Home Did You Know? 5 Tanda Bahwa Alternator Mobil Mengalami Kerusakan

5 Tanda Bahwa Alternator Mobil Mengalami Kerusakan

Alternator adalah salah satu komponen yang sangat vital dan penting pada mobil, terutama dalam sistem kelistrikan mobil. Alternator memiliki fungsi menyuplai arus listrik menuju aki, atau dapat dikatakan jika laternator memiliki fungsi untuk mengisi aki. Jika pengisian aki tidak dapat berjalan dengan lancar, maka tentu saja membuat mobil mogok serta aki menjadi cepat soak.

Meskipun aki atau baterai sendiri memang menjadi alat pacu ketika starter kendaraan dinyalakan. Namun jika alternator mengalami kerusakan maka otomatis aki akan menjadi sumber listrik utama. Dalam sistem kelistrikan mobil, alternator memiliki tegangan yang lebih tinggi dibandingkan aki. Bahkan hampir semua komponen listrik membutuhkan daya dari alternator, mulai dari power stearing, lampu, wisper, komponen injeksi, kipas pendingin mesin, dan lainnya.

Meskipun tanpa alternator mesin mobil masih dapat berjalan, namun ketersediaan muatan listrik pada aki terbatas untuk menghidupkan komponen kelistrikan. Sehingga saat alternator mengalami kerusakan, maka tentu harus segera diperbaiki. Dan ini ada 5 hal yang manyebabkan alternator rusak dan tidak awet.

1. Suara berisik dari balik kap mesin

Alternator yang memiliki motor penggerak sebagai komponen utama dan tersambung dengan sabuk karet, bisa saja mengalami keausan karena kotor. Hal ini bsa menyebabkan bearing alternator mengalami kerusakan atau putusnya diode rectifier alternator. Cirinya adalah suara sangat berisik ketika mobil kondisi netral.

2. Lampu redup

Ketika malam dan sorot lampu mengalami keredupan bisa saja tanda bahwa suplai listrik dari alternator ke aki mulai melemah. Sehingga lampu pun meredup karena arus listriknya kecil.

3. Mobil sulit menyala

Menurut pria yang workshop-nya berlokasi di daerah Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan ini, sulitnya mobil untuk menyala ketika distarter karena lemahnya listik di aki. Sebabnya aki hanya mendapat suplai listrik yang sangat kecil dari alternator.

4. Aki baru, tapi mobil tetap mogok

Walau aki sudah diganti baru tapi mobil tetap tak mau menyala, bisa dipastikan alternator yang rusak adalah sumber masalahnya.

5. Indikator aki menyala

Cara paling mudah mengetahui alternator rusak adalah dengan memantau indikator. Jika lambang aki menyala terus, maka bisa jadi komponen kelistrikan tersebut bermasalah, bisa jadi sumber permasalahan dari alternator.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT