Home Did You Know? 5 Bahaya Berkendara di Tengah Hujan Lebat

5 Bahaya Berkendara di Tengah Hujan Lebat

Ketika memasuki musim hujan sangat dianjurkan bagi pengendara motor maupun mobil agar selalu berhati-hati memacu kendaraannya. Musim hujan yang ditandai dengan curah hujan yang lebat memang rawan terhadap resiko kecelakaan bagi pengendara.

Setidaknya ada 5 bahaya berkendara di tengah hujan lebat yang perlu diwaspadai. Apa saja itu? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini!

5 Bahaya Berkendara di Tengah Hujan Lebat 002
sarcasticmindfulness.com

1. Kondisi jalan sulit diketahui sehingga rawan terhadap kecelakaan

Jika pada musim kemarau kondisi jalan mudah kita prediksi, lain halnya dengan musim hujan. Kondisi jalanan yang nampak mulus bisa saja berubah menjadi lobang-lobangan atau kubangan. Dan jika kita tak waspada bahaya terjadinya kecelakaan di jalan berlubang atau berkubang bisa kita alami.

Sudah sering terdengar berita di media cetak maupun elektronik kecelakaan berkendara di tengah kubangan atau lubang saat hujan lebat.

Saat hujan lebat, marka atau petunjuk lalu lintas kemungkinan akan terlihat kurang jelas dan kabur. Pandangan seseorang juga akan berkurang akibat terkena air hujan yang mengenai helm maupun kondisi jarak di depan mobil.

2. Kondisi jalan menjadi licin

dallasnews.com
dallasnews.com

Hujan lebat maupun hujan dalam intensitas ringan akan membuat kondisi jalan beraspal menjadi licin. Jika jalanan tersebut belum beraspal, maka akan menjadi becek dan berlumpur. Kondisi yang sama-sama tak menguntungkan bagi pengendara.

Kondisi jalan licin akan membahayakan pengendara karena jika tak hati-hati ban akan mengalami slip serta beresiko terjadinya kecelakaan. Semahir apa pun seseorang berkendara jika jalanan licin, resiko kecelakaan tetap saja bisa dialami bila nekat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

3. Bahaya pohon, tiang listrik atau papan reklame/baliho tumbang dan roboh

wordpress.com
wordpress.com

Inilah bahaya yang paling rawan dan sering terjadi saat hujan lebat terjadi yang disertai angin kencang. Pohon, tiang listrik, maupun papan reklame mudah sekali roboh dan tumbang saat kondisi tersebut terjadi.

Dan bila seseorang pengendara tetap nekat berkendara ketika hujan lebat dan melewati jalan yang penuh dengan pohon, tiang listrik dan papan reklame maka resiko tertimpa mungkin sangat tinggi.

4. Komponen Motor mudah mogok dan mengalami kerusakan
jauhi genangan air yang terlalu tinggi

Jika Anda memiliki motor, resiko mogok maupun rusak mudah sekali terjadi. Motor akan mengalami mogok jika air hujan masuk atau mengenai komponen utama motor yang membuatnya mati dan sulit dihidupkan.

Nah, saat mogok terjadi dan Anda tengah berada di tengah jalan tiba-tiba muncul kendaraan lain dari arah belakang atau depan, resiko kecelakaaan sulit terhindarkan.

Dan jika komponen motor mengalami kerusakan tentu Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki atau membeli komponen baru pada kendaraan Anda.

5. Terkena cipratan air dari kendaraan lain

telegraph.co.uk
telegraph.co.uk

Hal ini akan terjadi bila Anda melewati jalanan yang berisi genangan air dan pada saat yang sama kendaraan lain lewat dari depan atau belakang. Cipratan air akan mengenai Anda. Bagi pengendara motor hal tersebut kurang menguntungkan. Tubuh dan pakaian menjadi kotor karena cipratan bercampur dengan debu.

Sedangkan bagi pengendara mobil cipratan bisa mengenai bodi maupun kaca mobil. Bila cipratan terjadi karena kendaraan lain yang lewat dari arah berlawanan (depan) maka cipratan tersebut bisa mengenai dan menutupi kaca depan mobil. Pandangan pun menjadi kabur. Resiko kecelakaan bisa terjadi.

Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

Itulah 5 bahaya berkendara di tengah hujan lebat. Sebenarnya masih ada bahaya lain seperti sambaran petir, tanah longsor dari tebing, dan sebagainya.

Bila hujan lebat terjadi sebaiknya berteduh sambil menunggu hujan reda. Namun bila Anda tetap ingin berkendara saat hujan lebat karena ada hal darurat, tips berikut bisa Anda terapkan agar 5 bahaya berkendara di tengah hujan lebat di atas bisa dihindari.

  1. Selalu siapkan jas hujan ketika berada di musim penghujan.
  2. Selalu perhatikan kondisi kendaraan ketika masuk musim penghujan.
  3. Selalu fokus dan konsentrasi ketika berkendara. Tingkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan berkendara saat hujan lebat.
  4. Paculah kendaraan dengan kecepatan pelan dan sedang. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.
  5. Hindari berpas-pasan dengan kendaraan besar ketika berkendara saat hujan lebat.
INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)