Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Akibat yang Ditimbulkan Apabila Coil Rusak

Biasanya diawal mesin dihidupkan mengalami delay yang lama, dan salah satu peyebabnya adalah coil tidak bisa lagi membangkitkan tegangan yang besar ke busi. Oleh karenanya kita harus tahu gejala – gejala apa saja yang ditimbulkan oleh kerusakan pda coil pengapian. Adapun gejala – gejala yang ditimbulkan karena rusaknya coil pengapian adalah sebagai berikut :

1. Backfire ( Pembarakan Yang Terlambat )

Ini adalah gejala paling awal yang bisa anda identifikasi dengan mudah. Ciri – ciri ini bisa anda lihat pada gas buang yang keluar dari ujung kenalpot yang bewarna hitam pekat serta bau bahan bakar mentah yang masih ada. Jika hal ini terjadi segeralah perbaiki ke bengkel terdekat. Jika diabaikan maka kerusakan bisa saja merambat pada komponen lain dan jika terlalu lama dibiarkan maka bisa saja merusak sistem pembuangan pada mesin.

2. Misfiring ( Pembakaran yang tertunda )

Ciri – ciri ini bisa dirasakan dari suara mesin yang terkadang meledak – ledak pada kecepatan rendah, sedangkan pada kecepatan tinggi terkadang terjadi hentakan pada mesin ( nyendat ). Ini akan mengakibatkan mobil anda tidak bertenaga. Bukan hanya itu saja, mesin juga akan kesulitan mendapatkan putaran idle yang sempurna.

3. Mesin Susah Hidup Saat Di Stater

Seperti pada keterangan diatas bahwa fungsi dari tegangan coil adalah untuk mensuplai tegangan ke busi. Jika tegangannya kecil, maka busi juga tidak akan mampu membakar campuran udara dan bahan bakar. Lebih parah lagi jika dalam kondisi mesin masih dingin, ini akan sangat sulit bagi mesin untuk hidup. Akibatnya kita harus berulang – ulang menstater mesin.

4. Lampu Check Engine Menyala

Pada beberapa jenis mobil, kerusakan pada coil dapat diketahui dengan hidupnya lampu check enggine pada saat mesin sudah berputar. Jika hal ini terjadi, maka untuk mengetahui kode kesalahan yang terjadi harus menggunakan scan tool.

5. Konsumsi Bahan Bakar Yang Boros

Sudah jelas jika pembakaran yang terjadi tidak sempurna, maka suplay bahan bakar akan tetap sama. Namun tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang. Oleh sebab itu, efisiensi penggunaan bahan bakar akan sangat boros.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

5 Tren Mobilitas Urban Di Masa Depan – Part 2

Did You Know?

Apa Itu JDM? Apakah semua mobil Jepang itu JDM?

Did You Know?

Evolusi Dibalik Logo BMW & Faktanya – Part 2

Did You Know?

Kenapa Selalu E36? Ini Jawabannya

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan