Home Did You Know? 3 Kecelakaan Paling Mengerikan di Race Balap

3 Kecelakaan Paling Mengerikan di Race Balap

Balap mobil adalah olahraga dengan peminat yang sangat besar dari seluruh dunia. Para pelakunya beragam, dari mulai yang kalem sampai ambisius. Menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari, balap mobil punya catatan yang cukup ngeri soal tragedi yang menimpa para pembalapnya di race balap.

Formula 1 merupakan balap mobil yang paling populer. Sedangkan di Amerika Nascar yang tertinggi. Isinya pebalap yang sangat antusias dan penggemar yang gila.

Nah, berikut ini 3 kecelakaan paling mengerikan dalam race balap yang dirangkum Fastnlow dari berbagai sumber:

1. Dale Earnhardt (NASCAR)

foto: New York Daily News

Dalam sejarah NASCAR, Dale Earnhardt merupakan sosok yang kontroversial. Dia sangat liar, dianggap menghalalkan segala cara untuk menjadi yang pertama. Dia dicintai namun juga dihujat banyak orang.

Dale memenangi 76 balapan NASCAR, termasuk di antaranya satu kemenangan Daytona 500 tahun 1998. Ia juga menjuarai NASCAR sebanyak 7 kali, rekor yang sama dengan legenda NASCAR lainnya, Richard Petty.

Pada lomba Daytona 500 musim 2001 yang digelar tanggal 18 Februari, Dale mengalami kecelakaan di lap terakhir di tikungan keempat. Mobilnya bersentuhan dengan mobil Sterling Marlin sebelum kemudian kehilangan kendali dan ditabrak Ken Schrader. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi kemudian ia meninggal karena mengalami cedera di bagian kepala yang cukup parah. Dale dimakamkan di Calvary Church di Charlotte, North Carolina pada tanggal 22 Februari 2001.

2. Ayrton Senna (Formula One)

foto: Cultjer

Ayrton Senna merupakan salah satu pembalap F1 terbesar dalam sejarah. Ia memenangi tiga kali seri kejuaraan.

Pada kejuaraan F1 1994, Senna sempat menang dalam dua perlombaan namun tertinggal 20 poin. Di GP San Marino Imola, dia memimpin di atas mobil Williams-Renault. Mobil Senna nampak kurang stabil sejak ia mengawali start dari posisi pole. Pada awal lap kelima mobil Senna keluar trek saat ia memasuki tikungan Tamburello. Beberapa saat kemudian mobil Senna nampak menerjang pembatas, dan Ayrton Senna saat itu tidak sadarkan diri. Sekitar 10 detik usai kecelakaan terjadi, bendera merah berkibar dan balapan dihentikan.Kecelakaan tersebut menyebabkan pecahnya tulang tengkorak Senna.

Untuk menghormati Senna, Pemerintah Brazil berkabung nasional selama tiga hari untuk meninggalnya Senna. Uniknya, Alain Prost yang dikenal sebagai musuh bebuyutan Senna di race balap menjadi salah satu pengusung jenazah Senna.

3. Pierre Levegh dan 83 penonton (Le Mans)

foto: Daily Mail

Kecelakaan ini dikenal sebagai mobil terbang ke arah penonton. Kecelakaan terjadi pada balapan Le Mans ketika Pierre Levegh tengah melaju dan jalurnya dipotong oleh Austin Healay. Mobil balap tersebut kemudian membentur tepi lapangan dan terbang ke bangku penonton.

Pieree Levegh tewas seketika. Kecelakaan ini menjadi yang paling mengerikan sepanjang sejarah karena 83 orang tercatat meninggal dan 120 orang lainnya luka-luka.

Perlombaan itu diikuti tiga tim yakni Ferrari, Jaguar dan Mercedes-Benz. Setelah kecelakaan tersebut, tim Mercedes-Benz menarik diri dari kompetisi, sebagai penghormatan atas rekan mereka yang meregang nyawa di lapangan balap.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)