Home Did You Know? Bersih – Bersih Mobil Pasca Banjir

Bersih – Bersih Mobil Pasca Banjir

Banjir kok diterjang, nekat atau keblinger sih? Mobil memang tidak didisain buat melalui genangan air yang tinggi. Apalagi jika genangan air melebih kap mesin, terlebih jarak yang harus ditempuh cukup panjang. Ujung-ujungnya mobil pasti minta didorong dan harus service. Ya sambil berdoa agar air tidak masuk ke ruang bakar karena harus bongkar mesin.

Tetapi bagaimana jika saat diparkir, mobil terendam banjir yang datang sangat cepat. Pasrah aja, semoga ketinggian banjir tidak merendam seluruh bagian mobil. Yang paling penting adalah penanganan pasca banjir. Jangan cuma membersihkan/mencuci mobil dan langsung stater mesin. Nah untuk lebih aman, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

Mesin

Cara Membersihkan Mobil Pasca Banjir 2
ericpetersautos.com

Disain dari mesin sebenarnya akan sulit air bercampur lumpur masuk kedalamnya. Tetapi siapa tahu ada bagian tutup oli mesin atau packing mesin yang rusak setelah usia pemakaian dan terendam banjir. Karena sifat air yang selalu mengisi ruang yang kosong. Jadi menguras dan menganti oli mesin merupakan keharusan yang dilakukan setelah banjir.

Tapi pastikan untuk mengetahui kondisi oli yang keluar dari mesin, dengan sifat air yang sulit bercampur maka anda bisa mengetahui apakah air telah merasuki mesin. Jika ada maka anda harus mencari tahu dari mana air itu masuk. Tapi kalau yakin kondisi packing sangat bagus, bisa jadi tutup oli bagian atas yang rembes.

Untuk membersihkan sisa air yang ada di dalam mesin, gunakan ‘oli kuras’ namun kondisi kelistrikan mobil harus dipastikan telah kering karena harus mengidupkan mesin agar dapat menjangkau seluruh ruang. Bantuan kompresor bukan hal yang baik karena bisa jadi angina yang dikeluarkan juga membawa air. Cara paling tradisional dan masih sering dilakukan adalah membiarkan oli mesin menetes semalaman.

Jangan lupa untuk menganti filter oli dengan yang baru. Dan tuangkan secukupnya oli baru sebelum memasang filter tersebut. Membuka filter oli memang agak sulit, jika tidak memiliki alatnya cukup dengan bantuan rantai sepeda dan obeng saja.

Kelistrikan

Cara Membersihkan Mobil Pasca Banjir 3
buddysautorepair.com

Untuk memastikan kelistrikan mobil tidak masalah memang cukup sulit, beberapa bagian cukup tersembunyi. Lepaskan accu agar tidak terjadi arus pendek saat mengeringkan kelistrikan ini. Siapa tahu ada kabel yang terkelupas.

Mengeringkan sekaligus membersihkan bukan hal yang mudah, biasanya kabel akan terikat dan terbungkus dalam satu pipa karet. Jadi harus teliti dan sabar dalam membersihkan dan mengeringkan bagian kelistrikan. Mendiamkan selama beberapa saat sebenarnya bukan solusi tapi cara ini dianggap mujarab, padahal sisa lumpur dapat mongering dan menghambat penguapan udara panas sehingga akan membuat kabel mudah getas dan mudah terbakar.

Menggunakan air bersih dan lap bisa jadi solusi termudah, yang terpenting tidak ada sisa lumpur setelah dibersihkan. Jika memang harus menggunakan air saat membersihkan bukan masalah, kan kabel sudah tidak terhubung dengan accu.

Saat membersihkan kabel, anda juga bisa sekalian meneliti dari kondisi kabel. Mungkin ada yang harus diganti dengan yang baru agar kondisinya kembali sempurna. Setelah semua dirasa kering, pasangkan kembali kabel arus ke accu, jangan kebalik dan pastikan terpasang dengan erat.

Pengereman dan Bearing

Cara Membersihkan Mobil Pasca Banjir 10
bolaotomotif.com

Untuk rem, bersihkan seluruh bagian dengan membongkar roda agar tidak ada sisa lumpur yang dapat mengikis permukaan brake pad maupun cakram. Begitu juga jika menggunakan rem model tromol atau drum. Perhatikan juga tabung minyak rem, jika terlihat ada bekas kotoran atau air maka menguras saluran minyak rem menjadi wajib hukumnya.

Memang cukup sulit untuk menguras minyak rem jika tidak pernah dan tanpa kunci-kunci yang sesuai. Tapi jika tidak dilakukan, kinerja rem akan sulit dimaksimalkan. Bahkan dapat membahayakan ketika sedang berkendara. Dan untuk menguras minyak rem, anda harus meminta bantuan seseorang. Mungkin anda butuh mekanik agar rem bekerja dengan baik.

Mumpung sedang membongkar roda, pastikan juga bearing roda tidak ditutupi lumpur dan kering. Jika kering, cukup berikan oli atau grease dengan rata agar bearing dapat berfungsi kembali.

Kabin

Cara Membersihkan Mobil Pasca Banjir 4
disasternews.iii.org

Sesuai sifat air, jadi efek kapilaritas sangat mungkin terjadi ketika ada ruang kecil yang memungkinkan air masuk ke dalam kabin mobil. Terlebih tidak semua mobil kedap terhadap air. Kabin pun bisa menjadi rusak jika tidak ditangani secara khusus.

Banjir yang telah surut biasanya akan meninggalkan timbunan lumpur sehingga menempel pada jok mobil atau di bagian peredam bagian bawah. Untuk jok mobil, jika perlu dicuci sekalian. Jangan sampai meninggalkan sisa lumpur yang akan mengering dan menjadi debu halus. Salon mobil pun belum tentu mampu membersihkan dengan sempurna jadi kesabaran anda kunci kebersihan mobil.

Begitu pula untuk karpet/peredam mobil, pastikan tidak ada lumpur yang tersisa. Bila perlu bilas berulang kali sehingga air bilasan sudah jernih atau jika perlu ganti dengan yang baru karena kesehatan pernafasan sangat penting.

Memang langkah diatas dapat dipangkas dengan cepat dengan menelpon bengkel langganan kemudian mobil Derek sehingga langsung membawa mobil anda ke bengkel untuk di service. Tapi pengetahuan anda akan jadi terbatas dan selalu bergantung pada bengkel, jadi keputusan tetap di tangan anda.

gambar utama : blog.aarp.org

 

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)