Connect with us

Subscribe

Cars

AUDI E-Tron 2019 Dibekali Skill Off-road

Seiring menyambut era mobil listrik sekitar empat tahun lagi, tahun ini tampaknya akan menjadi ajang pamer para industri mobil brand kenamaan. Beberapa tahun belakangan ini para automaker tengah ‘menggodok’ rancangan mobil hybrid hingga full-electric tetapi sebagian sudah siap terjun ke pasaran. Sebut saja sejumlah model bertenaga baterai seperti Mercedes EQC, Porsche Taycan dan Audi e-tron yang kabarnya akan dirilis resmi tahun ini. Kira-kira apakah nantinya mobil listrik akan merevolusi cara kita mengemudi?

Para produsen mobil menjanjikan kenyamanan dan keandalan yang setara dengan mobil berbahan bakar fosil. Selain itu menawarkan mesin berforma tinggi, dan tentunya ramah lingkungan dibanding bensin dan diesel. Tetapi perlu diketahui, yang jelas harga mobil elektrik bakalan lebih mahal dan dikenakan tarif pajak lebih tinggi ketimbang mobil konvensional. Mobil hybrid saja mahal apalagi full elektrik.

Anyway, hadirnya E-tron ditandai sebagai era baru bagi Audi. Menurut tes WLTP, dikatakan bahwa E-tron dapat mencakup lebih dari 248 mil hanya dengan sekali pengisian daya, untuk ukuran model mobil penumpang sementara ini baterai dapat diisi ulang di stasiun pengisian kilat 150kW dalam waktu 30 menit. Jika melihat angka tersebut, sepertinya calon pembeli Tesla Model S dan Model X kemungkinan beralih ke E-tron.

Pihak Audi menegaskan bahwa E-tron diciptakan sebagai mobil harian. “Secara umum tidak perlu sering berhenti di stasiun pengisian daya selama mengemudi sehari-hari,” cetusnya. Dengan kata lain, E-tron dirancang untuk perjalanan jarak menengah seperti jalur ke sekolah, jalan ke pusat perbelanjaan, bioskop dan sejenisnya, dimana baterai cukup ‘dicas’ semalaman dirumah.

E – tron tampil dengan lampu LED khas Audi, dan grill octagonal/ segi delapan yang seolah menegaskan bahwa SUV ini mampu diajak ke jalur kasar. Sepasang motor disematkan di gardan depan dan belakang, yaps E-tron dilengkapi dengan quattro 4WD system. Dilansir dari laman Driving yang telah melakukan test drive e-tron di gurun pasir Namibia menceritakan bahwa anda dapat mematikan kontrol traksi dan melakukan drift hingga batas gesekan ban, “Handlingnya istimewa, mungkin yang terbaik dari semua mobil listrik yang pernah saya kendarai.”

SUV asal Jerman ini dibekali dengan mode offroad, dimana bisa menaikkan air suspension sebesar 2 inci untuk menghindari kompartemen baterai tersangkut, dan berfungsi mengatur transmisi serta throttle di medan berbatu atau berpasir. Adapun dibekali ketrampilan offroad, dikatakan bahwa E-tron bukan pelibas lumpur ekstrim maupun jalur hardcore.

Butuh sekitar lima tahun bagi Audi untuk membuat E-tron masuk ke produksi. Baterai terpasang rendah diantara gardan, memiliki bobot 700kg dimana menyumbang porsi signifikan dari bobot mobil sebesar 2.490kg. Dianggap berat atau tidak, menurut Driving, E-tron tergolong kencang untuk sebuah SUV besar, drivertrain elektrik mengirim seluruh tenaga setelah anda menekan throttle. Mencapai 62 mph dalam 6,6 detik atau 5,7 detik pada mode overboost, meskipun hanya dapat digunakan dalam waktu delapan detik.

Adapun berembel-embel mobil listrik, E-tron tetap menyuguhkan cita rasa layaknya mengemudi SUV konvensional. Posisi dan kontrol mengemudi dirasa pas sesuai yang anda harapkan, sementara tampilan kokpit diadopsi dari model top-of-the-line lainnya.

Komponen unik dari sosok berjubah biru ini adalah Audi menawarkan kamera sebagai pengganti spion samping sebagai tambahan opsional, dengan biaya £ 1.250. Visual dari kamera dipantau melalui layar yang terintegrasi ke panel pintu. Menurut Driving, kabin E-tron terasa nyaman untuk empat orang dewasa, baik kaki dan headroom, serta bagasi berkapasitas 660-liter atau 1.725 jika kursi tengah dilipat.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan