Home Did You Know? 5 Cara Merawat Radiator Agar Lebih Awet

5 Cara Merawat Radiator Agar Lebih Awet

Di dalam sebuah mobil terdapat sebuah komponen yang penting dan sangat berguna sebagai pendingin mesin agar tidak terjadi kelebihan panas atau overheat yakni komponen radiator. Bentuk radiator mobil ini umumnya berbentuk persegi ataupun persegi panjang, terdapat kepala radiator yaitu penutup atas yang berfungsi untuk mengalirkan semua air panas yang berasal dari dalam mesin menuju keseluruh kisi – kisi radiator.

Kisi – kisi radiator ini berfungsi untuk mendinginkan cairan yang panas tadi yang nantinya akan siap untuk dimasukkan kembali kedalam mesin sesuai dengan bukaan klep thermostat. Kisi – kisi radiator ini mudah sekali tersumbat terutama oleh karat yang dibawa oleh cairan radiator dari dalam mesin, dan bila sampai tidak dibersihkan akan berakibat menurunnya kinerja radiator.

Karena fungsinya yang sangat vital inilah radiator mobil ini juga perlu dilakukan perawatan agar nantinya tidak rusak dan membahayakan mesin kendaraan kita, sebab bila sampai radiator bermasalah sudah barang tentu mesin akan overheat dan mogok. Dan ini 5 tips yang berguna untuk merawat radiator mobil sehingga bisa awet dan tidak cepat rusak.

1. Menguras dan mengganti air radiator secara berkala

Melakukan pengurasan dan penggantian cairan radiator ini wajib hukumnya bagi setiap mobil karena dengan kita rajin menguras dan mengganti cairan radiator ini bisa meminimalisir adanya endapat yang bisa menyumbat saluran saluran air didalam radiator. Untuk mengurasnya pun juga tidak sembarangan, bila kalian tidak begitu tahu cara menguras radiator yang benar sebaiknya serahkan kepada ahlinya.

2. Mengecek selang radiator

Selang radiator ini memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara mesin dan juga radiator. Selang radiator ini umumnya terbuat dari karet khusus tahan panas, namun meskipun dikatakan tahan panas juga tak selamanya mampu menahan panas secara terus menerus, seiring lamanya penggunaan juga akan membuat selang radiator ini mengeras dan juga retak, atau bisa juga memuai dan mengembang yang berarti daya yahan dari selang tersebut juga menurun.

Sebisa mungkin lakukan pengecekan setiap 3 atau 6 bulan sekali dan perhatikan apakah ada selang radiator yang dicurigai retak, melar dan sebagainya untuk segera diganti yang baru. Jangan sampai terlambat melakukan penggantian sebab bisa berakibat fatal bila sampai pecah dan bocor dijalan bisa menyebabkan mesin overheat.

3. Periksa tutup radiator mobil

Cara merawat radiator sederhana yang bisa anda lakukan sendiri dirumah selain kedua cara diatas adalah memeriksa penutup radiator, apakah karet seal masih kenyal dan berfungsi ataukah tidak, dan apakah pegas yang ada berfungsi dengan baik ataukah tidak. Kerusakan tutup radiator ini bisa menyebabkan sirkulasi air panas yang harusnya bisa dikirim menuju reservoir menjadi terhambat dan terpaksa dimasukkan kembali kedalam mesin. Hal ini tentu akan membuat temperatur mesin menjadi tinggi.

4. Periksa pengikat atau klem selang radiator

Terkadang hal – hal sepele ini bisa berakibat sangat fatal bila tidak diperhatikan dengan seksama, klem selang radiator ini gunanya untuk mengikat antara selang radiator dan juga pipa agar terjamin kerapatannya sehingga tidak bocor. Longgarnya klem bisa mengakibatkan adanya rembesan air yang bila dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan radiator kehabisan air, dan pada akhirnya mesin bisa overheat. Cara pengecekannya juga cukup mudah, yakni dengan cara memutar mur pengunci dengan kunci yang sesuai, bila longgar silahkan dikeraskan namun jangan terlalu kencang, secukupnya saja karena kalau terlalu kencang bisa membuat pipa radiator malah pecah.

5. Periksa kipas pendingin radiator

Langkah mudah untuk merawat radiator mesin mobil adalah dengan memeriksa kipas pendingin apakah berfungs dengan baik ataukah tidak. Bila sampai tidak berfungsi dengan normal sangat dikuatirkan menyebabkan mesin menjadi overheat. Untuk cara memeriksa apakah kipas pendingin bekerja dengan baik ataukah tidak cukup anda nyalakan mesin mobil, tunggu beberapa menit dan perhatikan apakah kipas secara otomatis menyala dan berputar saat mesin sudah panas ataukah tidak. Bila ternyata kipas pendingin ini mati alangkah baiknya cepat dilakukan perbaikan.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)