Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Beberapa Hal yang Membuat Power Window Macet

Ada beberapa komponen yang sering menyebabkan power window tiba-tiba macet. Setidaknya, tiga komponen ini yang sering menjadi biang kerok. Yaitu:

1. Switch Power Window

Saklar power window berbeda dengan saklar lampu atau saklar lainnya. Saklar ini ternyata lebih rumit mekanismenya, karena dalam satu saklar ada tiga perintah yakni Off, window down, dan window up. Kalau saklar biasa, umumnya hanya terdapat dua perintah yakni Off dan On. Selain faktor mekanisme yang rumit, kadang dalam satu kali perjalanan kita bisa menaik turunkan kaca mobil hingga berkali-kali. Ini juga mempengaruhi masa pakai komponen termasuk saklar.

Sehingga kalau saklar rusak, maka akan timbul gejala berupa power window yang kadang-kadang macet. Ini disebabkan karena pada fase awal, saklar masih bisa digunakan hanya kadang-kadang tidak terhubung. Namun kalau ini dibiarkan, lama kelamaan saklar bisa benar-benar tidak berfungsi sehingga power window tidak bisa digerakan alias macet.

2. Motor Power Window

Elektrik power window menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik lain, motor listrik pada power window juga bisa mengalami masalah. Biasanya, bagian motor yang sering rusak ada dibagian brush atau sikat motor. Sikat ini berfungsi menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Karena rotor selalu berputar, otomatis brush akan selalu bergesekan dengan rotor. Gesekan tersebut akan mengikis brush sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan brush aus dan tidak bisa menyalurkan listrik dengan sempurna.

Hasilnya motor power window macet dan itu akan menyebabkan kaca mobil tidak mau dinaik turunkan. Untuk masalah ini, biasanya terjadi pada satui pintu saja. Sehingga misal power window depan kiri macet. Coba naik turunkan menggunakan saklar di sisi pengemudi, kalau sama tidak bisa berarti motor power window yang macet. Tapi jika power window macet ketika dinaik turunkan menggunakan saklar pintu kiri namun normal kalau menggunakan saklar sisi pengemudi, itu berarti saklarnya yang rusak.

3. Rel Kaca Terlalu Kotor

Rel kaca ini sangat rentan terkena kotoran baik berupa debu atau kotoran cair. Kalau rel kaca ini kotor, tentu akan menghambat pergerakan kaca. Sehingga akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan hingga yang parah kaca macet tertahan kotoran. Ini terbilang sepele tapi efeknya bisa merusak komponen motor power window kalau dibiarkan. Jadi, usahakan untuk menjaga kondisi rel kaca ini tetap bersih.

Setidaknya rutin membersihkan rel kaca dengan interval 6 bulan sekali menggunakan sprayer berjenis silicon spray yang bisa anda dapatkan dipasaran. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyemprotkan silicon spray ke sela-sela rel kaca mobil. Semprot secukupnya saja otomatis itu akan membersihkan semua kotoran didalam rel kaca, juga berperan sebagai pelumas. Sehingga kalau kaca mobil anda bunyi ketika dinaik turunkan, cara ini bisa menjadi solusinya.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Berapa Usia Anak Sebaiknya Duduk di Kursi Depan?

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Apa yang DImaksud Dengan Aerodynamic Drag?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan