Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Aksi Demo Terhadap General Motor Ternyata Bukan Kali Pertama

Aksi demo sebanyak 49.000 pekerja yang juga merupakan anggota dari United Automobile Workers (UAW) melakukan mogok kerja terhadap automaker kawakan Amerika Serikat — General Motor (GM). Aksi mogok kerja ini berlangsung sejak pertengahan September, tepatnya 16 September 2019 dan masih berjalan memasuki minggu ketiga karena belum menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak. Menurut laman Fox, aksi demo dilakukan di salah satu fasilitas GM di Michigan dan Ohio.

Para demonstran terdiri dari pekerja full-time yang berasal dari 31 perusahaan GM yang tersebar di AS dan 21 perusahaan lainnya yang tersebar di sembilan negara bagian. Hal ini dipicu karena serikat pekerja menginginkan upah per jam lebih tinggi, tunjangan kesehatan, dan keamanan kerja. Pihak UAW juga meminta agar GM memberi kepastian terhadap pekerja sementara sebagai pekerja tetap.

Tak banyak yang tahu bahwa aksi mogok kerja terhadap GM saat ini bukanlah pertama kalinya, aksi yang sama pernah terjadi pada 12 tahun silam tepatnya tahun 2007. Tetapi tahukah kalian, jauh sebelum ini demo besar-besaran terhadap GM pernah terjadi beberapa kali, tak tanggung-tanggung bahkan ada yang berlangsung hampir empat bulan. Berikut kilasannya.

30 Desember 1936 – 11 Februari 1937

Semua orang pasti mengakui GM adalah produsen mobil terbesar di dunia dan AS kala itu, sementara UAW adalah serikat pekerja yang terorganisir. Pekerja GM di Flint, Michigan, mengatur aksi protes secara perlahan dengan cara memperlambat produksi dari 50.000 unit pada Desember menjadi 125 unit pada Februari. Tercatat ada 140.000 pekerja melakukan aksi protes selama 44 hari, kedua belah pihak melakukan tawar menawar terkait upah bulanan. Akhirnya GM menetapkan pekerja mendapat kenaikan gaji sebesar 5% dan diizinkan untuk berbicara di ruang makan.

1945-1946

Selama Perang Dunia II berlangsung, serikat pekerja menunda tuntutan mereka demi kepentingan persatuan nasional. Ibarat bom waktu, tekanan kerja yang terpendam menghasilkan gelombang dahsyat dari para pekerja dan akibatnya 320.000 buruh GM mogok kerja secara nasional selama hampir 4 bulan, tepatnya 113 hari. Kejadian ini tercatat sebagai aksi mogok kerja terlama terhadap GM. Sebagai pencapaian penting serikat pekerja menuntut kesejahteraan berupa peningkatan upah, tunjangan kesehatan, jatah cuti dan pesangon pensiun.

1970

Hampir 350.000 anggota serikat walk-out dari General Motor yang berlangsung selama 67 hari dan mengguncang perekonomian negara. Menurut Wall Street Journal, jumlah demonstran terdiri dari 321.510 pekerja GM di AS dan 22.100 di Kanada. Selain upah yang lebih baik, UAW mengupayakan perlindungan inflasi, tunjangan pensiun yang lebih baik dan hak untuk pensiun setelah bekerja 30 tahun.

1998

Setelah kurun waktu hampir tiga dekade, kembali terjadi aksi mogok kerja selama 54 hari oleh 9.000 pekerja di Flint, Michigan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya produksi stok suku cadang dan berimbas pada penutupan 30 pabrik perakitan GM. Yaps, meski jumlah demonstran tak sebanyak tiga dekade sebelumnya namun memiliki imbas yang signifikan. GM terpaksa harus kehilangan lebih dari 2 miliar dolar profit sebelum mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja. GM memenuhi tuntutan tetapi dengan syarat meningkatkan produksi 15% per hari dari sejumlah pekerja.

2007

Aksi demo sebanyak 73.000 pekerja selama dua hari lagi-lagi menyebabkan kerugian besar bagi GM, akibatnya mempengaruhi proses produksi 80 fasilitas GM yang tersebar di AS. Demonstran menuntut dana perwalian perawatan kesehatan dan meminta skala upah berjenjang dimana karyawan baru mendapat upah secara substansial kurang dari veteran.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan