Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Apakah Kalian Tau SRS Airbag Itu Artinya Apa ??

The airbag unit for the passenger seat of a Toyota Motor Corp. vehicle is seen at the company's showroom in Tokyo, Japan, on Thursday, April 11, 2013. Takata Corp. faces its biggest recall crisis in almost two decades after defective airbag inflators led Toyota Motor Corp., Honda Motor Co. and Nissan Motor Co. to call back more than 3 million vehicles. Photographer: Koichi Kamoshida/Bloomberg via Getty Images

Siapa yang tidak mengenal dengan salah satu sistem keamanan pada mobil, ialah Airbag atau kantung udara. Airbag sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi risiko benturan penghuni kabin mobil saat terjadi kecelakaan dan akan metelus keluar untuk meredam benturan. Pada umumnya, Airbag diletakkan pada bagian setir dan dasbor pada mobil anda.

Dan apabila kalian memperhatikan secara seksama, Airbag pada mobil biasanya terdapat singkatan “SRS”. Pasti banyak diantara kalian yang tidak mengetahui apa itu maksud dari SRS Airbag. Memang apa kepanjangan dari SRS itu sendiri? Jadi SRS ini sebetulnya singkatan dari Supplemental Restraint System.

Kalau diterjemahkan langsung, artinya sistem penahan/pengaman tambahan. Itu karena sabuk pengaman saja dirasa belum cukup untuk menahan benturan saat kecelakaan. Kapan dan seberapa cepat SRS Airbag mengembang ditentukan oleh sensor yang mengkalkulasi benturan. Selain saat kecelakaan, ada beberapa kondisi dimana SRS Airbag bisa mengembang.

Yang pertama adalah disaat mobil menabrak pinggiran jalan, trotoar jalan atau permukaan yang keras. Selanjutnya pada saat mobil jatuh atau lompat ke dalam lubang ataupun jurang yang dalam. dan yang terakhir disaat mobil mendarat keras atau terjatuh. Akan tetapi ada juga beberapa jenis kecelakaan yang tidak menggembungkan SRS Airbag.

SRS Airbag depan tidak mengembang jika kendaraan terlibat kecelakaan dari samping atau dari belakang, atau jika kendaraan terlibat kecelakaan keras pada kecepatan rendah. Jadi kalau cuma nubruk mobil di parkiran dengan kecepatan rendah, dijamin SRS Airbag enggak bakal mengembang.

 

Menariknya lagi nih, sekarang sebagian besar mobil dengan banderol harga yang murah sekalipun sudah dilengkapi dengan fitur keamanan SRS Airbag tersebut. Berbeda dengan beberapa waktu lalu, fitur SRS Airbag hanya tersedia pada model dan varian mobil dengan banderol harga yang mahal.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

5 Tren Mobilitas Urban Di Masa Depan – Part 2

Did You Know?

Apa Itu JDM? Apakah semua mobil Jepang itu JDM?

Did You Know?

Evolusi Dibalik Logo BMW & Faktanya – Part 2

Did You Know?

Kenapa Selalu E36? Ini Jawabannya

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan