Home Did You Know? 4 Ciri – Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Mulai Bermasalah

4 Ciri – Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Mulai Bermasalah

Kita pasti tidak ingin menghadapi musim kemarau atau bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Namun ketika kita menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak biasa pada sistem AC mobil kita yang biasa. Entah suaranya yang berisik, aneh, dan mengganggu.

Jika mulai dirasa ada yang bermasalah pada AC mobil, misalnya hembusan yang panas ketika mobil sedang dalam kecepatan rendah, atau timbul suara-suara aneh, maka ini bisa bisa jadi adalah gejala awal masalah pada kompresor AC mobil.

Berikut ini adalah 4 ciri – ciri awal yang harus kita waspadai agar kompresor AC mobil kita bisa segera mendapatkan penanganan dan tidak merembet ke masalah-masalah lain yang bisa membuat kita mengeluarkan biaya ekstra untuk harga kompresor yang tidak murah:

1. Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah ke posisi 1 – 2 – 3 yang mengindikasikan AC yang mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di-set kembali ke ‘off’, suaranya akan hilang

2. Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin

3. Ada kebocoran. Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa tidak dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Kalau terjadi kebocoran freon baiknya langsung bawa ke bengkel ya. Karena ada efek samping menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor.

4. Masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Kasus yang banyak terjadi adalah bila mobil sedang berada di jalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Tetap setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali, AC bekerja lagi dengan normal. Biasanya ini setelah diiringi rpm mobil yang tinggi, diatas angka 1 atau 1000 rpm.

Jika kita menemukan indikasi seperti di atas tadi, sebaiknya segera menghubungi bengkel yang terpercaya terutama bengkel yang khusus memperbaiki masalah-masalah AC mobil. Karena apabila ditunda-tunda dan dibiarkan karena dianggap akan kembali ke semula dengan sendirinya, masalah bisa merembet ke komponen yang lain dan ujung-ujungnya kerusakan bisa lebih besar. Apalagi kompresor sama sekali bukan jenis spare part yang harganya murah.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT