Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Apa Penyebab Air Pada Aki Bisa Berkurang?

Pertama yang perlu kalian pahami bahwa aki itu dapat menyimpan arus listrik (charging) dan melepaskan arus listrik (discharging) karena ada reaksi kimia yang melibatkan cairan asam sulfat dan plat Pb. Reaksi kimia didalam aki ini memang terbilang rumit jadi anda tidak perlu mempelajarinya, anda cukup memahami bahwa saat proses charging serta discharging terjadi maka air aki dalam hal ini asam sulfat yang berperan sebagai air aki akan mengalami reaksi kimia.

Ketika reaksi kimia ini berlangsung maka suhu air aki akan mengalami peningkatan. Peningkatan suhu ini dapat memicu penguapan air aki. Namun dalam kondisi yang normal penguapan air aki ini berlangsung sangat lambat, sehingga air aki dapat terlihat kurang itu setelah waktu 6 bulan hingga 1 tahun.

Sekarang kalau kondisinya air aki cepat sekali berkurang bahkan dalam 1 bulan saja kita harus mengisi ulang air aki mobil, maka itu pertanda bahwa ada masalah tapi bukan pada akinya melainkan pada sistem pengisian mobil.

Hal tersebut dikarenakan, faktor yang mempercepat penguapan air aki adalah overcharge. Overcharge adalah kondisi dimana aki terus di charge ketika sudah full. Memang dinamo ampere mobil akan terus menghasilkan arus listrik meski aki sudah full. Tapi ada satu komponen yaitu regulator yang akan menghambat suplai arus listrik dari dinamo ampere ketika aki sudah full charged. Ketika terdapat kerusakan pada regulator, maka ada dua masalah yang muncul.

  • Sistem pengisian tidak masuk (aki tidak terisi)
  • Overcharge

Kalau overcharge, maka aki menjadi semakin panas sehingga air aki dapat menguap lebih cepat. Untuk mengatasi masalah air aki yang cepat habis ini, kalian perlu mengecek kondisi regulator. Regulator umumnya terletak didekat dinamo ampere atau bahkan menyatu dengan dinamo ampere. Jadi kalau mau servis regulatornya, kalian harus melepas dinamo amperenya.

Kalian bisa melepas dinamo ampere sendiri kalau ada alatnya lalu setelah dilepas, bawa ke bengkel spesialis dinamo untuk di cek. Atau kalau tidak ingin ribet, kalian bisa membawa mobil anda ke bengkel tapi dengan biaya yang lebih mahal tentunya.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan