Home Did You Know? Adhi ‘Jureq’ Sardjan: Drift… Harga Mati Buat Gue (part 1)

Adhi ‘Jureq’ Sardjan: Drift… Harga Mati Buat Gue (part 1)

Halo, gue (Jureq) balik lagi di rubrik did you know. Kali ini gue bakal cerita sedikit tentang BMW E30 punya gue yang sampe sekarang jadi kendaraan gue sehari-hari sekaligus mobil drift gue kalo lagi ada event drift kecil-kecilan di Jakarta. Mungkin bukan sesuatu yang istimewa buat para pembaca, tapi disini gue cuma mau sharing tentang mobil yang dianggap tidak mungkin untuk ngedrift menjadi sangat memungkinkan.

Jureq, Build E30, Indonesia keren 1

OK, bermula pada awal tahun 2000, nyokap beli bmw E30 318i 1989 ini karena memang suka dengan mobil ini, sebelumnya mobil ini dibeli karena saat gue adek dan kakak masih buat antar sekolah, sebelumnya memakai BMW E10 2002 tii, dikarenakan 2 pintu dan susah naik turun buat nganter anak sekolah yang akhirnya harus istirahat dulu sementara di garasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Dan di saat itu gue juga suka nyolong-nyolong nyetir mobil ini karena pada umurnya anak ababil itu doyan ngebut (hahahahaha) bisa 180km/h udah bangga. Tapi di tahun 2004, mobil ini sudah mulai keliatan capek, sering kenabanjir kalau lagi jemput di sekolah Tarakanita Pulo Raya Jakarta Selatan, di tambah bokap yang sibuk banget dengan kerjaan mobil lainnya, sampai mobil sendiri aja enggak keurus sama sekali. Sempet kejadian timing belt putus di tol Depok, sampai akhirnya harus narik pulang kerumah. Pernah Juga kena tabrak beruntun, walaupun yang nabrak dan ketabrak rusak berat, mobil ini  cuma pecah plastik bempernya saja.
Nah tahun 2005 dibeli lah Jeep Cherokee, mulai makin enggak keurus lagi nih mobil karena ada mainan baru, sampai pas gue masuk kuliah gua perlu mobil karena udah mulai rebutan sama kakak, nyokap, atau bokap.
Jureq, Build E30, Indonesia keren, jeep drifter
Awal mulai drifting gue masih main pake mobil FWD (penggerak roda depan) sampai 1 th, dan awal mula anak-anak ngedrift di Pondok Indah gue juga udah main disana dengan nubie-nubie pada jamannya. Di 2005 mulai awal-awalnya gue drifting pake Jeep (makanya IG gue namanya @jeepdrifter) karena basic 4000cc automatic dan LSD, karena sangking isengnya sampe dimanapun ada tikungan tinggal gas aja udah bisa ngepot. Oke stop! Enggak usah diterusin ya, nanti BMW jadi enggak seru….
Jureq, Build E30, Indonesia keren 3
Photo by: Alrizky Marin0
Akhirnya mulai lah gue pake ini mobil sendiri, sebetulnya udah males karena cat udah mulai panuan, mau ngajakin cewe gengsi, sampe temen aja miris ngeliatnya. Mulai lah mobil ini bertapa dipertengahan 2006 sampai 2013. Kemudian ditahun 2007 pengen banget pakai mobil ini, tapi kok ada kropos dari fender bawah bagian dalam kiri kanan, dek kiri kanan, fender belakang kiri kanan, bawah bagasi kiri kanan jadi bingung “musti gue apain mobil ini”. Sedangkan pada th 2007 gue blom bisa ngelas asetilin, cuma bisa bongkar pasang. Ditahun itu juga gue akhirnya nekat untuk nyetel mobil temen walau masih sok-sokan tau doang, sampai belajar nyetel ecu mobil, sambil pelan-pelang coba nyetel mobil sendiri sampai belajar ngelas sampai luka-luka karena masih ceroboh. Akhirnya body selesai di las dan di cat dasar pada tahun 2009.
Jureq, Build E30, Indonesia keren, cressida, toyota
photo by: Ardian Pradana
Jureq, Build E30, Indonesia keren, toyota Cressida
Kegiatan itu bener-bener menguras waktu, kupu – kupu (kuliah pulang) hanya untuk main mobil, pernah pacaran sih, tapi..ya gitu deh, terakhir-terakhirnya pacaran lagi sama mobil hahahahahaa….. Balik ke BMW gue, akhirnya tahun 2012 dimulai lah ngerjain serius mobil ini setelah gue sukses bangun Cressida mesin 3SGTE milik Baginda Jaya buat drifting.
Duit dari mana gue bisa ngerjain mobil? Saat itu gue pernah menang juara 1 event drift HIN di Senayan, dengan hadiah coil over ISC, dan perlengkapan balap, sepatu, balaclava, dan sarung tangan. Semua itu akhirnya gue jual. Coil over Cefiro ke Ikhsan Utama dan ke customernya senilai kalau di total-total laku 12juta-an dan dari situ mulai lah petualangan mobil ini, dengan memebelanjakan semua uang ke parts yang di butuhkan mobil ini.
Jureq, Build E30, Indonesia keren 2
Feb 2013 untuk pertama kalinya si E30 kluar kandang dengan tampang seadanya, kabel berantakan, baut belum banyak yang di kencangkan, dll tapi perlahan-lahan di rapihkan satu persatu.
Jureq, satu persatu perbaikan, BMW E30 Drift, build
(to be Continue…..)
Contributor by: Adhi ‘Jureq’ Sardjan
Source photo by: Adhi’ Jureq’ Sardjan Facebook
INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • ditto

    Gak sabar buat tau cerita selanjutnya. Nice story bos 😉