Home Issue Cars Truck Buatan Tesla Lebih Cepat dari Civic Type R

Truck Buatan Tesla Lebih Cepat dari Civic Type R

Tesla, Inc. merupakan produsen mobil listrik yang selalu menarik perhatian dari berbagai pihak. Bukan hanya karena komitmennya terhadap mesin listrik tapi juga karena performa mesinnya yang dahsyat, desain yang modern, teknologi kemudi semi otomatis, dan berbagai fitur canggih lainnya. Reputasinya sebagai perusahaan otomotif inovatif dan berani mendobrak standar di industri mobil membuatnya menjadi magnet tersendiri bagi konsumen.

Kiprah Tesla yang berani ‘melawan arus’ juga mengingatkan kita pada kiprah Apple di industri smartphone. Kiprah Tesla baru-baru ini juga tidak kalah menariknya. Produsen mobil listrik yang bermarkas di Palo Alto, California, AS ini baru saja meluncurkan truk listrik yang mereka namakan Tesla Semi. Seperti juga Model X, Model S, dan Model 3, truk Tesla Semi juga dilengkapi dengan kemampuan self-driving berkat adanya sistem Autopilot (semi-autonomous driver assist).

Truk yang diperkenalkan oleh Elon Musk selaku CEO dari Tesla, Inc. dalam sebuah acara di Hawthorne, Los Angeles, California 16 November 2017 kemarin. Diperkirakan truk ini akan memiliki jarak tempuh hingga 500 mil (sekitar 800 km) dalam kondisi baterainya penuh. Dengan bantuan sistem Autopilot, truk dengan kategori Class 8 Heavy Duty ini dapat dikemudikan secara otomatis meski pun belum masuk kategori Autonomous Level 5.

Meski wujudnya adalah truk, jangan salah. Elon Musk berani mengklaim bahwa Semi Truck Tesla lebih aerodinamis daripada hypercar Bugatti Chiron. Klaim yang berani, dan untung ia berani menampilkan angkanya. Saat Chiron punya koefisien drag di angka 0,38, Semi Truck Tesla lebih kecil di angka 0,36. Ini sih tidak main-main, soalnya susah lho merancang aerodinamika truk biar bisa menyaingi hypercar buatan dari neraga German tersebut.

Tesla Semi Truck diklaim bisa mengangkut beban maksimal hingga 40 ton, dan saat ia diberi beban sebesar itu, akselerasi 0-100 bisa tuntas dalam 20 detikan. Bagaimana kalau lagi tidak membawa muatan muatan? dengan torsi besar dan spontan mobil listrik, akselerasi 0-100 saat tak ada beban bisa tuntas dalam waktu 5 detik. Itu sudah cukup untuk mempermalukan hot hatchback seperti Honda Civic Type R dan lain – lainnya.

Elon Musk pun menyampaikan bahwa saat mengerem, truk ini takkan mengalami fenomena jackknife. Fenomena jackknife terjadi saat truk mengerem di kecepatan tinggi untuk melambat atau berhenti, namun momentum dari muatan di trailer yang bergerak maju malah mempersulit upaya truk buat berhenti segera. Nah, dengan pengaturan torsi dinamis di semua roda belakang yang bisa mengatur torsi negatif dan positif, Tesla mengklaim truk ini bebas fenomena jackknife.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)