Home Did You Know? 5 Hal yang Membuat Mobilmu Bisa Jadi Boros

5 Hal yang Membuat Mobilmu Bisa Jadi Boros

http://site.k2motor.com/

Zaman sekarang harga bbm atau bahan bakar minyak, (bukan black berry messenger lho) semakin tinggi. Dengan semakin naiknya harga bbm yang merupakan kebutuhan pokok pastinya berpengaruh terhadap harga-harga yang lainnya. Terutaman bagi anak muda yang suka banget kemana-mana naik kendaraan hadiah orang tuanya. Pasti banyak cara-cara yang dilakukan supaya bbm bisa ngirit.

Tapi tunggu dulu, sebelum cari tau caranya, kita harus ngerti dulu sebab apa aja sih yang bikin boros mobil? 5 hal yang membuat boros mobil penjelasannya dibawah ini.

1. Sudah lama tidak ganti oli

http://kiadealersnj.com/
http://kiadealersnj.com/

Ini penting juga lho buat dimengerti bagi para pemilik kendaraan mobil terutama. Soalnya mobil kalau demam itu lebih repot dari pada motor. Biaya ngobatinnya juga lebih mahal. Kalau mobil mulai menimbulkan gejala-gejala cepet haus, dalam arti bensin cepet abis salah satu sebabnya bisa gara-gara oli yang lama tidak diganti. Kok bisa? Masa sih?

Penjelasannya, mobil itu kalau nyala dan melaju dia pasti membutuhkan tenaga dengan bbm jelas. Terus hubungannya sama bbm apa? Gini.. kalau mobil lagi dikendarai otomatis komponen-komponen di dalamnya bergerak alias bekerja atau juga bergesekan. Oli tugasnya melumasi komponen tersebut, jadi semakin lama tidak diganti dia jadi berat dan kasar pergerakannya. Otomatis tenaga yang dikeluarkaan harus ekstra dong.

2. Beban yang terlalu besar

http://www.namibiansun.com/
http://www.namibiansun.com/

Selanjutnya nih, bbm bisa boros dikarekan beban yang dibawa terlalu berat lho. Contohnya kalau orang bawa ransel yang isinya batu bata pasti dia cepet laper disbanding isinya kerikil. Jadi sama saja dengan mobil yang digunakan untuk membawa beban yang lebih.

Sebagai pemilik kendaraan yang tentunya nggak pengen mobil kesayangannya sakit atau cepet haus bbm, nah baca dulu ketentuan atau karakter dari mobil tersebut. Pabrik pasti mencantumkan berapa bobot maksimal yang bisa dipikul sama si mobil. Jadi, langkah berikut ini bisa mengatasi keborosan bbm bagi yang sering bawa banyak anggota di mobilnya. Eh nggak cuma anggota ding, malah kadang barang-barang yang terlalu berat. Alternatifnya bisa lah dikurangi supaya si mobil juga tenang dikendarai dan lebih hemat bbm.

3. CC mesin yang terlalu besar

http://www.speednik.com/
http://www.speednik.com/

Kalau yang satu ini memang sudah bawaan dari sononya. Jadi maksudnya gini, ketika membeli mobil si calon pemilik paling nggak udah cari-cari informasi soal tipe yang dicari. Cc mesin yang besar memang udah paten bikin dia sering mampir ke pom bensin buat minum.

Emang apa sih efeknya cc besar ke bahan bakar? Memang sedikit rumit untuk dipahami, gampangnya gini deh cc itu artinya cubical centimeter hubungannya sama volume. Logikanya, kalau cc nya besar maka diameter dari piston juga semakin besar dan daya isap antara udara dan bahan bakar juga semakin besar. Jadi kalau cc gede, dibutuhkan daya ledak yang lebih besar dan panjang jangkauannya.

Intinya kalau emang nggak pengen boros, bijaklah dalam memilih mobil baik dari segi budget atau pun cc nya jadi bisa tenang dan nyaman selama berkendara.

4. Cara pergantian gigi yang kurang tepat

http://www.ridelust.com/
http://www.ridelust.com/

Faktor ini utamanya terjadi buat mbak-mbak, tapi anak muda juga bisa sih. Sekarang kan sudah hal yag biasa kalau wanita atau pun anak remaja bisa mengendarai mobil. Tapi kalau cuma mengendarai memang gampang, pertanyaannya apa iya sudah dengan benar menjalankannya?

Kalau ada yang ngeluh “mobilku kok boros ya? Kan nggak pergi jauh-jauh”. Nah sebenernya bukan karena jaraknya sih, tapi bagaimana mengoperasikan si mobil tadi supaya dia anteng dan kalem di jalan.

Dari cara pergantian gigi, atau oper gigi tiap-tiap pemakai pun berbeda. Ada yang halus ada pula yang kasar atau terlalu mantep istilahnya. Hal ini perlu disadari dan kalau bisa dirubah deh supaya keluhan boros berkurang.

Terus yang tepat gimana?

Setiap mobil punya torsi maksimum atau momen maksimum yang berbeda, pertama pelajari dulu sebelum main tancap gas kesana-sini. Setelah tau, sesuaikan kecepatan mobil waktu akan mengganti gigi, jadi kalau sekiranya udah ngeden banget, tancap lah oper gigi. Paling aman adalah dimana kamu mengganti gigi disekitar putaran mesin (RPM) 2500-3000 RPM. Lama-lama pasti bisa beradaptasi dan paham kok sama karakter si mobil, jadi bbm bisa terkendali deh.

5. Kaki yang kurang disekolahkan (ini istilah FastnLow)

http://ericfaller.com/
http://ericfaller.com/

Masalah ini sebenarnya hampir mirip dengan yang di atas, tapi ini lebih parah malah. Banyak para pemilik yang sekarang makin canggih balapan di jalan umum dan jadi ajang adu kebut-kebutan. Entah disadari atau tidak hal itu menimbulkan bbm semakin deras terkuras.

Gaya mengemudi setiap pemilik atau pemakai kalau pinjem, memang berbeda-beda. Tapi tidak ada salahnya kalau menerapkan gaya berkendara yang baik, santun dan ramah. Banyak manfaatnya juga lho sebenernya, selain bbm bisa ngirit pasti jadi lebih aman dan membantu mengkondusifkan jalanan dari kebut-kebutan dan suara bising.

Jadi, coba deh pertimbangin masih mau kebut-kebutan yang banyak minusnya dari pada plusnya?

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)