Home Did You Know? 5 Pabrik Mobil Dunia yang Berdiri di Indonesia

5 Pabrik Mobil Dunia yang Berdiri di Indonesia

Pabrik mobil dunia sekarang beberapa di antaranya sudah berdiri di Indonesia. Sebagian besar memang pabrikan asal Jepang yang sudah melegenda. Mereka tentu saja tanpa alasan mau membangun pabrik perakitan di Indonesia, jika tidak ada sesuatu yang menguntungkan. Ternyata memang benar, para pabrikan mobil tersebut memandang Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk tinggi. Dengan kata lain, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. Ditambah tipikal negara berkembang, biasanya masyarakat memiliki kecenderungan bersifat konsumerisme, yaitu selalu ingin membeli barang-barang sekunder maupun tersier. Mobil bisa digolongkan sebagai barang sekunder. Namun bagi beberapa orang, mobil sudah diibaratkan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Kondisi seperti inilah yang mendorong beberapa pabrikan mobil dunia rela mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Lalu, pabrik mobil dunia apa saja yang telah berdiri di Indonesia saat ini? Berikut sedikit informasinya untuk Anda sekalian simak.

otomotif.news.viva.co.id
otomotif.news.viva.co.id

Toyota Perusahaan yang menaungi pabrikan Toyota di Indonesia, yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sebagian besar varian mobil yang dipasarkan oleh pabrikan Toyota sudah dirakit di Indonesia. Misalnya, merk Yaris, Agya, Avanza, Veloz, Fortuner, dan Innova. Semua merk tersebut lahir di Indonesia karena pihak Toyota Indonesia menyesuaikan dengan kondisi secara menyeluruh dari masyarakat Indonesia dengan mobil yang akan diproduksi. Jadi, harganya pun lebih murah karena sudah diproduksi di dalam negeri. Berbeda jika masih diproduksi di Jepang, tentu saja akan terkena pajak saat masuk ke Indonesia yang membuat harganya melambung tinggi.

www.beritasatu.com
www.beritasatu.com

Daihatsu Pabrik Astra Daihatsu Motor di Indonesia lokasinya berada di kawasan Sunter dan Karawang. Di pabrik tersebut, beberapa merk mobil asal Daihatsu berhasil diproduksi. Misalnya, mobil Xenia, Terios, dan Gran Max. Dalam perakitannya, pihak Daihatsu tidak bisa merekrut karyawan yang ingin dipekerjakan secara sembarangan. Mereka harus melalui uji kelayakan, training, hingga akhirnya bisa bekerja untuk merakit mobil Daihatsu. Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas seperti itulah yang menjamin seluruh produk pabrikan Daihatsu juga bisa bersaing dengan pabrikan lainnya.

www.hargamobilmurah.com
www.hargamobilmurah.com

Honda Honda merupakan salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia. Bukan hanya di wilayah Asia saja, tetapi sudah merambah hingga pasaran Eropa. Sementara itu, pabrik mobil dunia yang satu ini juga sudah berdiri di Indonesia. Lokasi pabriknya di wilayah Karawang yang ternyata memiliki dua pabrik yang saling berdekatan. Hampir semua merk teranyar dari Honda sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Mungkin hanya mobil tipe sedan, seperti Civic yang masih didatangkan utuh dari Jepang. Sementara untuk varian yang lainnya, seperti Mobilio, HR-V, Brio, dan Freed sudah dirakit di Indonesia. Dengan begitu, harga yang dibandrol di Indonesia juga lebih terjangkau bagi Anda sekalian yang menginginkannya.

m.dev.tempo.co
m.dev.tempo.co

Suzuki Suzuki menjadi pabrikan mobil asal Jepang berikutnya yang mendirikan pabrik di Indonesia. Bahkan tidak tanggung-tanggung, mereka telah memiliki empat pabrik mobil di wilayah Cikarang. Hal ini bisa dijadikan bukti bahwa pangsa pasar industri mobil di Indonesia begitu luar biasa. Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan antar pabrikan yang sudah memiliki pabrikdi dalam negeri menajdi lebih sengit. Akhirnya, perang harga pun dimulai. Di mana mobil yang dibandrol dengan harga lebih murah sekaligus kualitas yang tidak mengecewakan, bisa laris manis di Indonesia. Suzuki pun menerapkan strategi semacam itu. Beberapa varian mobil dari Suzuki, seperti Ertiga, Karimun Wagon R,dan Carry sudah dirakit di dalam negeri.

otomotif.news.viva.co.id
otomotif.news.viva.co.id

Marcedes-Benz Marcedes-Benz menjadi satu-satunya pabrikan asal Eropa yang memiliki pabrik perakitan mobil di Indonesia. Pabrikan asal Jerman ini sudah berhasil mendirikan pabriknya yang berlokasi di wilayah Wanaherang, Bogor. Meskipun sudah populer dengan pabrikan mobil mewah, elegan, dan eksklusif, tetapi Marcedes-Benz memandang Indonesia sebagai pangsa pasar yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Buktinya, cukup banyak orang Indonesia yang memiliki mobil Marcedes-Benz dari jenis yang kuno hingga terbaru. Ada beberapa varian dari Marcedes-Benz yang dirakit di Indonesia, seperti model C-Class. Misalnya, C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive, dan C 250 AMG. Itulah kelima pabrik mobil dunia yang juga mendirikan di Indonesia, semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)