Connect with us

Subscribe

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Memodifikasi tunggangan 4X4 memang nggak ada ujungnya, baik hanya sebatas gaya hidup, tampilan, kegunaan, atau memang demi menunjang kinerja offroad yang lebih baik. Modifikasi untuk kebutuhan offroad tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, anda harus siap berkompromi atas perubahan yang terjadi, mulai dari jenis ban, suspensi, dan perangkat/ aksesoris pendukung lainnya sehingga tunggangan anda memang layak diajak berpetualang di medan offroad. Apa saja hal yang perlu diketahui sebelum memodifikasi tungganganmu? Cekidot.

  1. Lift

Dalam hal ini suspensi lift, terutama berlaku pada sistem suspensi depan independen (IFS) pastinya akan mengubah pengaturan geometri mobil bawaan pabrik. Sebagai contoh, lift 2 inci setidaknya akan menyebabkan perubahan geometri roda dan selanjutnya anda butuh spooring/ wheel alignment untuk dikoreksi. Saat ini beberapa bengkel spooring menggunakan komputer dengan pengaturan standar bawaan pabrik, tetapi bengkel spooring jadul yang masih menggunakan teknik manual sebenarnya adalah pilihan tepat untuk mendapatkan geometri roda yang pas.

Sementara itu, lift lebih dari 2 inci pada IFS biasanya dilakukan untuk penggunaan ban yang lebih besar — diameter lebih dari 33 inci. Jika diperlukan, anda bisa menambahkan differential drop kit/ spacer agar tidak terjadi gesekan dengan fender mobil. Tetapi sebagian penggiat offroad berpendapat komponen ini justru sedikit merepotkan untuk penggunaan offroad ekstrim. Alasannya adalah bahwa dengan menggunakan spacer harus mengganti spindle roda standar pabrik yang terdiri dari sambungan upper ball joint. Disinilah titik kelemahannya, karena spindle rentan patah untuk penggunaan ekstrim.

Perlu ditegaskan bahwa lift dengan ban besar akan mengubah gravitasi mobil. Selain itu juga berpengaruh pada efektivitas electronic stability assists dan akselerasi mobil anda.

  1. Roda

Memang tak ditampik jika ban 35 inci itu terlihat garang dan bebas dari hambatan banjir. Tetapi perlu diingat bahwa ban besar berarti lebih banyak beban yang ditanggung oleh drivetrain, khususnya CV joint depan. Dalam hal ini, jangan berharap CV joint depan akan bertahan sesuai apa yang ditawarkan produsen. Singkatnya lupakan garansi.

Pilihan yang paling tepat adalah ban berukuran 32-33 inci. Sekali lagi, ini hanya berlaku untuk sistem IFS. Tetapi saat ini ada pula kendaraan yang masih dibekali gardan depan solid, yang diklaim lebih awet dan lebih fleksibel terhadap ban berukuran besar meskipun ada batasannya. Velg alloy aluminium akan sangat meringankan tugas roda dan CV joint.

  1. Traksi

Hampir semua kendaraan 4×4 yang beredar di pasaran saat ini dibekali electronic traction control dan rear differential locks yang kini menjadi model standar pabrikan. Sementara kendaraan offroad sejati, penting memiliki locking differentials untuk gardan depan supaya mendapatkan traksi maksimal. Pula yang tak kalah penting adalah cara menggunakannya dengan benar dan pada waktu yang tepat. Jika anda tidak dibekali cukup pengetahuan dan pengalaman maka akan menyebabkan kerusakan serius pada drivetrain.

  1. Winch dan aksesoris

Siapapun mungkin dapat membeli winch semahal apapun yang dilengkapi dengan bar, bumper khusus winch maupun aksesoris pendukung namun tidak sesederhana itu. Menambahkan winch dan dudukan winch setidaknya akan menambah bobot setidaknya 200 lbs atau sekitar 90 kg di bagian paling depan kendaraan, dimana akan mengubah dinamika berkendara. Hal ini harus diimbangi dengan upgrade suspensi depan untuk menanggung bobot tambahan.

  1. Snorkel

Selain perlengkapan recovery, snorkel/ air intake menjadi kompenen wajib yang tak boleh ditinggalkan, sangat efektif digunakan saat melintasi air. Mengenakan snorkel berarti membuat lubang pada bodi kendaraan anda, dimana dalam jangka panjang akan menyebabkan korosi disekitar area lubang.

  1. Bodi protektor

Roll cage atau bodi armor bisa menjadi alternatif untuk melindungi bodi kendaraan anda. Tak hanya winch tetapi perlu diingat bahwa protektor ini tentunya juga akan menambah bobot kendaraan, mempengaruhi kinerja mesin, dan kelincahan dalam berkendara. Jika digabungkan antara bobot winch dan bodi protektor, akan menambah bobot kendaraan paling tidak sekitar 150 kg.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Biodiesel

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan