Home Did You Know? Beberapa Kebiasaan Buruk yang Sering Terjadi di Setiap Akan Turun Balap

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Sering Terjadi di Setiap Akan Turun Balap

Hay kenalin, gue Julian Johan yang lebih sering di panggil Jeje. Gue seorang pembalap speed offroad professional yang tahun ini memperkuat tim AHSRT. Sekarang gue pengen sharing sedikit tentang pengalaman gue selama terjun di dunia balap nasional. Bukan pengalaman yang baik sih.. bisa dibilang ini pengalaman yang kurang baik tapi lucu juga kalau di bahas. Harapannya pengalaman ini bisa jadi pengetahuan buat temen-temen pembaca setia FAST N’LOW.

jeje batu licin  kalimantan speed offroad kejurnas IXOR 2015 race balapan 4x4

Pengalaman ini tentang beberapa kebiasaan buruk tentang persiapan pembalap ataupun tim yang bakal turun balapan. Seburuk apa sih..

1. Kurang Tidur

Ini kebiasaan paling susah dicegah. Sepertinya udah otomatis di badan kita menjelang mau balap itu kita merasa over excited, sampe-sampe engga bisa tidur cepet menjelang balap. Apalagi buat yang ikutan ngurus mobil balap, beberapa hari sebelom balap badan kita diforsir capek untuk kesana kesini, ikut beli persiapan balap, ikut nemenin mobil di dyno, setiap malem ikut begadang di bengkel nungguin mobil selesai. Tapi beda ceritanya dengan pembalap yang modelnya terima beres di lapangan sepertinya lebih aman siklus tidurnya.

2. Pola makan & minum tidak teratur

Jam makan tidak beraturan, sering juga kelupaan karena terlalu konsen mikirin mobil. Kurang minum air putih, minum vitamin cuma pas baru mau weekend balap. Semuanya harus dibuat teratur dan mencukupi dari jauh-jauh hari sebelum balap. Salah satu faktor utama untuk bisa dapetin fokus 100%. Tapi kalau masalah hindarin minuman alkohol sepertinya hampir semua udah tau. Tapi itu belum cukup, kita tetap harus jaga pola makan minum.

3. Last minute preparation

Ngomongin gimana cara ngilangin kebiasaaan ini, sama seperti ngomongin gimana cara ngilangin macet di Jakarta. Mungkin ini enggak cuma untuk pembalap, tapi juga ke manajemen tim dan bengkel. Enggak jera-jera, enggak kapok-kapok, walaupun udah ngerasain langsung kerugiannya di lapangan, tapi tetap sering terulang. Bisa jadi faktor waktu mepet, kurang SDM, baru inget tentang sesuatu hal atau juga finansial yang seret, dll. Yang pasti butuh keajaiban untuk ngilangin kebiasaan ini di dunia balap.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)