Home Did You Know? Cara Ampuh Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Cara Ampuh Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Jok Mobil dan Bahannya
Jok merupakan bagian penting dalam mobil. Jok bahkan bisa mencirikan seperti apa orang yang mempunyai mobil tersebut. Jok juga bisa menjadi penilaian penting dalam pemilihan penggunaan mobil. Bahan yang digunakan pada jok mobil bermacam-macam diantaranya adalah jok mobil berbahan semi kulit. Bahan jok ini sering disebut sebagai jok berbahan syntethetic leather. Kelebihan dari jok berbahan semi kulit atau biasa disebut berbahan syntethetic leather adalah harga dari bahan jok yang berbahan semi kulit atau biasa disebut berbahan syntethetic leather ini masih relatih rendah atau masih bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Cara Ampuh Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit gambar synthetic leather

Dalam pembuatannya biasanya dibutuhkan biaya satu juta sampai tiga juta diseseuaikan dengan kebutuhan bahan yang digunakan pada mobil. Selain itu jok berbahan semi kulit ini juga lebih mudah dalam hal perawatannya dibandingkan perawatan jok kulit mobil atau jok yang berbahan kulit asli. Tidak hanya itu, jok berbahan semi kulit ini juga memberikan warna dan tekstur yang lebih variatif. Namun, penggunaan jok semi kulit ini tidak lama dalam bertahannya yaitu paling lama sekitar tiga tahun, aroma yang khas dari kulitnya tidak ada, permukaan jok berbahan semi kulit menyimpan cukup panas, kurang bermodel, dan mungkin melar dalam jangka waktu tertentu yang masih cukup sebentar.

Bahan jok yang tentunya diminati adalah jok berbahan kulit yang alami. Bahan ini sering disebut dengan original leather. Banyak kelebihan yang dapat kita rasakan dengan menggunakan jok mobil kulit asli diantaranya: bahan yang digunakan 100% asli dari kulit sapi, warna pada jok mobil berbahan kulit alami akan tahan lama karena tidak mengalami pemudaran, memberikan kesejukan bukan panas ketika digunakan untuk duduk, kualitas bahannya awet, yaitu mampu bertahan sekitar lebih dari lima tahun dan perawatannya tidak begitu sulit atau rewel. Ketika menggunakan jok kulit mobil berbahan kulit asli tentunya Anda ingin merawat jok kulit mobil dengan baik agar tetap terlihat sempurna.

Cara Membersihkan dan Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit Asli

jokmobil.co.id
jokmobil.co.id

Dalam membersihkan jok mobil berbahan kulit asli dapat dilakukan dengan cukup mudah. Pertama Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dapat membantu dalam proses membersikan jok mobil berbahan kulit asli. Ala-alat tersebut diantaranya adalah sebuah vacuum cleaner untuk menghisap debu dan kotoran yang menempel pada jok, lap kering untuk mengeringkan jok setelah dilakukan pembersihan, sikat untuk membersikan bagian yang kotor dan sulit dibersihkan oleh lap dan plas chamois. Setelah semua peralatan disiapkan maka langkah selanjutnya adalah membersihkan seluruh bagian jok dengan menggunakan vacuum cleaner. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka digunakan obat pembersih jok kulit mobil. Penggunaan obat ini tidak dilakukan dengan menuangkannya secara langsung melainkan bertahap sedikit demi sedikit agar obat yang digunakan tidak mongering dengan segera. Adapun cara perawatan jok berbahan kulit asli adalah sebagai berikut.

Cara Ampuh Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit 001
gedikeurope.com

Pertama, jok mobil berbahan kulit asli ini harus segera dibersihkan ketika ada noda yang mengenai jok ini. Penundaan dalam pembersihan noda ini akan menjadikan noda tersebut sulit sekali untuk dapat dibersihkan. Langkah kedua adalah pembersihan jok berbahan kulit asli ini dilakukan secara rutin minimal sebanyak satu kali dalam setiap dua bulannya. Kemudian langkah ketiga, kita harus menggunakan sebuah conditioner sebagai salah satu cara melembabkan jok mobil berbahan kulit asli ini minimal satu kali dalam setiap tiga sampai empat bulan.

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Perawatan selanjutnya dalam merawat jok mobil berbahan kulit asli adalah dengan cara parkir di tempat yang sinar matahari tidak langsung mengenai bagian jok berbahan kuli tersebut. Selain itu penggunaan sun visor pada kaca mobil juga berarti untuk menutupi jendela agar panas tidak langsung mengenaijok berbahan kulit alami. Ketika berada di tempat parkir yang mempunyai terik matahari yang sangat panas, maka diusahakan untuk tidak parkir begitu lama agar keadaan jok berbahan kulit asli yang Anda miliki dapat bertahan begitu lama.

Selamat Mencoba 🙂 !

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)