Home Did You Know? Apa Sih Tugas Co-Driver Itu?

Apa Sih Tugas Co-Driver Itu?

Kalau dilihat dari event yang sedang marak di Indonesia, seperti Speed Offroad dan Rally, seorang pembalap untuk menjadi pemenang tidak terlepas dari kerjasama tim. Mulai dari kerjasama dari para mekanik, hingga kerjasama antar pembalap dan navigatornya.

Seorang pembalap bisa dibilang bukan apa-apa tanpa adanya navigator. Sebetulnya seberapa pentingkah peran navigator dalam beberapa cabang olahraga otomotif ini?

IXOR 2015 julian johan fastnlow bsd  5

Co-driver memiliki peran yang sangat penting bagi seorang driver. Sesuai dengan fungsinya sendiri, co-driver atau navigator ini harus benar-benar paham kondisi mobil yang digunakan. Bahkan lebih dari itu, dia juga harus memahami sifat si driver yang akan berada disampingnya. Si co-driver ini juga menjadi jembatan antara pihak manajemen dan driver, jadi bisa diartikan seorang co-driver adalah harus orang yang bijak dan mediator yang baik.

Disisi lain, bisa dibilang co-driver harus bisa menjadi seorang sahabat dari driver. Jadi ternyata diluar dugaan kita ya… Ternyata co-driver bukan cuma harus paham medan yang akan ditempuh, tapi seorang co-driver juga harus bisa menuntun driver. Ya, istilahnya seperti pasangan harus bekerja sama dengan baik. Bahkan ada driver dan co-driver yang tidak terpisahkan saking cocoknya.

daniel-elena

Seperti contohnya Daniel Elena yang merupakan co-driver dari Sebastian Loeb sang juara dunia rally 9 kali bertutu-turut sejak tahun 2004 sampai 2012. Mereka memiliki kedekatan sejak tahun 1998 yang membuahkan hasil berupa kemenangan perdana mereka pada tahun 1999.

Di dunia balap Internasional ada sebuah penghargaan khusus untuk co-driver bernama Michael Park Thropy.

Advannov Canti Dharma Sprint Rally Tarmac 2015 10  fastnlow

Kemudian bagaimana dengan penghargaan seorang co-driver di Indonesia? Mengingat peran mereka yang begitu penting dalam memenangkan event balap.

Co-driver dalam pembayarannya di Indonesia sendiri ditentukan oleh driver. Jadi kalau juara 1, belum tentu hadiahnya dibagi rata antara co-driver dan driver, semua itu tergantung perjanjian di awal dengan si driver.

Nah, untuk saat ini Indonesia melalui badan tertinggi yang mengatur masalah dunia otomotif, IMI sudah mulai memberikan penghargaan berupa nominasi untuk driver dan co-driver terbaik di setiap tahunnya. jadi jangan khawatir untuk para co-driver.

Bagi yang mau berkecimpung di dunia otomotif, profesi sebagai co-driver bisa dicoba lowongannya pun banyak tersedia. Jadi, sebagai co-driver punya banyak keuntungan, selain kerja dengan medan yang menantang, punya sahabat driver. Apalagi kalau senior, bisa dikenal baik di komunitas atau di internal minimal manajemen sendiri.

 

Sumber: Edwyn Tedja (Co-driver Senior)

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)