Home Did You Know? 5 Komponen Kaki-Kaki yang Biasa Mengalami Kerusakan

5 Komponen Kaki-Kaki yang Biasa Mengalami Kerusakan

Sebenarnya mobil yang anda gunakan sudah memiliki beban sangat besar. Ditambah lagi dengan adanya penumpang ataupun barang barang yang diangkut, membuat beban bakal semakin berat. Oleh karena itu perawatan bagian kaki-kaki adalah wajib hukumnya.

Sialnya, apabila salah satu komponen ini rusak akan merembet kepada komponen komponen lain yang memiliki tugas sama. Bukan hanya itu, kocek yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki komponen yang rusak tidak sedikit. 5 komponen ini adalah yang paling utama untuk mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil anda.

1. Bush Stabilizer Bar dan Cushion Stabilizer Sudah Aus

Penyebab pertama dari ban mobil yang berbunyi saat melaju adalah dikarenakan bush stabilizer bar dan cushion yang ada pada stabilizer sudah mulai tipis dan aus. Hal ini biasanya dikarenakan kondisi nya yang sudah lembek termakan oleh usia, termausk pada bagian retain yang ada pada chusion.

Karena gesekan yang sering terjadi membuatnya menjadi rusak. Bush stabilizer biasanya terdiir dari dua bagian yaitu kanan dan kiri. Sedangkan untuk karet cushion, terdapat 4 bagian yang terletak pada stabiliser kiri serta 4 buah yang ada di bagian kanan.

2. Kerusakan Pada CV Joint

Kerusakan yang terjaid pada CV joint juga menjadi penyebab dari munculnya suara suara yang menganggu dari roda depan mobil. Biasanya ini dikarenakan robeknya boot cv joint sehingga membuat pelumas yang ada di CV joint keluar ketika roda sedang berputar. Jika hal ini terus dibiarkan maka tentu membuat cv joint tidak mendapatkan pelumasan dan menjadi kering.

Selain itu kerusakan dari cv joint juga disebabkan oleh adanya air yang masuk ke dalam karet boot cv joint sehingga menimbulkan bunyi yang menganggu. Penyebab lainnya bisa dikarenakan usia cv joint yang sudah terlampau lama sehingga perlu diganti dengan yang baru. (baca juga: Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai)

Untuk mengatasinya, tentu anda harus mengganti dengan yang baru jika disebabkan karena karet boot as yang sudah robek. Anda bisa melihat tanda tanda awalnya dari retak retak yang terlihat di sekitaran karet boot tersebut.

3. Long Tierod Yang Sudah Rusak

Kerusakan yang terjadi pada long tierod juga akan menyebabkan bunyi bunyi yang menganggu dari roda mobil anda. Long tierod ini sangat berkaitan dengan setir dan balancing. Long tierod biasanya berbahan dasar logam dengan fungsi untuk dapat meneruskan gaya belok yang berasal dari kemudi menuju roda roda.

Jika long tierod ini sudah aus, maka tentunya kenyamann akan terganggu karena akan munculnya suara suara yang cukup berisik dan tidak nyaman. Miirp seperti dua buah logam besi yang beradu. Apalagi jika anda mengendarainya dengan kecepatan yang tinggi dapat menyebabkan kestabilan menjadi terganggu.

4. Bearing Roda Sudah Aus

Penyebab lainnya yang membuat bunyi dari roda depan mobil anda adalah diakibatkan bearing roda yang sudah mulai aus. Untuk memeriksa kondisi dari bearing roda yang sudah rusak ini pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan dongkrak, dan dongkar mobil anda hingga ban mobil tidak menyentuh tanah atau lantai.

Kemudian goyang goyangkan roda kanan dan kiri. Jika terasa kocak saat roda digoyangkan ke segala arah, maka menjadi tanda jika bearing mobil anda sudah aus dan rusak. Jika sudah seperti itu, maka anda harus mengganti bearing roda anda dengan yang baru.

5. Bunyi Dari Ball Joint Atas Bawah Mobil

Ball joint merupakan komponen yang digunakan untuk mengubah arah sudut roda. Bagian komponen ini berbentuk seperti bola dan digunakan untuk melindungi dari debu. Banyak kasus dimana suara dari roda bisa berasal dari ball joint yang rusak.

Selain itu, penyebab suara lainnya bisa dikarenakan dudukan dari ball joint yang terdapat pada KNUKLE di depan kaki kaki mobil sudah longgar sehingga membuat ball joint ikut melonggar dan menimbulkan bunyi yang menganggu terutama saat melewati jalanan yang belubang.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT