting buat saya.

6. Budget.

Selesai menyiapkan poin-poin diatas kalian bisa bikin budget. Bikin anggaran kasar selama perjalanan, berapa banyak yang dapat kalian habiskan atau belanjakan. Paling utama adalah pengeluaran makan dan bahan bakar. Selebihnya kamu bisa menganggarkan untuk berwisata alam.

7. Partner

Jika perjalanan pertama kalian tanpa keluarga, kalian bisa mengajak partner yang bisa diandalkan. Pastikan temanmu bisa diajak kerja sama dan fun. Selain jadi navigator ini juga bisa jadi trik untuk meringangkan biaya perjalananmu. Pertimbangkan partner yang bijak, ketika sesuatu tidak berjalan lancar akan sangat memperngaruhi moodmu. ` Kalian juga bisa mengajak partner yang tertantang untuk melakukan overland dengan mobil pribadinya. Jika nantinya terkumpul 5-10 mobil kamu bisa membaginya dalam 2 grup konvoi. Sebaiknya lakukan technical meeting untuk membuat kesepakatan dan koordinasi supaya jadi team work yang kompak. Tapi perlu digaris bawahi, untuk hal ini hanyalah opsi. Its not a must!

8. Tentukan Kapan

Hindari lakukan overland saat hari besar keagamaan, karena takutnya akan mengganggu perjalananmu. Hari besar keagamaan biasanya libur panjang dan waktunya mereka untuk liburan, kondisi lalu lintas pastinya cukup padat. Tapi jika hal ini tak jadi masalah, go on!

9. Safety

Selain mobil anda harus safety. Ini juga penting, mengantisipasi kejadian diluar dugaan. Adanya kejahatan karena adanya kesempatan. Sebaiknya lakukan double check yang nantinya menjadi tempat kempingmu, pastikan lingkungan aman. Mungkin mobil anda terlihat asing ditempat tersebut, bisa jadi anda menjadi incaran kejahatan. Tidak ada salahnya jika anda meminta ijin kepada pimpinan desa atau pengelola setempat.

Ada baiknya kalian memberi tahu keluarga dirumah, jika sesuatu terjadi ditengah perjalanan kalian bisa minta bantuan orang rumah. Misalnya saja jika kalian dirampok atau kehilangan dompet yang berisi dokumen penting kalian bisa menghubungi orang rumah untuk mengurus surat. Waspadalah!

10. Have fun!

Nikmati setiap momen selama perjalanan. Berbaur dengan masyarakat setempat juga menjadi keseruan tersendiri buat kalian. Ini adalah momen sejarah seumur hidup. Dan jagalah kelestarian alam kita buat anak cucu kita nanti. Be wise and have fun, guys!

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT