Connect with us

Subscribe

Cars

BMW X5 Armor Tahan Dari Beragam Serangan Senjata

Automaker dunia saat ini tengah berlomba menawarkan kendaraan berteknologi canggih hingga elektrik, tetapi bagi sebagian orang di luar sana membutuhkan kendaraan yang lebih dari sekedar fitur automatic parking system, adaptive cruise control dan sebagainya. Yaps, perusahaan ini baru saja memamerkan BMW X5 berlabel “Protection VR6”, versi lapis baja dari generasi keempat SUV BMW X5. Sesuai labelnya, “VR6” dibekali dengan perlindungan selevel armor yang cukup resistan terhadap serangan peluru AK-47 bahkan mampu menangani berbagai ancaman lain termasuk serangan drone.

Ini bukanlah projek anyar dari BMW, mungkin belum banyak yang tahu bahwa BMW sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun sejak diperkenalkan 733i High Security — projek pertama automaker Jerman pada kendaraan lapis baja. Dan secara resmi tahun ini merilis BMW X5 Protection VR6 yang diklaim mampu menjaga seisi kendaraan aman dari serangan amunisi berat. Kendaraan ini sengaja dirancang untuk konsumen yang membutuhkan perlindungan ekstra selama di perjalanan.

 

BMW memperkuat X5 dengan panel baja high-strength di pintu, sisi bodi, firewall, dan bulkhead. Panel itu dicetak agar sesuai dengan bentuk kendaraan sehingga masih terlihat layaknya X5 standar yang dijual secara umum.

 

Tak hanya bodi yang menawarkan perlindungan serius — jendela samping, kaca depan dan belakang diganti dengan kaca armor setebal 1,3 inci. Semua bagian permukaan kaca dilapisi dengan polikarbonat internal agar resistan terhadap serpihan jika terjadi serangan. BMW mengklaim bahwa peluru bermutu tinggi pun akan kesulitan menembusnya.

 

Meninjau underbody dan atap tipikal sebagai titik kelemahan ketika terjadi serangan senjata, lantas BMW membekali bahan komposit tambahan pada underbody shield dan lantai berlapis baja yang resistan terhadap ledakan granat. Adapun menawarkan atap standar, konsumen bisa mendapatkan atap berlapis baja untuk melindungi dari serangan drone hingga 200 gram dari peledak sejenis C4.

 

Sayangnya, armor tambahan yang tentunya mempengaruhi bobot dan kinerja kendaraan masih dibekali mesin standar yang sama milik X5 M50i, yakni 4.4-liter twin-turbocharged V8 yang mampu menghasilkan 523 hp dan torsi 553 pound-feet. Sementara top speed dibatasi secara elektrik hingga 130 mph. Tetapi jangan salah, SUV anti peluru ini tetap bertenaga dan cukup cepat saat menghindari serangan musuh. Hanya saja jangan berharap kendaraan ini melaju dari 0-62 mph dalam waktu 4,1 detik layaknya X5 standar, lantaran beban ekstra yang digendongnya dapat dilakukan dalam 5,9 detik. Well, its not that bad.

 

Istimewanya lagi, BMW menawarkan fitur opsional — post-crash system yang berfungsi untuk mempertahankan mobilitas dalam situasi genting, jadi memungkinkan pengemudi kabur dengan cepat. Pihaknya mengklaim bahwa mesin X5 VR6 tidak akan mati jika kendaraan mengalami benturan setelah tabrakan dan suplai energi tidak terganggu. Protection VR6 juga dilengkapi dengan beberapa teknologi yang tersedia di X5 standar,seperti four-wheel steering dan Active Roll Stabilization yang secara aktif menangkal body-roll untuk meningkatkan handling.

Sementara ban runflat X5 VR6 diperkuat pada dinding samping sehingga memungkinkan pengemudi terus bergerak meski kehilangan banyak tekanan angin. Jadi penasaran seberapa tangguhnya sih. Sebagai perlengkapan standar X5 VR6 dibekali dengan tangki bahan bakar self-sealing yang memastikan tangki tertutup secara otomatis untuk mencegah kebocoran.

Armor X5 ibarat bunker diatas roda berkapasitas empat orang, penumpang dibekali dengan interkom untuk berkomunikasi dengan dunia luar dan alarm serangan secara otomotis mengunci pintu, menutup jendela, menyalakan lampu strobo serta menciptakan suara keras melalui tombol. Selain fitur standar X5 yang disebutkan diatas, pula dilengkapi dengan kursi pijat, kontrol iklim empat zona, layar infotainmen 12,3 inci dengan asisten digital.

Adapun BMW tidak menyebutkan berapa harga X5 VR6 ini, tetapi yang jelas harga dapat diperkirakan melebihi dari standar X5 M50i yang dimulai dari 83.145 dolar. Jadi jika kalian merasa kaya raya dan memerlukan perlindungan ekstra, selain BMW, ada juga pilihan kendaraan armor dari Audi, Volvo, dan Mercedes-Benz.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan