Home Did You Know? 7 Hal yang Tidak Akan Membuat Mobilmu Melaju Kencang

7 Hal yang Tidak Akan Membuat Mobilmu Melaju Kencang

Pada saat ini mobil kencang memang masih menjadi idaman bagi beberapa orang, terutama bagi anak muda jaman sekarang. Berbagai cara utuk meningkatkan performa mobil agar menjadi lebih kencang, mulai dari porting polish, penggantian part aftermarket dan, modifikasi ekstrim yang banyak digunakan untuk mobil balap. Namun tahukah anda bahwa terdapat beberapa hal yang dapat dibilang mabadzir atau tidak berdampak signifikan jika diterapkan pada mobil anda ? simak berikut ulasannya.

1.Rear Wing

Jika kita melihat mobil balap dilintasan, akan dipastikan hamper semua menggunakan rear wing, alasan penggunaan rear wing pada kasus ini adalah untuk memberikan gaya ke bawah atau downforce untuk mengurangi daya angkat (lift) yang timbul pada saat kecepatan mobil tinggi, selain itu rear wing mampu membantu meningkatkan handling dengan cara meningkatkan efek aerodinamis kendaraan yang dimiliki.

7-4

Namun pada saat ini banyak pengendara mobil yang salah kaprah dengan menganggap pemasangan rear wing yang membuat mobil kesehariannya dapat berlari lebih kencang. Perlu di ingat bahwa penggunaan rear wing pada mobil keseharian anda sebenarnya tidak tepat karena akan semakin membebani kinerja mesin mobil.

7-52. Short Ram Intakes

Adalah salah satu part aftermarket yang banyak beredar di pasaran, dengan tampilan yang menarik dan beberapa orang juga mengklaim dapat membuat mobil anda lebih kencang. Short Ram Intake sebenarnya hanya akan memberikan asupan udara yang masuk ke ruang pembakaran panas karena letaknya yang sangat dekat dengan mesin, namun hal tersebut tidak akan terjadi jika mobil anda telah dilengkapi dengan intercooler tambahan.

7-63. Memperbesar Muffler

Seperti yang kita ketahui muffler atau biasa disebut knalpot merupakan komponen  mobil yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin. Knalpot juga memberi peran penting untuk mendukung performa mesin.

7-2

Hingga kini banyak yang menganggap mengganti muffler dapat meningkatkan performa mesin. Namun tanpa perhitungan yang pasti penggantian muffler hanya akan mengakibatkan performa mesin jeblok.

Untuk mendukung performa mesin, sebenarnya penggantian bukan hanya dilakukan pada muffler melainkan pada exhaust sistem yang terdiri dari header, catalityc converter, center section, tailpipe atau muffler. Dengan melakukan penggantian seluruh bagian tersebut akan menghasilkan saluran gas buang yang lebih maksimal. Selain itu perlu diperhatikan pula penggunaan kualitas piping/pipa, karena piping harus mampu melepaskan seluruh sisa gas buang dengan cepat, dan juga diameter piping harus disesuaikan secara tepat.

4. Bahan bakar yang digunakan

Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah sumber tenaga bagi kendaraan kita, seperti halnya manusia membutuhkan makan baik nasi, roti, oat, dll. BBM juga terdapat banyak macam jenis, di Indonesia sendiri BBM yang marak digunakan adalah premium, pertalite, pertamax. Dengan kandungan octane yang berbeda tentunya memiliki peruntukan tersendiri. Semakin besar spesifikasi mesin tentunya semakin besar pula octane yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran yang sempurna.

7-7

Namun banyak yang beranggapan bahwa pemakaian bahan bakar dengan octane tinggi dapat menambah performa mesin, itu salah bro. Yang jelas jika pemakaian BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin maka pembakaran yang terjadipun akan maksimal sehingga pembakaran terjadi dengan sempurna. Mungkin yang beranggapan penggunaan BBM berkualitas dapat menambah performa mesin sebelumnya menggunakan BBM yang kurang bagus kali ya, sehingga pada saat menggunakan BBM yang sesuai mesin dapat berjalan dengan sempurna dan pengguna pun kaget, hehe

5. Massive Bodykit

Penggunaan bodykit memang marak digunakan pada mobil-mobil modifikasi, namun percayalah. Penggunaan bodykit yang tidak sesuai sebenarnya hanya akan menambah beban jika dipasang pada mobil standar keseharian.

7-1

Perlu diketahui, penggunaan bodykit pada mobil balap adalah untuk memaksimalkan aerodinamis body sehingga mobil lebih stabil jika dipacu pada kecepatan tinggi. Jadi penggunaan bodykit pada mobil harian dapat dikatakan useless, atau mungkin hanya menambahkan kesan gahar namun tidak menambah performa mobil.

6. Mengecat caliper rem

7-9

Memang banyak cara untuk meningkatkan performa mesin, namun untuk hal satu ini tidaklah berpengaruh terhadap performa mesin. Melainkan untuk mendukung tampilan mobil menjadi lebih gahar kali ya, hehee….

7. Menambahkan sticker

Penambahan sticker memang marak digunakan untuk mengejar tampilan trendy mobil, namun percayakah jika penambahan stiker pada mobil dapat menambah performa mobil???

7-10

Mungkin itu hanya sugesti dari beberapa orang yang mobilnya mengadopsi livery mobil balap pada mobilnya sehingga merasakan adrenalinnya kali yaa, hehe….

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)