Home Did You Know? 5 Fungsi Busi pada Mesin Mobil yang Luar Biasa

5 Fungsi Busi pada Mesin Mobil yang Luar Biasa

e3sparkplugs.com

Fungsi busi pada mesin mobil secara singkat mungkin Anda sudah mengetahuinya, yaitu menghidupkan mesin mosil. Namun, bagaimana prosesnya hingga bisa seperti itu mungkin belum bisa dijawab dengan tuntas. Oleh karena itulah, dibutuhkan pengetahuan dan wawasan yang cukup lengkap agar bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Bagi pemilik kendaraan bermotor, baik sepeda motor ataupun mobil keberadaan busi sangat vital. Jika tidak ada busi, maka dipastikan mesin kedaraan bermotor tidak bisa hidup dan dijalankan. Sama saja jika mesin tersebut tidak bisa dijalankan karena businya bermasalah.

Oleh karena itu, sangat disarankan mengecek dan memelihara kebersihan dari busi setiap saat. Dengan begitu, mesin tidak rewel dan perjalanan Anda pun bisa lancar tanpa mengalami gangguan yag berarti. Perawatan pada busi bisa dilakukan dengan membersihkan kerak-kerak hitam dengan amplas hingga bersih. Setelah bersih, pasang kembali busi tersebut.

Lalu, apa saja fungsi busi pada mesin mobil yang perlu diketahui? Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak informasi di bawah ini.

chemwiki.ucdavis.edu
chemwiki.ucdavis.edu

1. Pembakar Bensin

Perlu Anda ketahui bahwa busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Hasil pembakaran tersebut menghasilkan tenaga yang dapat menghidupkan mesin mobil secara sempurna. Oleh karena itu, jika busi di mobil bermasalah maka tidak menutup kemungkinan proses pembakarannya juga tidak optimal. Selanjutnya, mesin hidup dan berjalan tidak maksimal dan terkesan tersendat-sendat. Jika kondisinya seperti itu, Anda sebagai pemilik mobil yang rugi sendiri karena fungsi dari mesin yang tersendat.

www.americanmuscle.com
www.americanmuscle.com

2. Cadangan Aki

Jika aki pada mobil yang Anda miliki sudah soak dan tidak bisa diandalkan lagi, masih ada cadangan listrik lainnya, yaitu busi. Pasalnya, di bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian, sehingga tercipta listrik dengan besaran daya tertentu. Namun demikian, Anda tidak bisa mengandalkan kelistrikan pada kendaraan bermotor pada busi terus menerus. Hal itu dikarenakan kinerja busi akan semakin bertambah. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan umur busi tersebut juga semakin pendek. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda segera mengganti aki pada mobil agar bisa dimanfaatkan lagi semaksimal mungkin.

www.zliving
www.zliving

3. Menghidupkan Mesin Mobil

Inilah fungsi busi pada mesin mobil yang sangat vital. Percuma Anda memiliki sebuah mobil bagus dan mahal, tetapi mesinnya tidak bertenaga dan berperforma. Mungkin salah satu penyebabnya, yaitu pada businya. Cobalah cek pada bagian businya untuk mendapatkan fungsi busi yang optimal. Bersihkan busi-busi tersebut. Jika ada yang harus diganti, jangan menunggu terlalu lama untuk membiarkannya seperti itu karena bisa jadi kerusakannya merembet hingga bagian mesin mobil yang lain. Mesin mobil yang bagus akan selalu terdengar lembut dan tidak berisik. Saat dikendarai pun tidak terasa tersendat-sendat. Busi bisa menajdi kunci utamanya. Oleh karena itu, jangan pernah disepelekan fungsinya.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

4. Menghasilkan Listrik

Anda mungkin sudah pernah menguji busi yang masih bagus fungsinya atau sudah tidak. Percikan pada busi saat didekatkan pada logam, di mana mesin dihidupkan. Hal itu menandakan bahwa busi tersebut masih bagus. Percikan tersebut disebabkan oleh temperatur yang terjadi pada pembentukan listrik. Diibaratkan seperti halilintar atau petir tetapi berukuran kecil. Hal ini juga menandakan bahwa busi bisa menghasilkan listrik jika digunakan dengan sebaik-baiknya. Khususnya pada mesin mobil, busi menjadi salah satu sparepart atau onderdil yang sangat vital fungsinya. Pasalnya, tanpa kehadiran listrik berarti tidak mungkin mesin mobil Anda bisa menyala dan dimanfaatkan dalam sebuah perjalanan. Itulah alasan kenapa Anda sebagai pemilik mobil harus selalu merawat busi.

blog.rootstockads.com
blog.rootstockads.com

5. Menjaga Mesin Mobil Selalu Stabil

Secara langsung atau tidak, kinerja dan fungsi dari busi bisa menjaga mesin mobil lebih stabil. Tentu saja dengan kondisi busi yang masih bagus dan tidak bermasalah. Pasalnya, busi sudah harus diganti jika banyak kotoran kerak-kerak di bagian ujungnya. Busi seperti itu yang akan membuat mesin mobil tersendat-sendat. Bahkan, bukan tidak mungkin mesin mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali alias mogok. Kondisi seperti itu hanya merugikan Anda saja karena harus memasukkan mobil ke dalam bengkel untuk melakukan perawatan dan mengganti beberapa onderdilnya.

 

Nah, itulah kelima fungsi mobil pada mesin yang bisa jadi tambahan informasi bagi Anda.


Ingin tau ada apa dengan mereka bertiga? klik banner dibawah ini
  • HADI

    KAYAKNYA ARTIKELNYA BUKAN DIBUAT OLEH AHLI TEKNIK MESIN…………………..
    MISALNYA : KONDISI BUSI BISA MENUNJUKAN KONDISI PENGAPIAN YANG OPTIMAL DLL MALAH TIDAK DIAGGKAT