Connect with us

Subscribe

Did You Know?

4 Pembalap Rally Terbaik di Tanah Air

Ajang balapan rally di Indonesia mulai dikenal pada era 70-an yang kala itu tidak memiliki trek khusus, sehingga menjadi hal lazim ajang ini berlangsung dijalanan umum. Seiring berjalannya waktu, rally semakin dilirik banyak orang dan di sisi lain ajang rally menjadi wadah bagi mereka yang doyan balapan liar. Yaps, kini rally merupakan bagian dari olahraga otomotif dibawah naungan IMI.

Bermula dari ajang rally yang mungkin sekedar iseng belaka, justru lambat laun melahirkan pembalap berprestasi yang akhirnya diakui sebagai pembalap rally nasional bahkan internasional. Siapa saja mereka? Berikut 4 pembalap rally terbaik di Tanah Air.

  1. Subhan Aksa

Subhan Aksa lahir dari keluarga terpandang dengan latar belakang pendidikan tinggi. Darah bugis mengalir deras dari kedua orangtuanya, Aksa Mahmud dan Ramlah Kalla yang merupakan adik kandung Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ayahnya, Aksa Mahmud adalah pengusaha bergengsi yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes sebagai pemilik Group Automotive Bosowa.

Kini Subhan dan saudara kandungnya meneruskan bisnis ayahnya, Subhan menduduki posisi CEO di perusahaan tersebut setelah lulus dari University of Hertfordshire, Inggris, jurusan Administrasi Bisnis tahun 2007 silam. Disela-sela kesibukannya mengurus perusahaan dan keluarga kecilnya, Subhan Aksa masih sempat menjalani hobinya didunia rally. Yaps, Subhan yang akrab disapa Ubang adalah pereli profesional di Tanah Air.

Sejak kecil Subhan memang tak pernah jauh dari dunia otomotif, tanpa disadari akhirnya Subhan ‘kepincut’ pada balap rally. Tak ayal jika Ia beberapa kali menyabet posisi pertama di kejuaraan rally Indonesia hingga mancanegara. Subhan tercatat pernah berpartisipasi dan berhasil meraih podium di kejuaraan dunia WRC 2 tahun 2012, satu tingkat dibawah kelas tertinggi WRC. Menurutnya, momen itu tak kan pernah terlupakan. Pada akhir bulan lalu, Subhan baru saja menjuarai Kejurnas Rally Indonesia 2019 di Medan, bersaing diantara 62 pereli.

  1. Ryan Nirwan

Putra dari Roy Nirwan yang juga mantan ketua KONI Balikpapan, Ryan Nirwan masih terbilang muda sebagai pembalap rally nasional. Bersama navigator Adi Indiarto, Ryan tergabung dalam tim BRM Motorsport menggunakan mobil andalan Subaru WRX STi stir kiri. Tak hanya Ryan, adik kandungnya Glenn Nirwan juga turut berlaga didunia rally, meski bersaudara mereka tetap bersaing secara positif.

Menjadi Ryan Nirwan seperti sekarang ini yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia rally, bukanlah sesuatu yang instan dalam meraih kemenangan. Butuh perjuangan panjang selama 10 tahun untuk menyandang gelar juara nasional rally tahun 2017, sementara sprint rally pernah menduduki juara nasional setahun sebelumnya. Ryan mengakui seringkali mengalami gangguan teknis sehingga menyebabkan dirinya gagal bertarung dan mengumpulkan poin. Selain itu, jadwal kompetisi selalu bentrok dengan aktivititas belajarnya di luar negeri. Lantas Ryan benar-benar secara aktif terjun di kompetisi rally sejak 2010.

Kini namanya cukup diperhitungkan oleh para lawannya yang jauh lebih senior. Sayangnya, pada Kejurnas Rally seri lalu di Medan, Ia berhasil menyabet posisi kedua setelah Subhan Aksa.

  1. Rizal Sungkar

Begitu menyebut nama Rizal Sungkar, dalam benak kita secara spontan berkata “Ohh iya ini adiknya Rifat Sungkar”, kedua sosok ini seolah tak bisa dipisahkan. Meski sama-sama berprestasi dalam balap rally, keduanya memiliki karakter yang berbeda. Sesuai karakternya, Rizal lebih menyukai mobil yang agresif, powerful dan tahan banting. Sementara sang kakak, lebih memilih mobil dengan power tak terlalu besar tetapi handlingnya mudah.

Sejarah kelam yang pernah terjadi, perang saudara selalu mengakibatkan pertumpahan darah yang dahsyat dari perang manapun demi merebut kekuasaan, tahta maupun hanya soal gengsi. Tetapi lain hal dengan kakak beradik ini, mereka perang secara sehat di arena balap, meski tak jarang mereka tergabung dalam sebuah tim membawa nama Indonesia. Darah yang diturunkan dari orang tua yang juga mantan pembalap, Helmi Sungkar dan dan Kamaria Ekawanti, menyatukan keduanya baik hobi dan prestasi.

Keberhasilan dua bersaudara ini tampaknya tak terlepas dari wejangan sang ibu. Ria menegaskan bahwa setiap aktivitas yang menyita banyak waktu harus disertai prestasi, maka tak heran jika Rizal maupun Rifat termotivasi menyabet podium setiap kali balapan. Sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan Rizal diantaranya juara pertama kategori Kejuaraan Umum Sprint Rally putaran 2 dan juara satu di kejuaraan nasional ‘Kings of Kings Sprint Rally’ putaran 4 tahun lalu.

  1. Rifat Sungkar

Setiap akhir pekan pada umumnya orang tua mengajak anak-anak main ke mall, sedangkan Rifat maupun Rizal diajak nonton balap, begitulah masa kecil mereka. Sebagai anak pertama dan cucu pertama yang dibesarkan ditengah keluarga pereli, tentu Rifat punya beban tersendiri baik kepada orang tua maupun memberi teladan yang baik untuk adik-adiknya dalam hal prestasi. Dedikasi dan prestasi Rifat di kancah rally nasional dan internasional tak perlu diragukan lagi.

Sejumlah prestasi berhasil direngkuh bahkan dalam kejuaraan rally tingkat asia dan dunia seperti APRC, WRC, Oregon Trail Rally, dan Rally America. Selain itu, Rifat pernah menang 8 kali Juara Nasional Rally tahun 2006 yang kemudian dianugerahi “Bintang Prestasi” yang disematkan langsung oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudoyono.

Tahun 2013, Rifat sempat mencicipi cabang olahraga Speed Offroad dan berhasil menyabet Juara Nasional Group 3 dan Best Over All. Skill dan jam terbangnya membuatnya kerap menjadi pemerhati otomotif nasional, Ia juga memiliki sekolah mengemudi yang dinamakan Rifat Driving School. Kabarnya, Rifat didapuk sebagai Duta Safety Driving Indonesia dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas sampai dengan 50% pada tahun 2020.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Did You Know?

Tips dan Trik Mencuci Mobil Sendiri

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan