Home Did You Know? Campur Tangan Ayrton Senna Berbuah Honda NSX

Campur Tangan Ayrton Senna Berbuah Honda NSX

Untuk menyaingi dominasi Itali dan Jerman dalam dunia mobil sport, bekerja sama dengan perusahaan designer mobil dari Itali, Pininfarina, pada tahun 1984 Honda membuat sebuah proyek bernama HP-X (Honda Pininfarina eXperimental). Proyek tersebut bertujuan untuk membuat sportcar dengan kecepatan yang mengimbangi sportcar buatan Itali dan German tetapi memiliki harga yang lebih terjangkau. Proyek tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah prototype mobil yang bernama NS-X (New Sportscar eXperimental).

Rival yang dijadikan target untuk NSX ketika itu adalah Ferrari 348 yang memiliki mesin V8 3.4L. Untuk menyainginya serta tetap pada konsep harga yang lebih terjangkau, Honda kemudian mengganti rancangan mesin dari yang semula V6 2.0L menjadi mesin VTEC V6 3.0L. Selain Ferrari, NSX juga akan bersaing dengan Porsche dan Chevrolet Corvette.

Sebagai terobosan baru dalam sektor body dan berat mobil, Honda membuat NSX dengan alumunium monocoque yang merupakan pertama kali dalam sejarah dunia mobil komersil. Selain itu NSX juga merupakan mobil komersil pertama yang menggunakan titanium connecting rods. Keseluruhan upaya Honda dalam lightweight technology ini mampu menghilangkan beban keseluruhan NSX sebanyak 220 kg. Desain body dari NSX dikembangkan dari pesawat tempur F-16 sehingga apabila kita lihat sekilas ruang pengemudinya memang nampak seperti cockpit pesawat jet.

Ayrton Senna

Untuk mewujudkan ambisinya Honda juga melibatkan beberapa tokoh pembalap terkenal untuk melakukan test dan analisa dalam upaya meng-tuning NSX secara maksimal. Pembalap Formula 1 Jepang yang disegani, Satoru Nakajima dilibatkan dalam fase awal pengembangan NSX dimana Nakajima melakukan beberapa test endurance di sirkuit Suzuka untuk menganalisa chassis NSX.

Pembalap legendaris Formula 1 asal Brazil, Ayrton Senna juga turut memberikan andil yang besar dalam pengembangan NSX. Aytron Senna adalah salah satu pembalap terbaik sepanjang sejarah Formula 1 yang berhasil meraih tiga kemenangan kejuaraan dunia Formula 1 dengan mobil bermesin Honda, sebelum akhirnya meninggal karena kecelakaan pada 1994. Inilah yang menjadi salah satu alasan NSX memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pada fase akhir pengembangan NSX, Ayrton Senna memberikan masukan untuk memperkeras chassis setelah sebelumnya mencoba NSX di track sirkuit Suzuka. Senna juga memberi masukan kepada para engineer Honda untuk memaksimalkan suspensi dan handling NSX. Selain di Suzuka, Senna juga melakukan test drive NSX di beberapa track lainnya sperti di Nurburgring, Takasu Hokkaido, dan Tochigi Proving Grounds.

Pursuit of Ambition

Setelah peluncurannya, NSX masih terus mendapat perkembangan dan perubahan baik dalam sisi handling maupun performa mesinnya. Pada tahun 1997, Honda memberikan pengembangan yang besar terhadap NSX. Mesin yang semula 3.0L diperbesar menjadi 3.2L sehingga menghasilkan perubahan power yang semula sebesar 270 hp menjadi 290 hp. Hal ini merupakan jawaban dari Honda atas beberapa pernyataan mengenai kekuatan NSX yang dirasakan masih dibawah performa pesaingnya terutama Ferrari 348 yang memiliki power sebesar 300 hp. Selain pada sektor mesin, pengembangan besar-besaran tersebut juga meningkatkan performa mobil dalam berbagai sektor diantaranya perubahan gearbox manual dari 5 speed menjadi 6 speed, dual-mass flywheel, peningkatan kekuatan suspensi, aerodinamis, dan penambahan fitur di interior-eksterior.

Menurut para pemiliknya, karakter yang paling berkesan dari NSX adalah handling dan suara mesinnya. NSX sangat nyaman untuk dikendarai baik dalam kondisi mengemudi pelan maupun kencang. Handlingnya dinilai sangat baik, bahkan terbaik di kelas harganya. Raungan mesin V6 NSX memberikan sensasi yang menggigit terutama ketika saat dipacu di putaran atas RPM.

Meskipun Honda telah melakukan berbagai macam upaya untuk memaksimalkan NSX, banyak pengamat otomotif yang menilai performa keseluruhannya masih berada di bawah para rival nya yaitu Ferrari, Lamborghini, dan Porsche. Meski demikian, NSX tetap menjadi sebuah simbol usaha keras Honda dalam mencapai ambisinya, disertai dengan nilai sejarah otomotif yang besar.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)