Home Did You Know? 3 Alasan Mengapa Tangki Bensin Jangan Dibiarkan Kosong

3 Alasan Mengapa Tangki Bensin Jangan Dibiarkan Kosong

Pasti beberapa pemilik mobil di Indonesia sering membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi ¼ atau bahkan kosong? Sebaiknya hindari jauh-jauh perilaku seperti ini. Efeknya cukup mengejutkan dan membuat perasaan tidak tenang. Biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih besar dari sekedar mengisi bahan bakar semata. Di artikel ini akan menjelaskan resiko-resiko atau bahaya yang mungkin terjadi ketika anda sering membiarkan tangki bensin dalam keadaan kosong.

1. Tangki bensin lebih cepat kotor

Sebagai akibat dari penjelasan pertama, titik-titik air juga bisa menjadi perantara untuk mengikat kotoran. Kotoran ini biasanya berasal dari bensin yang belum diendapkan secara maksimal. Kalau filter (saringan) bahan bakar memiliki begitu banyak kotoran, bukan tidak mungkin filter bahan bakar akan buntu dan menambah masalah baru pada mobil anda.

2. Tangki bensin mudah karatan

Mengapa bisa terjadi karatan? ini dikarenakan ketika tangki bensin sedang berada dalam keadaan hampir kosong, maka potensi bakan bakar menguap bisa terjadi dan mengakibatkan munculnya titik-titik air yang akan menempel dalam tangki bensin. Sudah pasti air merupakan zat perantara yang akan membuat besi menjadi karatan akibat adanya proses oksidasi.

3. Pompa bensin tidak bekerja maksimal

Akibat filter bensin yang begitu kotor sudah pasti pompa bahan bakar terkena imbasnya. Pompa bahan bakar yang harusnya mampu menyalurkan bensin secara merata menjadi kurang maksimal. Anda akan merasakan performa mobil menjadi menurun dan bahan bakar menjadi lebih boros. Belum lagi jika ada kotoran yang tanpa sengaja masuk ke dalam pompa bahan bakar, sudah pasti kerusakan bagian dalam mobil menjadi bertambah.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT