Home Did You Know? Apa Itu Anti-Lock Braking System (ABS)?

Apa Itu Anti-Lock Braking System (ABS)?

Musim hujan telah tiba di Indonesia. Tidak hanya harus lebih sering memperhatikan kebersihan mobil, Anda juga harus lebih hati-hati berkendara dalam medan yang berubah karena hujan, terutama kondisi jalan yang lebih licin dan pandangan yang lebih terbatas. Pada kondisi ini seringkali pengemudi melakukan kesalahan yang berakibat pada kecelakaan terutama dalam mengontrol kecepatan dan mengerem. Untungnya, dunia telah mengenal sebuah teknologi pengereman yang canggih untuk menghadapi medan yang licin. Teknologi tersebut bernama Anti-Lock Braking System atau biasa disingkat ABS.

Pada dasarnya ABS adalah sistem pengereman pada kendaraan bermotor yang ditujukan untuk menghindari terjadinya roda mengunci pada saat dilakukannya hard braking sehingga mobil yang terpaksa mengerem mendadak dan keras masih bisa dikontrol untuk melakukan manuver menghindar. Bedanya dengan rem biasa, ketika melakukan pengereman (terutama hard braking) rem biasa cenderung berusaha menghentikan total laju ban yang mengakibatkan gesekan ban pada jalan tidak sempurna sehingga berujung pada terjadinya selip yang menyebabkan mobil sulit dikendalikan bahkan terguling.

Rumit? Gambaran visualnya sistem ABS bisa dilihat di video di bawah ini:

Sistem cerdas ABS membagi kekuatan pengereman pada tiap ban secara seimbang dan proporsional. Sistem ABS dilengkapi sensor, modul, dan komputer yang terintegrasi dengan Electronic Control Unit (ECU) dengan fungsi utama mengatur keseimbangan pengereman pada tiap roda sehingga tidak ada roda yang melambat lebih cepat yang menyebabkan selip pada kendaraan. ABS mampu memerintahkan piston rem untuk mengendur dan mengencang dalam mengontrol pengereman tiap ban dengan kecepatan sampai 15 kali per detik.

Hasil penelitian dari Monash University menunjukkan bahwa ABS berhasil mengurangi tingkat tabrakan terhadap kendaraan lain dan pejalan kaki dari mobil yang dilengkapi ABS. Kemudian penelitian tersebut juga menyampaikan kalau kemampuan berhenti dari ABS lebih stabil dan cepat terutama pada jalan berair, salju, dan es. Ini yang membuat ABS sangat baik digunakan terutama pada musim hujan seperti di Indonesia sekarang ini

1961 ferguson p99 f1 4wd - peter westbury
Ferguson P99

download
Jansen FF

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Ford Zodiac

Bagaimana sejarah ABS yang penting dan bermanfaat banget ini? Sistem ABS disebut-sebut ditemukan pada tahun 1950-an oleh seorang ahli penerbangan yang berusaha menemukan rem untuk roda pesawat bernama Gabriel Viosin dari Perancis. Penerapan pada mobil baru terjadi di tahun 1960 pada mobil jet balap Ferguson P99, Jensen FF, dan Ford Zodiac. Kemudian baru pada tahun 1971 Chrysler dan Bendix Corporation menciptakan ABS moderen yang terkomputerisasi dengan nama Sure Brake. Hingga akhirnya di tahun 1978 Bosch dan Mercedes-Benz menyempurnakan ABS dengan sistem elektronik 4-wheel multi-channel pada Mercedes-Benz S-Class.

Di Indonesia sendiri ABS sudah diterapkan di berbagai mobil meskipun masih banyak mobil yang belum dilengkapi ABS. Jadi, penting banget untuk Anda yang tahu info ini untuk lebih perhatian dalam memilih mobil. Pilih mobil yang dilengkapi ABS karena keselamatan berkendara itu penting untuk Anda, orang yang berkendara bersama Anda, dan tentunya orang-orang di sekitar Anda.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)