Home Did You Know? 4 Hal Penyebabkan Radiator Mengalami Kebocoran

4 Hal Penyebabkan Radiator Mengalami Kebocoran

radiator adalah salah satu komponen penting yang ada pada kendaraan bermotor baik itu roda dua ataupun roda empat dimana komponen ini memiliki fungsi utama sebagai pendingin mesin mobil agar tidak terjadi panas berlebih atau overheat yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Bentuk dan model radiator ini rata rata hampir sama, yang membedakan mungkin ukuran luas serta bahan pembuatnya saja.

Dan ini lah 4 hal yang bisa menyebabkan radiator mesin mengalami kebocoran sehingga anda bisa dengan mudah mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan atau melakukan penggantian buat radiator yang sudah bocor ini.

1. Radiator Bocor Karena Faktor Usia

Salah satu hal yang menyebabkan kenapa radiator bisa bocor adalah karena faktor usia pemakaian komponen radiator mobil. Jika sudah tua memang daya tahan terhadap panas mulai berkurang dan lama kelamaan beberapa komponen akan retak dan mengalami kerusakan / kebocoran. Hal ini banyak dialami oleh radiator model baru dimana bagian kepala radiator terbuat dari plastik seperti milik avanza, xenia dan mobil baru lainnya.

2. Radiator Bocor Karena Terkena Benda Asing

Terkadang ketika kita melintasi jalanan yang berkerikil dan berbatu, ada kalanya batu atau kerikil tadi terlempar masuk kedalam kisi kisi radiator yang tentu saja hal ini bisa langsung membuat kisi kisi tersebut jebol dan air pendingin radiator keluar dari lubang ini. Memang apes yang satu ini tak dapat dihindari, anda bisa memperbaiki radiator yang bocor ini dengan cara menambal lubang yang bocor menggunakan lem besi dengan ketelitian yang tinggi.

3. Radiator Bocor Karena Saluran Output Tersumbat

Mobil yang jarang sekali dirawat khususnya pada bagian radiator akan membuat timbulnya endapan berupa lumpur dan karatan pada bagian dalaman kisi kisi radiator maupun dibagian selang out put dari radiator yang menuju kedalam mesin. Bila tumpukan karat dan lumpur ini sampai menyumbat, bisa dipastikan air yang ada didalam radiator tidak bisa lagi masuk kedalam ruang mesin.

Sedangkan air panas yang dari dalam mesin terus menerus akan dibuang masuk kedalam radiator, lama kelamaan akan membuat radiator meledak, pecah khususnya pada bagian kepala radiator yang menyebabkan air didalamnya merembes keluar sedikit demi sedikit sampai habis. Untuk itu pastikan anda selalu rutin mengganti air radiator agar tidak terjadi pengendapan kerak, lumpur ataupun karat.

4. Radiator Bocor Karena Kualitas Bahan yang Kurang Bagus

Yang namanya benda buatan manusia pastinya tidaklah sempurna, tentu saja ada masalah masalah seperti kualitas yang jelek antar satu part dengan part yang lain walaupun diproduksi oleh manufaktur yang sama. Beberapa komponen yang seringkali rusak di bagian sistem radiator adalah selang bypass radiator yang terbuat dari plastik, terkadang komponen ini bisa retak dan mengalami kebocoran fluida radiator secara drastis.

Untuk itulah mengapa dibeberapa bengkel resmi ada yang namanya improve part, dimana bagian atau komponen yang sering mengalami kerusakan akan dianalisa dan dicarikan atau dibuatkan komponen baru dengan bahan yang lebih baik dan tahan lama, kemudian pihak dealer akan memanggil unit mobil bermasalah untuk dilakukan penggantian part secara gratis yang sering kita dengan dengan istilah recall. Dari pengalaman penulis, dulu mobil Toyota Innova lama sering mengalami hal ini karena selang bypass nya terbuat dari plastik, dan untuk saat ini sudah menggunakan selang berbahan pipa besi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)