Connect with us

Subscribe

Cars

Apakah Perkembangan Mobil Listrik Akan Mengancam Industri Otomotif? Ini Kata Pak Jokowi!

Banyak produsen mobil terkemuka sedang berlomba-lomba mengembangkan mobil listrik karena perawatan dan perbaikannya lebih minim. Apakah Indonesia siap dengan keberadaan mobil listrik? Tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat, pemerintah serta pelaku industri. Saat Presiden Joko Widodo menghadiri IIMS lalu di Jakarta, Ia menyampaikan sejumlah tantangan yang akan dihadapi industri otomotif ketika industri 4.0 terjadi. Dengan adanya kemajuan teknologi pasti akan ada gejolak dari masyarakat maupun para pelaku industri.

 

 

“Karena ada gejolak teknologi itu iya dan revolusi industri 4.0 akan jungkir balikkan industri otomotif”, ujar Jokowi. Dia pun meminta sektor otomotif mempersiapkan diri dengan datangnya revolusi industri menuju digitalisasi. Seperti mobil pabrikan Jerman, BMW sudah mempersiapkan mobil yang bisa digunakan tanpa membeli, hanya membayar abonemen secara bulanan usai pemakaian. Ini tentunya memiliki dampak kurangnya minat beli pada masyarakat.

Orang nomor satu di Indonesia ini meminta pabrikan otomotif di Indonesia memikirkan bisnis panggil mobil. Bisnis panggil mobil bagi pengguna membuat umur kendaraan menjadi lebih cepat karena digunakan terus menerus. “Mungkin 2 sampai 4 tahun ganti mobil, artinya produksi mobil akan tetap banyak”, ujarnya.

Adanya mobil bersifat publik yang beroperasi lebih panjang dari mobil pribadi, membuat jasa perawatan kendaraan akan semakin marak. Menurutnya, pemeliharaan interior dan eksterior mobil ini merupakan peluang menggarap sektor padat karya. Karena mobil harus dirawat secara intensif. Jokowi menghimbau agar industri dan pabrikan otomotif di Indonesia lebih mendalami dan siap dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga menambahkan bahwa industri otomotif merupakan salah satu sektor yang mengimplementasikan revolusi industri 4.0 pada 2020. Untuk itu pihaknya akan terus mempersiapkan para pelajar dan mahasiswa yang masuk sektor ini agar melek teknologi. “Pada tahun 2025 nanti minimal 20 persen kendaraan yang ada adalah kendaraan listrik”, ujar Airlangga. Mampukah mobil listrik eksis di Indonesia? Well, we’ll see guys!

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Berapa Usia Anak Sebaiknya Duduk di Kursi Depan?

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Apa yang DImaksud Dengan Aerodynamic Drag?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan