Home Did You Know? Bucket Seat Identik Dengan Racing, Kenapa?

Bucket Seat Identik Dengan Racing, Kenapa?

topgearuk.files.wordpress.com

Jika mendengar istilah bucket seat pasti hal pertama yang terlintas di pikiran kita pastilah mobil balap. Ya, bucket seat memang menjadi satu syarat untuk sebuah mobil balap yang diklaim lebih aman ketika dalam suatu balapan. Bucket seat yang berkonsentrasi pada rigiditas, kuat dan ringan diyakini mampu memaksimalkan kinerja ketika dilintasan. Pada dasarnya bucket seat dirancang untuk membuat badan kita tidak memiliki banyak ruang gerak namun tetap dapat secara leluasa mengendalikan mobil dengan baik.

www.sportseats4u.co.uk
www.sportseats4u.co.uk

Pada umumnya bucket seat terpasang pada mobil balap, namun beberapa pabrikan mobil juga menerapkannya pada produk mobilnya yang dipasarkan secara umum dengan alasan ukuran yang lebih kecil untuk menyesuaikan kabin yang tidak terlalu luas dikarenakan fitur lain yang menunjang keunggulan produknya dan bobot yang sangat ringan jika dibandingkan dengan jok mobil biasanya. Awal mula penerapan bucket seat pada mobil produksi masal diterapkan pada sport car buatan Eropa setelah Perang Dunia II berakhir.

Bucket seat pada umumnya memiliki bobot antara 4 hingga 8 kilogram yang terbuat dari fiberglass hingga bahan karbon, ringan sekali bukan? Dengan bentuk yang kaku bucket seat dimaksudkan agar sesuai dengan kontur tubuh kita yang mengorbankan kenyamanan jika diterapkan pada mobil keseharian. Namun kekakuan tersebut menjadi keuntungan sendiri ketika melewati tikungan tajam dilintasan maka secara tidak langsung tubuh akan tetap berada dalam posisi yang benar dan dapat dengan mudah untuk mengendalikan mobil.

www.j-specperf.ch
www.j-specperf.ch

Dengan bobot yang bisa dikatakan sangat ringan, tentunya membawa dampak baik pada mobil balap. Karena pada mobil balap bobot sangat diperhitungkan dengan maksud mengurangi beban supaya mobil dapat melaju lebih cepat tanpa terbebani oleh hal yang kurang diperlukan.

Fiberglaas atau karbon yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bucket seat juga mempunyai kekuatan yang sudah tidak diragukan lagi, jika dalam balapan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan bucket seat yang baik akan menjamin keselamatan bagi pembalapnya.

pinimg.com
pinimg.com

Bucket seat untuk mobil balap biasanya memiliki 3 sampai 5 titik harness untuk menjamin keselamatan pembalap dan juga untuk mempertahankan posisi tubuh pada saat melakukan manuver tajam dilintasan.

Berbagai merk aftermarket yang banyak digunakan adalah Sparco, Recaro, dan Bride yang dibandrol dikisaran harga 10juta-an tergantung dari tipe yang ditawarkan.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT