Home Did You Know? Mobil F1 Michael Schumacher Laku Dengan Harga Fantastis

Mobil F1 Michael Schumacher Laku Dengan Harga Fantastis

Tahukah Anda mobil balap Formula 1 paling mahal yang pernah dijual di sebuah lelang otomotif? Salah satunya Ferrari F2001, yang menjadi tunggangan pebalap legendaris Michael Schumacher dan mendominasi Kejuaraan Dunia Formula 1 sepanjang tahun 2001. Mobil F1 bersejarah ini baru-baru ini laku dilelang senilai USD 7.5 juta atau kisaran Rp 101 miliar!

Tidak dibeberkan secara detil siapa orang atau pihak yang membeli mobil tersebut. Namun, mobil yang mengantarkan Schumacher juara F1 2001 itu dilelang pada acara Sotheby’s Contemporary Art Evening Sale di New York, Amerika Serikat. Harga penjualan yang mencapai USD7,5 tersebut merupakan dua kali lipat dari perkiraan sebelumnya.

Legenda balap yang berasal dari Jerman itu telah memenangkan balapan sebanyak sembilan dari 17 race menggunakan F2001. Hal tersebut ditambah raihan lainnya dengan 11 pole position dan tiga lap tercepat. Dari beberapa mobil F1 yang dibangun Scuderia untuk Schumacher dan rekan setimnya Rubens Barrichello pada musim itu, sang juara memacu mobil ini dan meraih kemenangan di F1 Grand Prix Monaco dan Hungaria, yang turut membuatnya meraih gelar juara dunia keempatnya.

Schumacher menyelesaikan musim balap ini dengan 123 poin, hampir dua kali lebih banyak dari saingan terdekatnya, pebalap McLaren David Coulthard. Kemenangan menjadi hal yang lumrah bagi Schumacher dan Ferrari F2001 ini, dimana mereka selalu meraih podium di hampir seluruh ajang kompetisi Formula 1 dunia. Inilah yang membuat mobil balap legendaris ini sangat diminati, terutama bagi para fans dan penggila balap Formula 1. Selain menjadi jenis kendaraan yang jarang muncul untuk dilelang, minat yang tinggi juga tercermin dari penawaran serta harga jualnya yang fantastis.

Namun, harga jual mobil F2001 itu belum berhasil memecahkan rekor milik Ferrari 250 GTO yang laku dilelang dengan harga mencapai USD38,2 juta atau setara Rp516 miliar pada 2014 silam. Sotheby’s menyatakan itu pertama kalinya sebuah mobil langka masuk pelelangan seni. Ternyata keputusan tersebut dinilai tepat, karena mobil itu diterima dengan baik.

Mobil merah bermesin besar itu memang bukan karya seni, namun Gregoire Billault, wakil presiden senior Sotheby’s, menyebutnya “mobil balap terbaik yang dijual di pelelangan.” Pembalap legendaris asal Jerman tersebut sudah lama tidak terlihat di depan publik. Schumacher mengalami cedera kepala serius dalam kecelakaan ski pada 2013. Hingga saat ini belum ada yang mengalahkan rekor tujuh gelar juara dunia Formula One. Schumacher juga menorehkan 91 kemenangan dalam kariernya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)