Home Did You Know? 4 Kebiasaan Penyebab Karet Wiper Cepat Rusak

4 Kebiasaan Penyebab Karet Wiper Cepat Rusak

Karet wiper mobil adalah salah satu suku cadang kendaraan roda empat yang tidak memiliki patokan pasti mengenai masalah usia pemakaiannya. Nah oleh sebab itu agar kondisinya lebih awet dan tahan lama, anda sebagai pemilik mobil wajib hukumnya melakukan perawatan pada komponen yang sangat bermanfaat di kala musim hujan ini.

Terkadang masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara merawat wiper mobil yang benar sehingga banyak diantara mereka malah termakan isu banyak beredar di internet mengenai perawatan wiper mobi. Termasuk kebiasaan buruk dari si pemilik mobil sendiri yang bahkan tidak merawat wiper mobil, dan barulah menyesal ketika hujan mulai mengguyur, jarak pandang mata pun menjadi terganggu akibat tidak maksimalnya kinerja wiper mobil.

Beberapa hal dibawah ini adalah 4 kebiasaan buruk yang membuat rusak komponen wiper mobil:

1. Aktifkan Wiper Tanpa Adanya Air Wiper

Terkadang saking sibuknya kita tidak sempat melakukan pengecekan ketinggian dari air wiper didalam tabung reservoir. Dan di perjalanan kaca mobil anda tiba tiba kotor akibat terkena badai debu sehingga dengan spontan anda mengaktifkan wiper. Dan disaat itu pula ternyata tidak keluar air wiper yang biasanya menyemprot di permukaan kaca, sehingga hanya wiper saja yang bergerak gerak. Jika mengetahui hal ini sebaiknya langsung matikan wiper jangan malah terus mengaktifkannya.

Lakukan pengisian air wiper terlebih dahulu dan nyalakan kembali, atau bisa kalian lakukan tindakan manual dengan mengelap bagian kaca dengan sapu tangan jika ternyata ada masalah di bagian motor penyemprot wiper yang kemungkinan rusak. Bila anda memaksakan kondisi seperti ini secara terus menerus yakni mengaktifkan wiper tanpa adanya air, bisa membuat bagian karet wiper menjadi panas akibat gesekan, selanjutnya karet akan kehilangan elastisitas nya dan rawan rusak.

2. Mengaktifkan Wiper Padahal Kondisi Kaca Penuh Debu

Nah mungkin kalian juga pernah atau malah sering melakukan hal ini yakni menyapu kaca mobil yang terdapat banyak debu dengan wiper, padahal material debu yang mungkin saja bercampur pasir ini bisa membuat karet wiper mengalami kecacatan dan hasilnya saat menyapu guyuran air hujan jadi tidak maksimal. Memang benar saat kita aktifkan wiper, mula -mula air wiper ini menyemprot sekian detik dan barulah wiper blade bergerak.

Namun alangkah baiknya lagi jika anda mencuci bagian kaca mobil terlebih dahulu untuk menghilangkan debu yang menumpuk ketimbang menyapunya langsung dengan wiper. Boleh saja menyapu debu langsung dengan menggunakan wiper mobil dengan syarat debu yang menempel di permukaan kaca sangatlah tipis dan juga menggunakan air wiper yang telah direkomendasikan.

3. Mengisi Air Wiper Dengan Air Dicampur Sabun Colek / Sampo Rambut

Banyak yang berfikir mencampurkan sabun colek, detergen ataupun sampo rambut kedalam campuran air wiper bisa membantu memperlancar sapuan wiper blade. Padahal dengan anda mencampurkan detergen, sampo atau sabun colek ini ke dalam cairan wiper bisa berakibat buruk terhadap karet wiper mobil.

Karet wiper malah bisa berubah menjadi keras, getas dan rawan sobek dibagian ujungnya akibat hilangnya daya elastisitas karet wiper itu sendiri. Bahkan disaat proses pencucian tukang cuci biasanya mengangkat wiper mobil, hal ini selain bertujuan agar tidak menghalangi saat proses mencuci, juga menghindarkan karet wiper terkena sabun yang dikuatirkan bisa merusaknya.

4. Mengangkat Wiper Mobil Saat Mobil Diparkirkan

Disaat tidak ada parkiran mobil yang teduh banyak pemilik mobil yang kemudian memarkirkan kendaraan mereka dibawah terik matahari, lalu mengangkat wiper mobil dengan alasan agar karet wiper tidak menjadi keras dan getas karena terkena panas kaca yang diterpa sengatan matahari. Memang mengangkat wiper mobil ini sah sah saja dilakukan, namun tidak untuk waktu yang lama.

Sebab jika wiper diangkat terlalu lama malah akan menyebabkan kondisi karet wiper yang semula rata malah menjadi melengkung, sehingga saat di turunkan kembali posisinya menjadi tidak lagi sempurna. Salah satu cara yang tepat mengamankan wiper mobil saat diparkirkan di bawah terik matahari ialah ganjal saja bagian bawah wiper dengan spons lembut yang tidak menghantarkan panas.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)