Connect with us

Subscribe

Cars

BMW E28: Old But Hysteria

BMW E28 adalah sebuah mobil generasi kedua dari BMW seri 5 yang merupakan pengembangan dari BMW New Class yang diproduksi oleh produsen mobil Jerman tersebut pada tahun 1962 sampai 1977. Sedangkan, BMW E28 pertama kali diperkenalkan di negara asalnya pada tahun 1981, dan mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1982. Varian E28 yang pertama kali keluar di pasar Indonesia adalah BMW 520i, dimana penggunaan huruf i dibelakang angka 520 mengindikasikan mobil ini sudah menggunakan sistem injeksi.

Lalu, pada tahun 1987 muncul BMW 520iS. Huruf iS dibelakang angka ini memiliki arti injection Sport. Kata Sport pada mobil ini hanya digunakan untuk membedakannya dengan versi 520i. Dimana 520iS memiliki bentuk bumper lebih kecil dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Basic mesin yang dipakai BMW E28 ini adalah M20B20 “Small Six” 6 Silinder SOHC 12 valve berkapasitas 2000cc. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin ini adalah 127Hp pada 6000Rpm dan torsi 164Nm pada 4300Rpm yang menyalurkan tenaganya ke dua roda belakang.

Nah, beberapa waktu lalu FastnLow mampir ke rumah sekaligus workshop milik Jureq atau yang sering dipanggil “mbah Jureq” (@jeepdrifter) di bilangan Fatmawati. Kebetulan nih, ada mobil BMW E28 tahun 1988 milik Rifie (@rifinieh), yang merupakan juga BMW Enthusiast sekaligus reviewer mobil. Mobil ini kebetulan sedang di retune ulang Jureq yang beberapa partnya menggunakan brand aftermarket dari Kelleners. Sebagai info aja nih buat temen – temen yang belum tau, Kelleners adalah salah satu tuner BMW asal Australia yang menyediakan berbagai macam part aftermarket khusus untuk mobil produksi Jerman tersebut dalam urusan performance.

Jureq sedikit menjelaskan bahwa mesin ini masih menggunakan basic mesin M20B20 nya, namun internal pada mobil sedikit mengalami perubahan. Contohnya seperti crank M52B28 E39, piston M52 custom, Individual Throttle Body Kelleners, ECU Spitronics tipe Saturn, lalu cylinder head Hartge. Selain itu, mobil ini juga sudah menggunakan coilover dan air suspension dari Air Lift, serta menggunakan velg BBS, dan stripping ala M Series yang membuat tampilan mobil ini makin ganteng.

Diluar banyaknya part internal mesin yang diganti, Jureq tetap mempertahankan camshaft standar keperluan pemakaian sehari – hari (karena mobil ini dibangun bukan untuk memenuhi garasi aja ya hehe).

Berhubung Jureq akan melakukan tuning on road ECU dari mobil ini, kita jadi berkesempatan buat nyobain mobil E28 spesial ini. Berangkat dari bengkel, lalu berputar – putar didaerah Semanggi, dan berakhir di salah satu bengkel spesialis BMW lainnya yaitu East Tuning milik Reno (@marennojoshuara) di Jakarta Timur. Buat yang kepo dan pengen ngebangun mesin khususnya BMW langsung aja cek Instagram @jeepdrifter ya man – teman.

Bonus foto :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Mengenal Penilaian Tes Kecelakaan Dari NCAP

Did You Know?

Ford Perkenalkan Valet Parkir Otomatis di Detroit

Cars

Defender 2021 Hadirkan Model PHEV, Diesel 6-silinder, & Opsi Paket Lainnya

Cars

OVERKIDS  CAR DRESS UP BENGKEL ‘MAKE OVER’ MOBIL

Community

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan