Home Did You Know? 4 Langkah Merawat Ban Agar Lebih Awet

4 Langkah Merawat Ban Agar Lebih Awet

Ban adalah komponen paling vital di antara komponen lain di dalam kendaraan sebab ban memiliki fungsi fungsi khusus seperti mengatur arah laju kendaraan, menopang beban mobil, sebagai peredam dan lain sebagainya.

Harga ban mobil sekarang pun terbilang mahal, oleh sebab itu ada baiknya apabila anda mengetahui cara melakukan perawatan pada ban. Dan berikut inilah 4 langkah merawat ban yang baik dan benar :

1. Melakukan Rotasi Ban Secara Berkala

Melakukan rotasi ban juga harus kalian perhatikan sebab melakukan rotasi ban ini dapat membuat ban menjadi lebih awet serta keausan ban bisa merata. Kenapa harus dirotasi segala ? , ingat pada bagian roda depan kendaraan, roda selalu bergerak belok kekiri dan kekanan yang mana keausan ban lebih cepat pada bagian depan. Dengan melakukan rotasi ini jangka pakai ban bisa menjadi lebih panjang.

2. Perhatikan Tekanan Udara Ban

Selalu rutin mengontrol tekanan udara didalam ban secara berkala sesuai dengan tekanan spesifikasi yang ada sesuai dengan buku petunjuk pengguna. Sebab tekanan ban yang kurang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara, kestabilan laju kendaraan sampai kontrol pengereman yang baik.

Untuk waktu mengecek tekanan udara didalam ban ini bisa dilakukan setidaknya dua kali dalam satu bulan. Selain itu dengan memperhatikan tekanan udara yang sesuai dapat membuat ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Hal ini juga berlaku dan berkaitan dengan seberapa berat muatan yang diangkut.

3. Perhatikan Benda Asing Pada Ban

Selanjutnya adalah mengenai benda benda asing yang kemungkinan menempel pada permukaan telapak ban seperti misalnya pecahan kaca, serpihan besi atau paku dan lain sebagainya. Sebab bila benda benda tersebut dibiarkan bisa dikhawatirkan menusuk ban dan membuat kebocoran.

4. Melakukan Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing ini sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap jarak tempuh per 10.000km untuk memperpanjang umur dari pemakaian ban. Bagi yang tidak mengerti apa itu spooring dan balancing itu apa ini penjelasan singkatnya. Spooring adalah penyetelan sudut sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan ( chamber, Caster, Toe ) yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan sesuai bawaan awal mobil tersebut. Sedangkan balancing ditujukan untuk menstabilkan putaran ban dengan menambahkan pemberat pada velg.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)