Connect with us

Subscribe

Did You Know?

3 Pilihan Membawa Bahan Bakar Cadangan

Ketika anda berencana menuju ke lokasi terpencil katakanlah touring-offroad keluar Pulau Jawa, keberadaan SPBU atau kita sebut pom bensin bisa jadi sangat sedikit bahkan jaraknya berjauhan. Demi memastikan kendaraan yang anda tunggangi memiliki cukup bahan bakar sampai ke tujuan yang anda inginkan, sebaiknya anda membawa BBM ekstra melebihi kapasitas tangki standar kendaraan.

Dalam hal ini anda harus melakukan persiapan yang matang dan beberapa pertimbangan sebelum memulai perjalanan, khususnya membawa bahan bakar cadangan dengan aman. Berikut tiga pilihan yang wajib anda ketahui, terutama bagi pemula di dunia touring-offroad.

Jerigen

Jerigen bukanlah aksesoris gaya-gayaan yang biasanya bertengger di ekor kendaraan atau roofrack. Perlu diketahui jerigen sudah ada sejak 1930an dan patut kita akui bahwa jerigen adalah perlengkapan yang paling efektif dan terjangkau untuk membawa bahan bakar cadangan. Jaman sekarang, material dan desain jerigen semakin beragam, ada yang berbahan metal dan polietilen. Namun pada dasarnya desain jerigen tidak berubah selama hampir 90 tahun.

Jerigen atau container bahan bakar lainnya dilarang diletakkan didalam kabin kendaraan, terutama bensin lantaran rentan berpotensi kebakaran jika berdekatan dengan perangkat kelistrikan seperti kulkas dan sumber pengapian lainnya.

Pada model pikap atau d-cab, jerigen diperbolehkan disimpan didalam bak, tetapi jika kendaraan anda termasuk model wagon maka jerigen harus dipasang/ diletakkan disisi luar kendaraan, pada umumnya menggunakan holder jerigen dibagian belakang kendaraan atau roofrack sebagai alternatif terakhir.

Kapasitas jerigen bervariasi namun kebanyakan menggunakan ukuran 15-20 liter dan jika diisi penuh bobot jerigen mencapai sekitar 20kg, sehingga cukup menyulitkan ketika memuat atau menurunkan jerigen dari roofrack. Hal ini juga cukup berpengaruh pada handling kendaraan, baik di lintasan onroad maupun offroad. Tak heran jika penggiat offroad lebih memilih memasangnya di bagian yang terjangkau.

Proses transfer atau pengisian bahan bakar dari jerigen ke tangki kendaraan juga perlu diperhatikan, anda harus cermat melihat kondisi sekitar. Selain memantik kebakaran, ada juga kemungkinan BBM terkontiminasi, misal dalam kondisi hujan atau berdebu.

Tangki Long-range

Tangki long-range atau disebut tangki bahan bakar jarak jauh merupakan trik jitu dalam meningkatkan kapasitas bahan bakar kendaraan, meskipun cara ini jauh lebih mahal ketimbang harga jerigen. Tangki long-range bisa menjadi pengganti tangki OEM kendaraan anda atau bisa juga sebagai pelengkap tangki OEM.

Meski dirasa lebih mahal, tangki long-range menawarkan sejumlah keuntungan dibanding jerigen. Dari sebutannya — long-range tentu kalian sudah menduga bahwa tangki ini memiliki kapasitas jauh lebih banyak yang dirancang untuk jarak jauh, serta anda tak perlu repot mentransfer bahan bakar.

Jika tangki long-range diposisikan sebagai tangki pengganti, anda tak perlu khawatir lantaran pengoperasiannya sama halnya dengan tangki OEM. Sebagian besar tangki long-range merk aftermarket berbahan baja, meskipun kini ditawarkan tangki yang terbuat dari plastik keras seperti yang digunakan pada tangki standaran kendaraan. Tangki long-range merk aftermarket yang beredar dipasaran dirancang sebaik mungkin supaya fit dengan komponen lainnya tanpa mengganggu komponen driveline dan suspensi.

Perlu dicatat, ketika anda mengganti atau menambah tangki cadangan anda perlu kompromi dengan ground clearance kendaraan. Pastikan tangki yang ada pilih sesuai dengan kebutuhan anda — dalam hal ini jarak touring-offroad, tanpa harus kehilangan ground clearance kendaraan. Ingat bahwa mengangkut bahan bakar ekstra berarti menambah beban kendaraan anda, belum lagi anda harus membawa perlengkapan/ peralatan lainnya.

Tangki Polietilen

Alternatif lain, anda dapat mempertimbangkan tangki polietilen yang menawarkan kapasitas lebih besar daripada jerigen. Tangki ini dirasa lebih fleksibel dari segi penempatan lantaran tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan ruang kendaraan anda, misalnya pada footwell (kolong dibawah kaki pengemudi), didalam pikap, bar belakang dan roofrack.

Biasanya tangki polietilen dilengkapi dengan saluran bahan bakar opsional dan switch untuk mentransfer bahan bakar sehingga lebih aman, fleksibel dan bersih. Bahkan dapat diatur secara permananen dimana dapat memberikan asupan bahan bakar langsung ke tangki utama kendaraan anda.

Pastikan anda selalu memantau indikator bahan bakar ketika melakukan perjalanan jauh ke daerah terpencil. Lakukan pengecekan rutin kondisi tutup jerigen/ tangki, selang BBM dan kolong kendaraan jika terjadi kebocoran. Meski anda sudah memiliki tangki cadangan, tidak ada salahnya anda tetap membawa bahan bakar tambahan dalam wadah terpisah serta tool kit. Ingat, segala kemungkinan dapat terjadi.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Berapa Usia Anak Sebaiknya Duduk di Kursi Depan?

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Apa yang DImaksud Dengan Aerodynamic Drag?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan