Home Did You Know? Bahayanya Jika Kita Membiarkan Batu Kerikil Terselip Di Ban

Bahayanya Jika Kita Membiarkan Batu Kerikil Terselip Di Ban

Ban menjadi satu-satunya komponen yang langsung melakukan kontak fisik dengan aspal atau tanah. Melihat fungsi, maka pemilik sepeda motor atau mobil wajib melakukan perawatan, terutama ketika melihat ada banyak kerikil yang menempel di alur permukaan ban.

Dan bagi kebanyakan orang terkadang masih kurang memperhatikan akan terdapatnya kerikil yang terselip pada patern atau kembangan ban. Bahkan hal demikian biasa dianggap permasalahan yang sepele, sehingga mereka menganggap bahwa terselipnya kerikil ini tidak menimbulkan masalah serius terhadap mobil tersebut.

Akan tetapi perlu anda ketahui, Bahwa meskipun hanya kerikil saja yang terselip pada bagian patern atau kembangan ban mobil, Ternyata bisa mengakibatkan mobil mengalami gangguan yang cukup menghambat saat berkendara. Dan bagi anda yang seringkali membersihkan kerikil yang terselip di ban mobil ini, Maka hal demikian memang merupakan tindakan yang tepat untuk menjaga mobil yang anda miliki agar selalu dalam kondisi baik.

Namun bagi anda yang kurang memperhatikan kebersihan di sekitar area ban mobil terhadap kerikil yang biasanya terselip , Maka segeralah mengambil tindakan untuk membersihkan atau mencungkilnya. Bila tidak, Maka mobil yang anda miliki bisa mengalami permasalahan.

Apa akibatnya bila sering membiarkan kerikil tersebut terselip di sekitar area ban mobil? Nah, jika sampai kerikil terus dibiarkan menempel pada alur kembangan ban, maka kerikil yang terselip tersebut bisa melubangi dan menembus ban mobil. Sehingga kondisi ban mobil anda bisa bocor.

Jika anda tidak rutin untuk membersihkan kerikil yang biasanya terdapat pada patern atau kembangan ban mobil tersebut, Hal demikian akan berdampak terhadap ketahanan dari pelapis karet pada velg. Sehingga akan menjadikan umur dari pelapis karet pada velg mobil tidak bisa bertahan lama, Alias cepat rusak.

Di sisi lain,  dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan kerikil yang terselip ini, Memang tidak secara langsung. Namun lambat laun akan bisa menjadikan ban mobil mengalami bocor halus. Bahkan tekanan angin pada ban, lama kelamaan juga akan berkurang. Sehingga dari situ, Anda perlu untuk memperhatikan akan kebersihan di sekitar area ban mobil tersebut terhadap kerikil yang sering terselip.

Dengan adanya hal tersebut, Maka setidaknya anda bisa selalu mengontrol terhadap ban mobil secara keseluruhan. Sementara, Jika anda menemukan kerikil yang terselip pada patern atau kembangan ban mobil tersebut, Maka hendaknya anda bisa segera mencongkelnya. Dengan begitu, Kondisi ban mobil anda bisa bertahan lama atau awet.

 

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT