Connect with us

Subscribe

Cars

Audi AI: Trail Concept – SUV All-electric Masa Depan

Audi memang bukanlah merk yang dikenal dengan kendaraan offroadnya, tetapi setidaknya automaker ini mampu membuktikan kiprahnya untuk terus berinovasi meskipun hanya sebatas konsep. Disebut Audi ‘AI: Trail’ adalah all-electric SUV all-terrain di masa depan dimana merupakan konsep AI keempat yang pernah pernah dibuat — konsep seri pendahulunya disebut AI:Con, AI:Me, dan AI:Race.

Mengingat AI:Trail sebatas konsep, SUV ini tidak masuk dalam produksi massal tetapi yang jelas akan dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2019 dan merupakan seri terakhir dari konsep ‘AI’. Seperti seri sebelumnya, Audi mengusung konsep SUV offroad dengan panjang 4.015 mm dimana lebih pendek dibanding Audi Q2 tetapi lebih lebar dan lebih tinggi dari crossover compact milik Audi.

AI: Trail memiliki ruang interior yang lebih luas sebagai hasil dari struktur all-electric dan dua bagian fitur dari platform VW MEB dan PPE. Baterai yang terletak dibagian kolong mampu menghasilkan output 429 hp dan torsi 1.000Nm yang memiliki jangkauan maksimal 310 mil jalan aspal dan 155 mil di jalur terrain, serta kecepatan tertinggi 81 mph dibatasi secara elektronik. Motor listik pada setiap roda juga turut menyumbang tenaga.

Konstruksi AI:Trail dibangun dengan kombinasi besi high-tensile, alumunium, dan serat karbon dengan berat total 1.750kg. Menurut Marc Lichte, Audi design chief, kendaraan tersebut mewakili potensi yang tak terbatas dari sebuah merek. “Beberapa tahun lalu kami berpikir tentang bagaimana dan seperti apa portofolio Audi di masa depan. Kelak, tidak semuanya hanya soal kepemilikan. Beberapa orang mungkin memang ingin membeli mobil seperti ini, tetapi lainnya hanya ingin memiliki akses. Konsumen biasanya ingin mobil yang sempurna untuk setiap kasus penggunaan. Jika ada yang memesan mobil untuk penggunaan khusus, ini tentu akan mengubah desain mobil kami. Inilah gambaran SUV Audi di masa depan, didesain tanpa kompromi.”

Disebutkan AI:Trail dirancang bentuk monobox dan exposed wheels 22-inci serta ban 33,5-inci yang mencakup sensor-controlled tekanan angin yang bertugas untuk menyesuaikan kuantitas udara dalam ban sesuai kondisi permukaan jalan.

“Detail yang dituangkan pada mobil ini menginterpretasikan bahasa desain Audi di masa depan. Salah satu contoh desain jendela terinspirasi dari mobil yang pernah diproduksi tahun 70-an seperti concept car Ferrari Modulo dan show car Stratos, misalnya. Dengan desain jendela seperti ini sangat masuk akal untuk menciptakan interior yang lebih luas. Dalam 10-15 tahun bentuk SUV akan seperti ini, kami ingin memberi anda gambaran,” jelas Marc.

Seiring perkembangan teknologi, diharapkan konsep AI:Trail nantinya akan dibekali dengan sistem self-driving otonomi level empat, yang berarti mobil mampu mengambil alih semua fungsi berkendara dalam kondisi tertentu tetapi masih memungkinkan pengemudi memilih untuk menyetir. Sementara mobil elektrik identik dengan kluster instrumen yang jauh lebih minimalis, pengemudi hanya dibekali dengan display informasi baik dibagian setir, holder smartphone dan dashboard.

Seperti yang disebutkan diatas, interior yang lebih luas menawarkan area penyimpanan ekstra di bagian depan dan belakang, serta kompartemen terpisah di bagasi untuk perlengkapan kemping atau outdoor gear. Jika diperlukan, dua kursi belakang berkonsep hammock dapat dilepas. Sedangkan headlight, mengusung konsep lima drone elektrik tanpa rotor yang dilengkapi dengan elemen LED matrik pada roofrack. SUV concept ini menampilkan emblem baru bertuliskan AUDI di bagian ekor, serta tak ketinggalan logo klasik empat cincin di bagian hidung dan velg.

Hmm, apakah concept car ini merupakan upaya Audi memancing pasar di segmen offroad?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

7 Teknologi Mobil Hasil Adopsi Dari Motorsport

Did You Know?

Ternyata Mr. Bean Memang Doyan Ngebut

Did You Know?

Fungsi Dan Kegunaan Dari Coil Spring

Did You Know?

Kupas Tuntas Film Ford VS Ferrari, Fakta atau Fiksi? – Part 2

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan