Home Did You Know? 7 Mesin Legendaris Dari Negeri Sakura

7 Mesin Legendaris Dari Negeri Sakura

Mesin merupakan jiwa dari sebuah mobil itu sendiri maka tidak heran apabila mesin dapat menghasilkan tenaga dan suara yang membuat mobil tersebut telihat seperti hidup. Bagi para pecinta mobil, terutama mereka yang menyukai performa dan kecepatan, mesin menjadi pusat perhatian mereka. Dalam dunia otomotif, mesin mobil Jepang sudah lama dikenal dengan kehandalannya.

Tidak seperti mesin mobil Eropa ataupun Amerika yang umumnya memiliki kapasitas dan bobot yang besar, mesin mobil Jepang lebih compact dan efisien. Meskipun demikian, mesin Jepang ini memiliki performa dan potensi yang tidak kalah dengan mobil Eropa atau Amerika. Tidak sedikit diantaranya, yang apabila dimodifikasi mampu menghasilkan tenaga di atas 500 hp atau bahkan diatas 1000 hp.

Di sini kita akan membahas beberapa mesin mobil Jepang yang populer karena performa, potensi dan atau sejarahnya. Karena jumlah tipe mesin yang cukup banyak, kita hanya akan memilih satu atau dua tipe mesin terbaik untuk setiap produsen mobil. Selain itu kita juga tidak akan memasukkan mesin JDM terbaru misalnya dari Nissan GTR ataupun Lexus LFA.

1. Honda B Series

Mesin B series ini merupakan jagoan Honda terutama di era 90-an. Melalui keluarga mesin inilah nama VTEC yang merupakan teknologi variabel valve timing Honda menjadi sangat populer sampai saat ini. Mesin B series dikenal dengan harganya yang cukup terjangkau. Sehingga bisa dikatakan mesin ini merupakan salah satu mesin terbaik dalam kategori harga per performa. Tidak heran, bagi para penggemar kecepatan dengan budget terbatas, terutama di kalangan anak muda, mesin ini seringkali menjadi pertimbangan.

Dengan redline rpm yang cukup tinggi menjadikan mesin ini sangat menyenangkan untuk digeber pada putaran RPM atas. Apalagi ditambah suara mesin NA Honda yang khas, membuat mesin B series semakin disenangi oleh para pecinta mobil Jepang. Tenaga mesin ini bervariasi tergantung dari tipenya, dimulai dari 160 hp sampai hampir mencapai 200 hp. Potensinya sendiri berkisar di 240-300 hp. Nilai tambah lainnya dari mesin ini adalah pilihan modifikasi yang sangat bervariasi serta ketersedian sparepart yang cukup mudah didapatkan.

Honda masih memiliki seri mesin lainnya seperti K Series atau F Series (F20C) dengan horsepower stock yang lebih besar. Meskipun demikian, B series tetap menjadi pilihan yang terbaik apabila dilihat dari budget, sejarah, dan pilihan modifikasi nya.

2. Mitsubishi 4G63T

Mesin berkapasitas 2 liter dengan sistem turbocharger ini merupakan varian mesin 4G6 yang paling dikenal dalam mesin Mitsubishi. Mesin ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1988 melalui mobil JDM Galant VR-4. 4G63T memang digunakan dalam berbagai model mobil Mitsubishi tetapi yang paling banyak dikenal adalah seri mobil andalannya yaitu Lancer Evolution.

Mesin ini digunakan dari awal generasi pertama Lancer Evolution I sampai dengan Lancer Evolution IX. Mitsubishi terus mengembangkan mesin ini dalam setiap model Lancer Evolution. Meskipun demikian, desain dasarnya tidak berubah sama sekali. Hal inilah yang menjadikan ketersedian sparepart serta pilihan modifikasi mesin ini menjadi sangat bervariasi.

Mesin ini dinilai sebagai salah satu mesin mobil yang handal. Stock internal nya sangat kuat sehingga sanggup dimodifikasi untuk menghasilkan output power yang besar. Tenaga stock nya berkisar di 240-280 hp, tergantung dari generasi mesinnya. Potensinya sendiri bisa mencapai 1000 hp bahkan lebih. Generasi terakhir dari 4G63 terdapat pada EVO IX. Versi terakhir ini dilengkapi dengan Mitsubishi’s Variable Valve Timing System (MIVEC).

3. Subaru EJ20

Seri EJ dari mesin Subaru ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 di Subaru Legacy. Menggantikan mesin lamanya yaitu EA82 1.8L, mesin dengan kapasitas 2L ini kemudian menjadi mesin utama bagi model Subaru. Karakteristik utama dari EJ series masih tetap melanjutkan pendahulunya yaitu tipe Boxer Engine. Dengan penempatan piston secara horizontal membuat mesin memiliki tinggi yang lebih rendah sehingga lebih dekat dengan pusat gravitasi. Hal ini membuat mobil menjadi lebih stabil dan seimbang.

Mesin EJ yang paling populer berasal dari model WRX dan STi. Tenaga yang dihasilkan berkisar di 240-320 hp. Pada awalnya mesin ini didetuned atau dibatasi performanya dari pabrik. Akan tetapi dengan beberapa modifikasi semisal turbo back exhaust, intake, dan dyno tuning dapat mengembalikan 20-30% tenaga mesin. Potensi tenaga mesin ini setelah dimodifikasi umumnya berkisar di 500 hp. Karakteristik boxer engine dengan suara yang khas dan sejarah Subaru dalam dunia rally menjadikan mesin ini menjadi buruan para tuner mobil Jepang.

4. Nissan SR20DET

Tanpa diragukan lagi mesin ini sudah lama dikenal sebagai salah satu mesin dengan performa yang handal. SR20DET mendapat reputasi yang baik dari para tuner dikarenakan kehandalan dan potensinya dalam modifikasi. Mesin ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 di Nissan Bluebird. Meskipun demikian, mesin ini lebih dikenal penggunaannya pada Nissan Silvia dan Nissan 180SX/200SX.

SR20DET merupakan mesin berkapasitas 2L DOHC dengan sistem turbocharger dan 16 valves. Selama masa produksinya mesin ini mengalami beberapa perubahan, meskipun desain dasarnya tidak berubah. Tenaga yang dihasilkan berkisar di 200-250 hp dengan potensi modifikasi mencapai kisaran 500-1000 hp.

5. Mazda 13B-REW

13B-REW merupakan mesin rotary yang terdiri dari 2 wankel rotor dengan sequential twin turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 252 hp di awal produksinya. Selanjutnya mesin idi dioptimalkan menjadi 276 hp di akhir masa produksinya. Mesin ini menjadi senjata utama dari Mazda RX-7.

Mesin rotary memiliki prinsip yang sama dengan mesin piston meski cara bekerjanya berbeda. Sebagai pengganti piston adalah rotor berbentuk segitiga yang berputar dalam ruang pembakaran. Perbedaan ini yang membuat mesin rotary memiliki suara raungan yang sangat khas dan berkarakter. Modifikasi pada mesin ini umumnya adalah dengan menambah jumlah rotor. Tenaga potensinya mencapai kisaran 500-800 hp.

6. Nissan RB26DETT

Mesin ini merupakan salah satu mesin yang populer dan disegani dalam dunia otomotif. Dengan sistem twin turbocharger, cast iron block, dan kemampuan untuk rev di atas 8200 RPM menjadikan mesin ini menjadi mesin yang handal. Modifikasi pada mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang dahsyat di kisaran 1000 hp bahkan lebih. Tenaga stocknya sendiri menghasilkan 280 hp yang merupakan pembatasan (detune) akibat regulasi Gentlemen’s Agreement di produsen otomotif Jepang.

RB26DETT diperkenalkan pada mobil andalan utama Nissan, Skyline GT-R (R32) pada tahun 1989-2002. Mesin ini sudah lama diburu sebagai bahan swap engine untuk keperluan berbagai jenis balap mobil baik itu drag, drift, maupun sirkuit. Performa dan popularitas mesin ini seringkali diperbincangkan bersama dengan mesin sakti lainnya yaitu Toyota 2JZ.

7. Toyota 2JZ-GTE

2JZ-GTE adalah mesin dari Supra generasi ke-4 yang merupakan mesin yang sangat populer dengan kekuatan terpendamnya yang sangat besar. Para engineer Toyota sebenarnya mendesain mesin ini untuk menghasilkan power yang sangat besar yaitu sebanyak 600 hp, akan tetapi para petinggi Toyota memutuskan untuk taat pada regulasi dan memutuskan untuk de-tuning setengah dari kekuatan mesin menjadi 320 hp. Selain itu, keputusan tersebut juga dilandasi dengan pertimbangan reliability, fuel economy dan keamanan pengendara.

Para tuner menyatakan bahwa membangkitkan power dari 2JZ ini sangatlah praktis. Mesin ini dapat dengan simpel dimodifikasi dengan stock internal, yaitu tanpa modifikasi dalaman mesin seperti piston, head, valve. Misalnya, dengan perubahan pada panel air filter, sistem exhaust dan remap akan menghasilkan peningkatan power di kisaran 400-500 hp. Beberapa produsen seperti HKS dan Greedy juga menawarkan paket upgrade kit untuk sistem turbo 2JZ yang cukup praktis karena bersifat modifikasi bolt-on. Kemampuan mesin 2JZ untuk dimodifikasi sanggup untuk mencapai power bahkan sebanyak 2000 hp. Tidak heran mesin ini seringkali disebut sebagai mesin V6 yang paling banyak ‘disiksa’ haha.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)