Home Did You Know? Cara Aman Mengemudi Mobil di Jalan Menanjak

Cara Aman Mengemudi Mobil di Jalan Menanjak

Cara mengendarai mobil di tanjakan bagi pemula yang baru saja belajar menyetir dan mengemudikan mobil terkadang menjadikan orang tersebut pusing, grogi, gemetara, bingung dan campur aduk menjadi satu. Ketika menghadapi jalan tanjakan atau menyeberang jalan yang nanjak, sering membuat seseorang canggung dan binggung. Hal itu wajar bila terjadi kepada pemula yang baru masuk dunia mengemudi mobil, namun hal itu menjadi hal yang wajar untuk pemula. Rasa gugup dan perasaan khawatir yang lain sering dirasakan oleh pemula yang masih belajar, namun belajar mobil manual di tanjakan menjadi hal yang disepelekan oleh orang yang sudah mahir. Terlebih jika lalu lintas yang dilalui lancar maka penggunaan mobil hanya tinggal memasukkan gas dan lain lain.

Namun hal itu akan berbeda ketika pengemudi berjalan mengemudi di jalanan yang nanjak. Dalam menghadapi perjalanan dalam jalanan nanjak harus memiliki trik dan perlakukan khusus agar mobil yang dikendarakan bisa tidak mundur dan bisa sampai tujuan dengan selamat. Hal yang paling penting untuk tips aman mengemudi di tanjakan adalah rem tangan. Selain itu faktor penting yang lain adalah tenaga mesin, kekuatan kampas kopling, rem kaki roda dan beban muatan. Namun hal yang paling penting tadi tidak akan berjalan dengan mulus jika pengemudi belum lancara dalam memainkan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas.

www.dealersuzukimobil.com
www.dealersuzukimobil.com

Jika sang pengemudi terlalu sering memainkan setengah kopling terus menerus, maka kekuatan kampas kopling akan berkurang dan menjadikan mobil kandas sebelum sampai tujuan karena kampas kopling ternyata hangus dan terbakar. Hal yang serupa tentu tidak diinginkan oleh kebanyakan pengemudi, karena selain merugikan diri sendiri juga merugikan pengendara yang lain karena macet. Bahkan isi kantong akan tidak bersahabat karena untuk mengganti kampas kopling yang baru memerlukan dana yang tidak sedikit. Agar hal itu tidak terjadi kepada Anda maka sebaiknya ikut tips, cara sekaligus cara belajar mobil manual di tanjakan.

Hal – hal yang wajib di perhatikan adalah pertama Anda harus meyakinkan bahwa mobil senantiasa dalam tenaga puncaknya dengan menggunakan gigi 1 dan 2 agar mobil tranmisi manual dan gigi pada posisi L 1 untuk mobil transisi otomatis. Kedua, memainkan rem tangan dengan sebaik mungkin. Ketiga kalau Anda harus berhenti maka cara terbaik untuk berhenti di jalan tanjakan yaitu dengan teknik atau cara berhenti di tanjakan yang sering dilakukan yaitu dengan rem tangan, atau rem kaki, atau dengan setengah kopling atau kombinasi gas dan kopling. Lalu bagaimana cara yang lain untuk tips aman mengemudi di tanjakan ?

  • Berhenti dengan rem tangan,
    www.driven.co.nz
    www.driven.co.nz

    cara ini menjadi cara aman ketika Anda sebagai pengendara harus berhenti di tanjakan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama. Caranya mudah yaitu dengan menginjak pedal rem kaki dan pedal kopling untuk menghentikan mobil, lalu amankan mobil dengan menarik atau mengangkat ruas rem tangan dan pindahkan persneling ke gigi yang netral. Ketika ingin kembali pindahkan ke gigi satu, kemudian tekan pedal gas, lepas kopling hingga mobil sedikit bergetar, lalu lepas atau bisa menurunkan rem tangan dengan perlahan, ketika sudah berjalan bantu dengan menginjak gas lebih dalam. Maka mobil akan melaju dengan perlahan tanpa mundur sedikitpun, jika mobil mundur, itu artinya pedal kopling kurang dilepas atau pedal gas kurang injakannya.

  • Berhenti dengan rem kaki,
    www.shifting-gears.com
    www.shifting-gears.com

    tekhnik tersebut berguna untuk menghentikan mobil walau hanya sebentar, adalah dengan menginjak pedal kopling dan pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Jika ingin berjalan kembali maka Anda bisa melepas atau mengangkat pedal kopling sedikit hingga terasa mobil bergetar. Lalu lepas rem kaki dengan pelan setelah mobil berjalan sedikit, bantu dengan menginjak gas. Baik untuk jalan tanjakan yang kurang tinggi.

  • Berhenti dengan kopling dan gas atau setengah kopling
    Cara Aman Mengemudi Mobil di Jalan Menanjak 03
    tips.autobild.co.id

    Anda harus berhenti dalam waktu yang singkat dan tanjakannya juga tidak terlalu tinggi. Hentikan laju kendaraan dengan menginjak pedal kopling dan menahan pedal gas hingga mobil berhenti. Ketika ingin melanjutkan kembali perjalanan, maka lepas atau angkat pedal kopling dengan pelan. Lalu bantu dengan menginjak pedal gas, tekhnik tersebut menjadikan bahan bakarnya boros dan kanvas kopling juga akan rusak, namun jika memang darurat cara tersebut bisa dicoba. Dalam menggunakan kopling dna gas sebaiknya sesuaikan antara kedalaman gas dan kopling, ketika gas yang diinjak semakin dalam maka kopling yang diinjak juga semakin dalam. Namun jika akhirnya mesin terdengar meraung keras itu artinya kombinasi antara kopling dan gas tidak seimbang, untuk solusinya maka sebaiknya kurangi penekanan pada kopling atau mengurangi penekanan pada gas dan penekanan di tambah pada bagian kopling.

Gambar utama via autobild.co.id

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)