Home Did You Know? Yuk, Kita Cek Apa Saja 5 Bahaya Tidak Mengganti Oli Mesin Mobil

Yuk, Kita Cek Apa Saja 5 Bahaya Tidak Mengganti Oli Mesin Mobil

www.wheels.ca

Apakah Anda jarang mengganti mesin mobil dan ingin mengetahui apa saja 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil? Oli mesin adalah salah satu komponen yang tidak terpisahkan dalam menjaga stamina dan performa mesin dalam mobil. Mesin mobil ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan antara lain membuat mesin tetap terjaga suhunya dan tidak menjadi panas, melindungi mesin dari karat, melindungi mesin dari gesekan, melindungi mesin agar hemat bahan bakar, dan masih banyak lagi manfata oli untuk mesin lainnya.

Oli mesin ini bentuknya cair dan agak kental. Selain itu warnanya ada yang cokelat dan ada juga yang berwarna gelap. Namun jika Anda jarang mengganti oli pada mesin mobil Anda, tentunya ada beberapa bahaya jika tidak mengganti oli secara rutin.

Berikut ini ada sekitar 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil yang bisa Anda ketahui:

otonity.com
otonity.com

Mesin Menjadi Lebih Kasar

Salah satu dari 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil yang bisa Anda ketahui adalah mesin menjadi lebih kasar. Mesin adalah komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Mesin ini yang akan membuat kendaraan bisa berjalan dan mengantarkan Anda kemana saja sesuai dengan kebutuhan.

Jika oli mesin mobil Anda jarang dilakukan penggantian, tentunya mesin akan menjadi lebih kasar. Sehingga mesin mobil menjadi tidak nyaman jika digunakan. Mesin akan terasa lebih kasar dan bisa Anda rasakan ketika memakai mobil tersebut.

http://site.k2motor.com/
http://site.k2motor.com/

Penggunaan bahan bakar menjadi boros

Bahaya kedua yang merupakan bagian dari 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil yang bisa Anda ketahui adalah penggunaan bahan bakar menjadi boros. Bahan bakar juga mendukung kendaraan untuk dapat berjalan dan bergerak. Jika oli yang digunakan jarang diganti, tentunya penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. Bahan bakar ini akan cepat habis sehingga Anda akan lebih sering untuk mengisi bahan bakar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus rutin dalam penggantian oli sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biasanya pihak bengkel mobil akan memberitahukan kapan Anda akan harus mengganti oli dan sudah melewati batas jarak tempuh mobil.

mentalfloss.com
mentalfloss.com

Mesin menjadi cepat panas

Bahaya ketiga dari 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil yang bisa Anda ketahui adalah mesin menjadi cepat panas. Oli mesin berfungsi untuk menjaga mesin dan juga membuat mesin agar tidak mudah panas ketika mobil tersebut digunakan. Namun jika Anda jarang mengganti oli mesin dengan berkala, tentunya hal yang tidak diinginkan akan terjadi. Karena mesin menjadi lebih cepat panas.

Mesin mobil yang digunakan menjadi panas walaupun penggunaannya belum lama dari pendinginan mesin mobil. Sehingga Anda harus mengganti oli mesin secara berkala dan rutin dalam merawat mesin mobil.

www.ask.com
www.ask.com

Kerja mesin menjadi tidak optimal

Bahaya selanjutnya yang merupakan bagian dari 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil adalah kerja mesin menjadi tidak optimal. Mesin sangat dipengaruhi bagaimana pemilik dalam melakukan perawatan terhadap mesin mobilnya.

Dalam merawat mesin mobil biasanya salah satunya dengan mengganti oli secara berkala. Mesin mobil yang diganti oli dengan cara berkala bisa membuat kerja mesin mobil menjadi bagus. Namun sebaliknya, jika oli jarang diganti kemudian mesin akan bekerja tidak optimal. Karena mesin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan mesin tersebut. Jika mesin tidak optimal dalam kerjanya, maka mobil juga terasa tidak nyaman pada saat mengendarainya.

autoservicenews.blogspot.com
autoservicenews.blogspot.com

Rusaknya sebagian komponen dalam mesin

Bahaya terakhir yang termasuk 5 bahaya tidak mengganti mesin mobil yang bisa Anda ketahui adalah rusaknya sebagian komponen dalam mesin. Jika oli jarang diganti, kemungkinan mesin mobil akan mengalami kerusakan pada komponen mesin bagian tertentu. Sehingga penggantian oli mesin harus sangat diperhatikan.

Jika komponen mesin rusak, tentunya Anda sendiri yang akan rugi. Karena mau tidak mau Anda harus mengganti komponen mesin tersebut yang telah rusak. Karena jika tidak diganti, mobil akan terganggu ketika digunakan. Namun jika Anda mengganti oli mesin secara berkala, tentunya hal tersebut tidak akan terjadi. Sehingga akan menghemat juga pengeluaran Anda dalam penggantian komponen pada mesin.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)