Home Did You Know? 5 Keungulan Mesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin

5 Keungulan Mesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin

Mobil yang menggunakan mesin diesel memang memiliki tingkat efisiensi yang lebih ketimbang mesin berbahan bakar bensin. Karena penggunaan mesin diesel ini lebih banyak digunakan pada kendaraan besar.

Seperti truk pengangkut dan kendaraan niaga lainnya sekelas minibus dan bus kota. Ternyata mesin diesel ini juga diaplikasikan kedalam kendaraan mobil pribadi. Tentunya ada kelebihan dari mesin diesel ini yang 5 diantaranya dapat kalian lihat dibawah ini:

1. Mudah Untuk Diperbaiki

Karena jenis mesin ini termasuk kedalam jenis konvensional maka cara perawatan ataupun perbaikan jika mengalami kerusakan lebih mudah ketimbang mesin bensin yang tehnologinya canggih.

2. Sulit Untuk Mogok

Dalam kontruksinya mesin tenaga diesel ini adalah mesin yang konvensional, tidak memerlukan sistem kelistrikan dalam pengoperasiannya sehingga kemungkinan mogok akibat gagal ignition tidak akan mungkin pernah terjadi.

Karena memang mesin model ini tidak menggunakan busi, hanya besi pijar. Kalaupun mogok biasanya diakibatkan kurangnya perhatian pemilik seperti tidak mengganti saringan bahan bakar secara berkala dan sebagainya.

3. Memiliki Tenaga Lebih Besar

Mesin diesel ini terkenal dengan tenaganya yang besar, dan itulah mengapa sebabnya mesin jenis ini diaplikasikan untuk kendaraan angkutan berat seperti truk, bus, minibus dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat terasa bila kalian membandingkan tenaga dari mesin bensin dan mesin diesel pada medan berat seperti pendakian tentu mesin diesel adalah rajanya.

4. Hemat Bahan Bakar

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kelebihan mobil bertenaga diesel adalah hematnya penggunaan bahan bakar, coba bandingkan saja bila mobil berbahan bakar bensin mampu menempuh jarak hingga 7 sampai 10 kilometer per liternya, maka mobil bertenaga diesel ini mampu menempuh jarak 11 hingga 12 kilometer dengan konsumsi bahan bakar yang sama.

5. Kontruksi Mesin Lebih Kokoh dan Kuat

Kontruksi dari mesin diesel ini dibuat berbeda dengan mesin bensin, pada mesin diesel kontruksinya dibuat lebih kokoh dan kuat, hal ini dilakukan agar mesin mampu menahan kompresi yang tinggi ( ingat kompresi mesin diesel ini sangat tinggi dibanding mesin bensin ).

Sehingga membuat mesin diesel ini jauh lebih awet ketimbang mesin bensin. Marcedes pernah memegang rekor terbaik mengenai ketahanan mesin dieselnya yang tidak mengalami kerusakan walaupun telah menempuh jarak kurang lebih 1.5 juta kilometer.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)