Home Did You Know? Adhi ‘Jureq’ Sardjan: Drift… Harga Mati Buat Gue (part 3)

Adhi ‘Jureq’ Sardjan: Drift… Harga Mati Buat Gue (part 3)

Halo, gue akhinya muncul lagi nih setelah sekian lama sibuk dengan pekerjaan bengkel K18 Engineering gue yang akhir-akhir ini suka mengalihkan perhatian gue (hahahaha). Langsung ke pokok pembicaraan, dari artikel terakhir gue, mungkin ini adalah artikel terakhir yang bakal ngebahas tentang ekperimen gue.

Pada artikel terakhir gue pakai mobil ini (E30) di event drift dan sekaligus latihan perdana yang mobil bener-bener dalam kondisi standar, akhirnya gue menemukan banyak hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti bunyi pada kaki-kaki depan belakang. Maklum kaki-kaki standart gue paksain buat ngedrift sampe miring-miring banget.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 16

Nah dari kejadian itu lah gue memutuskan untuk mengganti kaki-kaki depan dengan miliknya BMW E36 323i dan kaki-kaki belakang dengan menggunakan custom shock dan per seperti yang gue bahas di artikel sebelumnya.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 17

Okey, masalah kaki-kaki selesai, kemudian gue mulai konsen kebagian mesin. Pertanyaannya adalah, gimana cara upgrade mesin dengan minimalis namun hasil signifikan. Awalnya sih gue berencana swap engine, tapi kok lama kelamaan gue asik banget main dengan mesin yang dikatakan banyak orang seperti mesin jahit. Jelas saja, mesinnya bunyinya seperti mesin jahit kok, dan enggak bisa hilang. Yah, disisi lain gue sebenernya juga mau ngebuktiin kalau mesin berbasis M40 ini bisa “Go Mad” tanpa harus swap engine seperti ke M42B18 / M44B19 yang banyak disukai para Bimmer.

Secara perlahan gue bisa ngebuktiin bahwa mesin “cupu” ini bisa di pakai buat ngedrift. Dan terbukti di Slide Fest 2014 dimana disitu gue pertama kalinya kenal dengan si empunya Fastnlow, Adityo Rahadi setelah melihat mobil E30 ini bisa drifting dengan cakepnya. Dan untuk pertama kali itulah E30 gue masuk ke dalam Fastnlow.net

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 4

Ok, masuk ke bagian teknis, dan gue akan membicarakan di sector Cylinderhead dulu. Beberapa orang bilang mesin M40 bisa menggunakan Roller Rocker M43 (masin bawaan E36 318i) tapi cuma bilang aja, karena setelah gue cek dibeberapa forum enggak ada yang bahas upgrade ini. Di luar negeri mesin M40 sama sekali enggak berguna, di banding M44.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 5

Kemudian gue cari di forum Indonesia, yang ada cuma pembahasan bahwa dia sudah ganti Roller Rocker M43 aja. Dia enggak ngebahas tentang cara penggantiannya dll. Alhasil gue nekat untuk cari tahu sendiri sampai berhasil, yang ternyata semua per klep dan retainernya harus diganti dengan M43. dan ternyata ini adalah rahasia dibalik hilangnya suara mesin ketik itu.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 10

Setelah Roller Rocker M43 sudah terpasang cantik, gue tambahin dengan masukin cam M43 juga. Alasannya adalah untuk memaksimalkan performa mobil karena sudah menggunakan Roller Rocker M43 yang otomatis akan ada profil yang berbeda apabila tetap memaksakan menggunakan cam M40 (standart-nya). Yah walaupun perlu sedikit modifikasi biar cam ini bisa masuk ke head M40. Yang dimana perlu ada penggantian kepala cam (Kiri cam asli M40, kanan cam M43 yang sudah di ganti kepala).

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 3Dan alhasil adalah mobil memiliki tenaga yang lebih besar. Perumpamaannya adalah mesin M43 digunakan untuk mobil yang bobot nya berat dari E30, sehingga part yang diciptakan memang untuk mendongkrak tenaga mobil berbobot berat. Nah sekarang beberapa komponen mesin dimasukkan kedalam mobil yang lebih ringan, alhasil? Hehehe sudah bisa kejawab sendirikan?

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 15 Razer edward adiwinata

Setelah beberapa saat gue cukup tenang dengan ubahan ini, seorang teman bernama Edward Adiwinata menawarkan sebuah produk yang tujuannya untuk meningkatkan performa dengan cara menyempurnakan arus udara yang masuk ke intake.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 14

Gue rasa layak dicoba. Razer, semacam TB (Throttle Body) extension namun didalamnya ada alur yang memutar. Tujuannya adalah agar udara yang masuk akan mengalami turbulensi dan akhirnya dapat memadatkankan udara dengan baik.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 12 big TB M50B25 kanan

Tapi karena gue bakal masukin Raser yang ukurannya besar, jadinya gue harus ngepasin dengan TB yang lebih besar. Setelah searching gue memutuskan untuk pake milik M50B25 yang diameter bolongannya 8mm lebih besar dari pada aslinya M40 yang cuma 58mm.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 13 big TB + converter intake

Karena akan menggunakan Raser, dudukan di Intake harus gue kasih tambahan. Yah seperti inilah kurang lebih hasilnya.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 14 alahasil razer + big TB + converter intake

Dan ternyata hasilnya torsi mobil gue nambah, dan itu kerasa banget. Cool…

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 1

Enggak puas dengan eksperimen seperti ini, gue terusin ke open air filter yang bener-bener open. Yang dimana gue harus merelakan high beam lamp yang sebelah kanan di copot.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 11 cold air intake

Penjelasannya adalah, gue bikin corong yang mengarahkan udara segar dari luar langsung masuk ke filter udara. Teorinya adalah sensor temperatur udara dimesin dari panasnya udara yang tersedot ke dalam mesin.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 8

Kemudian, apakah solusi ini bakal bikin mobil jadi lebih kenceng? Jadi udara yang disedot langsung akan lebih dingin dari ruang mesin, sehingga sensor temperatur udara membaca lebih dingin yang diteruskan ke ECU agar timing mesin berubah menjadi lebih advance, alhasil mesin bakal terasa lebih ringan kalau di bejeg.

JUREQ GT RADIAL E30 M40 MODIFIKASI MESIN 7

Nahh, itulah 3 seri penjelasan tentang membangun E30 milik gue yang kata orang banyak tidak mungkinnya untuk membangun mesin M40 menjadi mesin yang bringas. Dan gue berhasil membuktikan dengan menjadikan mobil ini proper disegala situasi.

Mau buat drifting bisa… mau diajak jalan buat pacaran bisa.. mau dipakai Mama gue buat ke pasar juga enggak khawatir.

Tunggu gue di artikel-artikel lainnya yak.

 

 

foto source: Adhi Sardjan Facebook

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)