Home Did You Know? 5 Cara Merawat Electric Power Steering

5 Cara Merawat Electric Power Steering

youtube.com

Electric Power Steering merupakan salah satu sistem power steering yang sudah diterapkan sejak sekitar 13 tahun silam, sehingga kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh sistem yang dirancang untuk mengurangi tenaga yang diperlukan oleh pengendara untuk memutar stir kendaraan. Dengan kekurangan yang dimiliki oleh Electric Power Steering alangkah baiknya lakukanlah hal berikut ini untuk mensiasati kekurangan yang dimilikinya. Jadi simak ulasan di bawah ini ya sob.

  1. Gunakan grease berkualitas

Maksud penggunaan grease yang berkualitas adalah untuk mengurangi getaran yang ditimbulkan ketika motor EPS bekerja. Selain untuk mengurangi getaran, penggunaan grease yang berkualitas juga berfungsi untuk mencegah suara berisik yang dapat ditimbulkan saat melewati jalanan yang kurang bagus. Dengan harga sekitar 200ribu grease berkualitas sudah bisa di dapatkan dan yang jelas pelumasan juga akan semakin optimal.

  1. Hindari genangan air

Posisi motor EPS yang diletakkan pada bagian luar kabin membuatnya rentan akan terkena air, oleh arena itu ketika melewati genangan air yang cukup tinggi pengendara disarankan untuk lebih berhati-hati mengingat penggantian motor EPS yang membutuhkan dana tidak sedikit.

  1. Hindari modifikasi

Setiap produsen kendaraan tentunya telah merancang motor EPS yang telah disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan rancangannya. Jika motor EPS telah dimodifikasi dengan melakukan penggantian motor gigi atau bahkan merubah motor maka kemanan berkendara dengan mobil telah dikorbankan sob.

  1. Pengecekan rutin pada soket EPS

Soket EPS yang sudah getas tentunya akan mengakibatkan kurang sempurnanya listrik yang mengalir ke seluruh sistem, oleh karena itu penggantian soket EPS yang sudah getas sangat dianjurkan. Jika soket getas dibiarkan begitu saja, resiko pecah pada soket tentunya akan membawa dampak yang lebih buruk. Matinya seluruh sistem dari EPS merupakan salah satu akibat terburuk dari pecahnya soket, lebih dari itu stir akan jelas terasa berat ketika akan dibelokkan.

  1. Setelan EPS yang sesuai

Untuk jenis mobil tertentu, sistem EPS telah dilengkapi dengan fitur yang membuat EPS dapat di setel berat ringannya. Pada umumnya pengendara yang lebih mengutamakan laju kencang akan menggunakan mode sport untuk membuat kestabilan lebih mantap dengan merubah setir menjadi berat. Selain mode sport, ada juga mode comfort dan juga normal.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT