Home Did You Know? Apa Sih Header?

Apa Sih Header?

Mungkin kawan-kawan sudah tau apa itu exhaust atau dikenal sebagai knalpot. Exhaust atau knalpot ini banyak bagian-bagiannya, dan banyak yang menyebutnya dengan berbeda nama. Bagian-bagian exhaust ada header, downpipe, frontpipe, centerpipe dan muffler. Itu adalah sebutan bagian-bagian dasar dari exhaust, untuk mesin lama, masih menggunakan header, frontpipe, centerpipe dan muffler. Berbeda dengan mobil sekarang yang header sudah menjadi 1 bagian di head mesin, sehingga mereka hanya menggunakan downpipe, frontpipe, centerpipe dan muffler.

full exhaust

Disini kita akan membahas header, bagaimana bentuk, ukuran dan kegunaan dari header. Header berfungsi untuk saluran pembuangan yang dimana dihitung sedemikian rupa untuk menjaga tendangan balik dari gas buang mesin dan meningkatkan performa dari mesin tersebut. Header terdapat 2 model untuk mesin 4 silinder yaitu 41 dan 421. 41 itu bagaimana? 41  itu dari 4 pipa / 4 silinder langsung menjadi 1 pipa. Header model ini di buat agar nafas mesin lebih pendek, dan konfigurasi ini akan menolong tenaga mesin di putaran atas atau merata. Konfigurasi header ini akan menghasilkan power yang lebih besar dibandingkan header 421.

header 41 1

Untuk 421, 4 pipa dari masing-masing silinder tidak langsung menjadi 1, tetapi dari 4 pipa dijadikan 2 pipa dulu baru dijadikan 1. Konfigurasi header ini memiliki karakteristik nafas mesin jadi lebih panjang, sehingga perlu track yang lebih panjang. Selain itu header ini lebih memusatkan di putaran bawah, meski power yang dihasilkan header ini lebih kecil, tetapi torsi yang dihasilkan lebih besar dibandingkan dengan header 41.

header 421 1

Selain ada konfigurasi 41 dan 421 terdapat juga 41 pendek dan 41 panjang. Apa maksud dan kegunaannya? Nah maksudnya, panjang dan pendek tersebut adalah panjang atau pendeknya pipa header. Seperti contoh 41 pendek memiliki pipa header yang lebih pendek, konfigurasi ini akan menghasilkan atau lebih enak diputaran atas, sehingga dengan mesin standar tetapi akan di pakai untuk putaran atas lebih enak menggunakan 41 pendek. Untuk 41 panjang, pipa header lebih panjang yang berakibat mesin ini akan enak di putaran menengah keatas karena gas buang lebih lama mengisi header tersebut dibandingkan dengan 41 pendek.

header 41 panjang

Sekarang sudah tau kan gimana bentuk-bentuk dari header pada exhaust. Semua itu tergantung yang pakai lebih suka tenaga diputaran mesin mana dan lebih senang torsi lebih besar atau power yang lebih besar, selain tergantung yang pakai, konfigurasi ini juga tergantung dengan kondisi jalan atau track. Selain itu, kita juga lihat spek dan kemampuan mesin kita. Saya kasih contoh mobil saya, Honda Jazz IDSI yang sudah mengeluarkan torsi cukup besar di putaran bawah. Dengan spek mobil seperti itu, lebih enak menggunakan header 421 agar torsi dibawah akan lebih besar lagi. Sekarang sudah tau kan gimana itu header dan bisa menentukan sendiri kan mau menggunakan konfigurasi header yang bagaimana di mobil kawan-kawan.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)