Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Biar Nggak Salah Beli Suspensi Kit, Pertimbangkan Hal Ini!

Suspensi menjadi salah satu komponen yang seringkali diganti lantaran suspensi standar/ bawaan pada kebanyakan mobil jip dirasa kurang memadai, apalagi saat anda menambahkan muatan pada tunggangan anda. Pada tahun 90an berburu suspensi aftermarket tidaklah sesulit jaman sekarang, kini berbagai merk aftermarket menyediakan banyak pilihan, harganya pun bersaing.

Pergantian sistem suspensi sangat berpengaruh besar pada perjalanan anda, suspensi tidak hanya menambah ground clearance mobil tetapi juga memberikan kapasitas muatan yang lebih baik. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan offroad yang nyaman dan aman dalam berkendara. Sebelum salah membeli suspensi kit, ada 4 hal yang harus anda pertimbangkan.

Suspensi lift

Ketinggian mobil 4×4 mampu naik hingga 7,5 cm, tetapi perlu diperhatikan apakah mobil anda lebih sering dipakai untuk harian atau offroad. Pada umumnya ketinggian mobil dimulai dari 2,5 cm. Untuk menambah ketinggian dapat ditempuh dengan berbagai cara, diantaranya mengganti ban dengan diameter yang lebih besar dan upgrade suspensi lift kit.

Untuk kebutuhan offroad disarankan menambah ketinggian dari 4-5 cm, makin tinggi tentu membutuhkan lebih banyak modifikasi dan penyesuaian. Keuntungan paling signifikan dari suspensi yang dinaikkan adalah menghasilkan ground clearance yang lebih tinggi terutama saat offroad, serta meningkatkan approach, ramp brake-over dandeparture angle. Selain itu, sistem suspensi akan memberikan lebih banyak gerakan pada roda.

Dalam kasus tertentu misalnya pada suspensi independen, hal tersebut sulit dicapai karena ada batasan geometri suspensi, tetapi dengan live-axlesebagian besar sistem suspensi dapat menghasilkanspring travel dan redaman goncangan yang lebih baik.

Towing

Beda halnya dengan towing, ada persyaratan spesifik dalam memilih suspensi terutama bagi mereka yang sering menarik trailer/ anhang, karavan, dan kargo. Secara teknis suspensi belakang akan mengalami tekanan tinggi ketika mobil menarik anhang, disinilah perlunya per spiral berspesifikasi heavy-duty yang wajib digunakan untuk suspensi belakang. Pergantian spring heavy-duty ini paling umum dilakukan di Tanah Air.

Meski tergolong tidak umum disekitar kita khususnya pada mobil towing, sebenarnya ada alternatif lain yakni dengan menambahkan air bag atau air-helper spring. Komponen ini akan mengembang ketika mobil membawa muatan berat atau ketika menarik anhang, sebaliknya, air bag akan mengempis ke tekanan yang lebih rendah ketika mobil membawa muatan ringan atau tidak menarik anhang. Hal ini tentu meminimalisir efek yang kemungkinan terjadi dalam kualitas berkendara.

Muatan

Memilih sistem suspensi yang tepat sesuai dengan muatan/ beban mobil anda sangatlah vital. Itulah sebabnya sebagian besar produsen aftermarket menawarkan berbagai kit untuk menyesuaikan muatan yang berbeda, entah dalam bentuk aksesoris, perangkat maupun komponen. Misalnya mobil anda dimodifikasi dengan berbagai aksesoris dan perangkat recovery seperti bullbar, winch, dan lampu spot tambahan, maka anda wajib memasangkan per spiral yang lebih berbobot di bagian depan.

Atau mobil anda berjenis dcab dengan rollbar, roofrack, tambahan tangki bahan bakar cadangan dan tangki air, anda membutuhkan per spiral heavy-duty untuk mengimbangi tugas suspensi belakang. Berbekal informasi ini, anda dapat berkonsultasi dengan bengkel kepercayaan anda dalam memilih paket per spiral dan sokbreker yang tepat sesuai dengan muatan kendaraan dan kondisi yang sering anda temui, mungkin touring, adventure dan ekstrim offroad.

Full kit

Pada umumnya sebagian besar komponen pabrikan aftermarket dapat terintegrasi dengan sistem suspensi standar mobil anda, mencakup per, sokbreker, ball joint dan komponen lainnya, semua dirancang untuk saling bersinergi dalam bekerja. Akan tetapi produsen aftermarket juga menawarkan suspensi full kit.

Selain jenis per spiral yang berbeda sesuai dengan beban mobil, terdapat sejumlah sokbreker yang beredar dipasaran, diantaranya mono-tube shocks, twin-tube shocks, foam-cell shocks, bypass shocks dan sokbreker dengan remote reservoirs.

Dalam memilih komponen suspensi yang tepat untuk mobil anda sangat bergantung dengan kebutuhan dan anggaran anda, tetapi hindari penggunaan merk ecek-ecek. Lebih baik mempersiapkan anggaran ekstra demi mendapatkan produk berkualitas dan memiliki reputasi baik, dan yang tak kalah penting adalah ketersediaan spare-part sistem suspensi di negara kita.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Buat Towing, Mana Yang Lebih Penting, Horsepower atau Torque?

Did You Know?

9 Alat Paling Krusial Dari Kru Pit NASCAR

Did You Know?

Evolusi Regulasi Formula One Tahun 2020

Did You Know?

Gila! Bikin Satu Mobil F1 Mencapai Ratusan Miliar, Ini Rinciannya

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan