Home Event Drag Race Ayopa (Kejurnas Drag Race 2016) : Pulang Bawa Piala

Ayopa (Kejurnas Drag Race 2016) : Pulang Bawa Piala

Setelah Sentul International Sircuit menyatakan pengunduran waktu renovasi, akhirnya dunia motorsport yang menggunakan sircuit ini kembali membuat (lebih tepatnya memperpanjang) agenda balap yang bertempat di sircuit balap satu-satunya di Indonesia ini.

Salah satunya Kejurnas Drag Race yang kembali diadakan. Dan para pecinta balap lurus 402 Indonesia menyambut baik ajang balap ini. Salah satunya Akbarsyah, Moza, Dimas dan banyak lagi teman-teman yang tergabung dalam satu bengkel Ayopa yang selalu setia turun dalam ajang Drag Race bergengsi Indonesia ini.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 1

Akbarsyah yang masih menggunakan Honda Nouva dengan mesin D Series nya turun dengan mempersiapkan ban slick baru.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 3

Namun dengan ban baru ini membuat Akbarsyah harus belajar kembali membejeg mobilnya yang tadinya dia masih menggunakan Proxes R888 semi slick yang tidak terlalu nge-grip, dimana dia terbiasa untuk me-maintain pedal gas agar tidak over spin.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 9

Tapi ternyata dengan ban full slick seharusnya sudah bisa gas poll tanpa harus memikirkan over spin. Dan metode gas poll sudah berhasil dilakukan oleh Moza dengan catatan waktu 13.2 di heat pertama.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 2

Namun, dengan ban seperti ini resikonya RPM start harus diatas 4000, seperti yang dilakukan Moza pada heat pertama yang sekitar 4500 RPM. Sedangkan Akbar hanya berhasil mencatatkan waktu 13.8 dengan RPM dibawah 4000.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 7

Kemudian pada heat kedua, Moza lebih bermain aman agar tidak melakukan jump start tapi hasilnya catatan waktu turun menjadi 13.4. Berbeda dengan Akbar yang akhirnya dapat memperbaiki catatan waktunya di heat kedua dengan 13.4 detik. Dengan akumulasi catatan waktu Moza akhirny berhak atas juara 5 dikelas bracket 13 detik yang sebenarnya catatan waktu juara 1,2,3 dan 4 sangat tipis.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 5

Sedangkan nasip kurang sedap harus di terima oleh Dimas dan 4 orang starter lainnya yang menggunakan City Z “amer” miliknya. Pasalnya semua baik-baik saja di awal QTT, bahkan sempat mencatatkan waktu 15.7 detik oleh Brian. Namun pada sesi QTT berikutnya gearbox tiba-tiba jebol. Dan jebolnya pada gigi 1.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 6

Tidak perlu lama berpikir, gearbox segera diturunkan dengan bantuan Reserved Before (RB) asal Depok. RB yang sudah berpengalaman dengan City Type Z ini mengakali dengan mengkanibal gear 1 dengan kendaraan lain yang cocok. Tidak akan se-sempurna menggunakan gear aslinya, namun hasil lembur semalaman cukup patut di acungi jempol.

Kejurnas Drag Race Ayopa Sentul 8

Pada race day, dengan tidak sepenuh hati mobil masih tetap mendapatkan catatan waktu 15.8, namun tentu saja sulit mendapatkan podium. Namun bagi Dimas yang baru saja lulus kuliah dan saat ini bekerja di Jakarta ini merupakan pengalaman baru dan merupakan pembalajaran tentunya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)